Sering Merasa Lapar? Waspadai Gejala Gula Darah Terlalu Rendah

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Anda kini sering mudah merasa lapar secara berlebihan? sebaiknya Anda mewaspadai kondisi tersebut. Karena salah satu faktor pemicunya kemungkinan bisa disebabkan akibat kadar gula darah yang terlalu rendah. Adapun untuk membedakan mudah lapar dikarenakan gula darah Anda sedang rendah dengan faktor penyebab lainnya, alangkah baiknya Anda mengetahui berbagai gejala gula darah terlalu rendah lainnya dalam ulasan berikut.

Penyebab gula darah rendah

gejala gula darah terlalu rendah

Pada dasarnya, gula darah sangatlah penting untuk fungsi otak, jantung serta pencernaan yang baik. Bahkan dapat membantu menjaga kulit serta penglihatan tetap sehat. Mungkin ada beberapa orang yang ingin menurunkan kadar gula darahnya sebagai upaya untuk mencegah penyakit diabetes. Hanya saja, gula darah terlalu rendah juga justru bisa mengganggu kinerja dalam tubuh.

Gula darah sendiri merupakan komponen yang memasok energi tubuh. Semua sel tubuh termasuk otak juga membutuhkan energi agar bisa berfungsi dengan baik. Sehingga kondisi gula darah rendah atau hipoglikemia mampu mengganggu kinerja organ dalam tubuh. Adapun seseorang disebut mengalami hipoglikemia apabila kadar gula darahnya kurang dari 70 mg/dl.

Terdapat beberapa kondisi yang diketahui bisa memicu terjadi kadar gula terlalu rendah. Diantaranya disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan seperti diabetes, hepatitis dan masah ginjal. Pengobatan tertentu juga diklaim mampu menyebabkan kadar gula darah rendah. Seperti halnya kina atau obat pencegah malaria, salisilat dalam dosis tinggi untuk mengobati rematik serta propranolol untuk hiprtensi. Selain itu, makanan tertentu juga bisa menjadi penyebab hipoglikemia termasuk alkohol.

Berbagai gejala gula darah terlalu rendah (hipoglikemia) yang perlu diketahui

Selain sering merasa lapar secara berlebihan, masih terdapat beberapa gejala hipoglikemia yang mungkin jarang disadari oleh penderitanya. Diantaranya seperti:

  • Kelelahan. Kondisi ini dapat terjadi akibat gula darah terlalu rendah lantaran tubuh tidak memiliki cukup energi. Sehingga dapat membuat tubuh terasa lemas juga sangat lelah.
  • Sakit kepala. Gula darah yang terlalu rendah juga bisa mengganggu saraf pusat yang menyebabkan sakit kepala ringan atau pusing. Kondisi ini dapat terjadi akibat kekurangan glukosa, terlebih jika Anda menderita diabetes.
  • Gangguan pada saraf pusat. Kondisi kadar gula rendah juga bisa memicu berbagai permasalahan pada saraf pusat. Sehingga menyebabkan kurangnya koordinasi, kedinginan, kulit lembab hingga berkeringat. S elain itu, kesemutan atau mati rasa di mulut juga bisa menjadi efek lainnya yang dapat muncul.
  • Perubahan mood. Saat seseorang mengalami gula darah rendah, maka ia juga akan merasakan tanda-tanda stres seperti gugup, gelisah serta mudah marah. Dan apabila kondisi tersebut terjadi di malam hari, maka kemungkinana Anda akan mengalami mimpi buruk, menangis saat tidur serta gangguan tidur lainnya.
  • Jantung berdebar. Gula darah yang rendah juga bisa mempengaruhi jantung memompa oksigen. Sehingga kadar gula darah yang tidak mencukupi mampu menyebabkan detak jantung menjadi cepat dan berdebar.
  • Kulit menjadi pucat. Kondisi ini bisa disebabkan akibat berkurangnya aliran darah atau oksigen oleh penurunan jumlah sel darah merah. Dan pada saat gula darah terlalu rendah, maka tubuh tidak memiliki cukup energi yang menimbulkan warna pucat pada kulit.
  • Penglihatan menjadi kabur. Tanda gula darah ini biasanya terjadi pada penderita diabetes. Karena semua sel tubuh membutuhkan gula (glukosa) untuk energi, termasuk pada mata. Dan pada saat kadar gula terlalu rendah, maka fungsi penglihatanpun bisa terganggu.
  • Berkeringat di malam hari. Kondisi ini juga bisa menjadi salah satu pertanda kadar gula darah terlalu rendah. Biasanya kondisi ini dapat terjadi pada orang yang menggunakan obat insulin atau diabetes yang dikenal dengan dengan sulfonilurea.
  • Kurang berkonsentrasi. Masalah gula darah yang terlalu rendah juga bisa memicu tubuh sulit berkonsentrasi. Hal ini ditandai dengan gangguan koordinasi, kecanggungan serta sulit berfikir.

Nah itulah berbagai gejala gula darah terlalu rendah yang perlu diwaspadai. Karena jika kondisi ini diabaikan dapat berakibat fatal pada tubuh. Masalah hipoglikemia sendiri bisa diatasi dengan mengonsumsi gula atau makanan manis dalam batas wajah. Namun jika cara tersebut tidak membantu, sebaiknya segera periksakan kondisi Anda ke pusat kesehatan terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *