5 Tips Mencegah Berat Badan Naik Drastis Saat Minum Pil KB

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Mengonsumsi pil KB, tak jarang menimbulkan beberapa efek samping bagi wanit. Salah satunya seperti terjadinya kenaikan berat badan. Hal tersebut tak jarang membuat banyak wanita menjadi sedikit takut untuk menggunakan alat kontrasepsi yang satu ini. Nah, untuk mencegah berat badan naik drastis saat mengonsumsi pil KB atau alat kontrasepsi lainnya sebaiknya Anda menerapkan berbagai tips berikut.

tips mencegah berat badan naik drastis saat minum pil kb

Pil KB merupakan salah satu jenis alat kontrasepsi yang digunakan sebagai piliha guna mencegah terjadinya kehamilan. Adapun didalam pil KB sendiri terkandung kombinasi hormon buatan, yakni progesteron serta estrogen. Hanya saja, ada juga sebagian pil KB yang hanya mengandung hormon progesteron saja.

Tips mencegah berat badan naik saat minum pil KB

Sejatinya, mengonsumsi pil KB memang bisa membuat sedikit peningkatan berat badan pada sebagian wanita. Hal tersebut dikarenakan hormon yang terdapat didalamnya mampu meningkatkan nafsu makan serta memicu terjadinya penumpukan cairan dalam tubuh, sehingga membuat badan Anda menjadi terasa lebih bengkak. Hanya saja, peningkatan berat badan tersebut diketahui hanya bersifat sementara. Bahkan hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat menyimpulkan secara pasti, apakah peningkatan berat badan tersebut memang berkaitan langsung den gan penggunaan pil KB atau bukan.

Hanya saja perlu Anda ketahui, bahwasannya berat badan juga bisa bertambah oleh banyak faktor. Mulai dari faktor genetik. pola hidup tak sehat, pertambahan usia hingga kondisi medis tertentu. Nah, bagi Anda yang kini tengah mengonsumsi pil KB dan ingin mencegah terjadinya kenaikan berat badan, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut.

1. Menerapkan pola makan yang baik

Salah satu kunci utama menjaga berat badan ideal meski Anda kini tengah mengonsumsi pil KB ialah dengan menerapkan pola makan sehat. Untuk itu, batasi beberapa asupan makanan seperti karbohidrat olahan, seperti halnya pasta, mi, roti putih. Dimana jenis makanan tersebut bisa menyebabkan nafsu makan Anda tidak terkendali dan cepat lapar setelah makan.

Adapun sebagai gantinya, Anda bisa menggantinya dengan aneka buah-buahan, sayuran, gandum utuh serta kacang-kacangan. Begitu juga perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein. Seperti halnya ikan, tahu, tempe, serta produk susu rendah lemak guna meningkatkan metabolisme tubuh. Jangan sampai lewatkan juga waktu sarapan serta selalu kontrol porsi makan Anda ya!

2. Memperbanyak minum air putih

Tak hanya mudah dilakukan, tips yang satu ini juga juga terbilang efektif dalam menjaga berat badan Anda tetap ideal, terlebih saat mengonsumsi pil KB. Air putih sendiri dapat membantu Anda merasa kenyang sehingga keinginan Anda makanan atau mengemil bisa dikurangi.

Selain dari pada itu, mencukupi kebutuhan air putih juga bisa mengurangi terjadinya penumpukan cairan dalam tubuh Anda. Jadi, apabila Anda merasa lebih bengkak setelah minum pil KB, maka mengurangi minum adalah suatu kesalahan yang besar. Minum air putih sendiri disarankan setidaknya 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter.

3. Berolahraga secara teratur

Anda bisa melakukan olahraga apapun yang Anda sukai guna mencegah kenaikan berat badan saat Anda tengah mengonsumsi pil KB. Jika bisa lakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit dalam sehari. Tak hanya mampu mempertahankan berat badan ideal, berolahraga secara rutin juga mampu mencegah Anda terkena berbagai macam penyakit serta membuat mood Anda menjadi lebih baik.

4. Istirahat dengan cukup

Kurang tidur diketahui mampu mempengaruhi metabolisme tubuh serta meningkatkan kadar hormon ghrelin. Nah, kondisi tersebut diketahui mampu meningkatkan nafsu makan Anda sehingga menyebabkan kenaikan berat badan. Dengan mencukupi waktu istirahat 7-9 jam sehari, maka Anda bisa lebih mudah mengendalikan nafsu makan sehingga berat badan Anda dapat terjaga.

5. Mengganti jenis pil KB

Apabila Anda telah mengubah pola hidup sehat namun masih ada peningkatan berat badan saat minum pil Kb, maka Anda bisa mengganti jenis poil Kb dengan dosis ataupun kombinasi hormon yang berbeda. Untuk hal ini, Anda bisa temui dokter guna berkonsonsultasi untuk memilih pil KB yang cocok dengan Anda.

Nah itulah berbagai tips mencegah berat badan naik drastis bagi Anda yang kini tengah mengonsumsi pil KB. Pastikan Anda melakukannya dengan konsisten. Selain mampu mencegah kegemukan, berbagai tips tersebut juga bisa menyehatkan badan Anda secara keseluruhan. Selain pil KB, Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaan alat KB yang tidak membuat tubuh Anda gemuk. Diantaranya seperti IUD, spermisida, cervical cap atau diafragma. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter guna menemtukan alat kontraepsi yang sesuai dengan kondisi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *