Tips Diet Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat Tanpa Obat

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Memiliki tubuh ideal merupakan salah satu hal yang diidamkan banyak orang terlebih wanita. Mungkin telah banyak cara yang mereka tempuh untuk mendapatkan hal tersebut. Mulai dari membeli obat pelangsing mahal, diet ketat dan banyak lagi lainnya. Namun selain hal itu, diet sehat juga bisa menjadi pilihan yang tepat dan murah untuk menurunkan berat badan lho. Informasi selengkapnya simak disini.

Tips diet sehat untuk menurunkan berat badan dengan cepat tanpa obat

diet sehat

Jika Anda kini tengah bertekad melakukan diet sehat, sebaiknya ketahui terlebih dahulu berapa berat badan yang harus Anda turunkan, dengan menghitung Indeks Masa Tubuh (IMT). Dan apabila dari hasil perhitungan IMT menujukkan Anda memiliki berat badan berlebih, maka cara diet sehat ini bisa Anda coba.

Setidaknya ada beberapa tips atau cara diet sehat yang bisa dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal secara aman. diantaranya sebagai berikut:

☑ Mengurangi porsi makan

Salah satu tips diet sehat yang perlu Anda lakukan adalah mengurangi porsi makan sedikit demi sedikit. Anda bisa memulainya dengan mengurangi porsi makanan Anda sebanyak 10-20% dari porsi makan sebelumnya. Makanlah secara perlahan, setidaknya selama 20 menit. Makan terburu-buru hanya dapat membuat Anda merasa lebih lama untuk kenyang, sehingga Anda cenderung makan secara berlebihan.

☑ Mengonsumsi makanan bergizi

Selain memperhatikan porsi dan waktu makan, dalam diet sehat ini Anda juga di tuntut untuk bisa mengatur jenis makanan apa yang perlu kamu konsumsi. Anda bisa memilih makanan bergizi sekaligus bagus untuk menurunkan berat badan. Misal makanan yang tinggi protein, serat serta lemak sehat.

Sebaiknya hindari pula makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi, seperti makanan olahan cepat saji. Serta hindari pula makanan atau minuman yang tinggi gula dan kalori, seperti cokelat, es krim serta minuman kemasan.

☑ Rajin bergerak atau berolahraga

Cara untuk mempercepat penurunan berat badan selama Anda menjalani program diet sehat juga perlu di dukung dengan melakukan banyak aktivitas fisik atau olahraga guna membakar kalori. Diantaranya seperti jogging, olahraga kardio ataupun senam aerobik. Anda bisa melakukan olahraga setidaknya 30 menit sehari.

Tak hanya menurunkan berat badan lho, kebiasaan berolahraga secara teratur juga memiliki manfaat beragam bagi kesehatan Anda. Diantara mencegah berbagai penyakit, memperbaiki suasana hati, meningkatkan energi hingga membuat tidur berkualitas.

☑ Cukup istirahat

Tubuh memerlukan istirahat yang cukup, terlebih jika Anda sekarang tengah ingin menurunkan berat badan. Hal tersebut karena kurang tidur dapat meningkatkan produksi hormon yang dapat membuat Anda menjadi mudah lapar, sehingga muncul keinginan untuk makan atau mengemil secara berlebih.

☑ Menghindari mengonsumsi alkohol

Menurut sejumlah penelitian, mengonsumsi minuman alkohol dipercaya mampu meningkatkan resiko seseorang mengalami obesitas. Hal tersebut dikarenakan memang kandungan kalori dalam alkohol cukup tinggi. Dan tak hanya membuat Anda terhindar dari berat badan berlebih, dengan menghindari mengonsumsi minuman ini juga berarti Anda mencegah tubuh Anda dari berbagai ancaman penyakit serius.

☑ Tidak membiarkan tubuh kelaparan

Tips diet sehat lainnya dalah dengan tidak membiarkan tubuh kelaparan. Menahan rasa lapar hanya akan mendorong Anda untuk balas dendam dengan cara makan berlebihan. Dengan begitu, memungkinkan Anda melupakan makanan sehat yang cocok untuk diet dan justru mengonsumsi makanan apa saja yang ada di depan mata.

☑ Mengonsumsi banyak air putih

Apabila Anda ingin merasa lebih cepat kenyang, Anda bisa minum air putih sebelum makan. Bahkan hal tersebut juga bisa menyebabkan Anda mengonsumsi sedikit kalori. Mengonsumsi air putih yang cukup juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

☑ Tips diet sehat lainnya

Selain berbagai tips yang telah kami sampaikan diatas, masih banyak lagi beberapa tips yang perlu Anda lakukan saat menjalani diet sehat. Diantaranya, tidak melewatkan sarapan pagi, menggunakan piring yang berukuran kecil saat makan, menjauhkan diri dari segala hal yang bisa memicu stres dan juga mengunyah permen karet.

Nah itulah berbagai tips diet sehat yang bisa Anda terapkan saat ini juga untuk mendapatkan berat badan ideal yang selama ini Anda impikan. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil atau sulit untuk dilakukan. Kuncinya tak lain merupakan disiplin dan teguh dengan komitmen untuk mencapai berat badan yang Anda targetkan. Dan selama Anda menjalani diet ini dengan benar dan bertahap, maka apa yang Anda inginkan pasti tercapai. Yakni tubuh langsing dan sehat.

Sebaiknya Anda hindari melakukan program diet ekstrem yang pada kenyataannya belum bentu efektivitas juga keamanannya. Sebab diet semacam itu bisa memicu sejumlah efek samping. Diantaranya seperti malnutrisi, gangguan elektrolit, rambut rontok hingga masalah pada otot. Bahkan pada wanita bisa memicu menstruasi menjadi tidak normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *