Wajib Tahu! Resiko Glaukoma Dapat Meningkat Akibat 5 Faktor Ini

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Resiko glaukoma ternyata tak hanya meliputi secara internal, melainkan juga secara eksternal. Sehingga tak hanya dapat dialami oleh mereka yang lanjut usia, namun juga bisa dialami oleh remaja. Dan setidaknya, terdapat 5 faktor yang diketahui dapat meningkatkan resiko terkena penyakit glaukoma secara eksternal. Lalu apa sajakah itu? Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa simak informasi berikut.

resiko glaukoma

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi apabila glaukoma di gadang-gadang sebagai penyebab kebutaan terbesar kedua setelah katarak. Hanya saja berbeda dari katarak, kebutaan yang disebabkan oleh galukoma sendiri diyakini tidak dapat disembuhkan. Dan apabila kondisi tersebut terus berlanjut, maka penglihatan bisa hilang secara permanen. Sehingga tanpa adanya pengobatan, maka komplikasi dari gejala glaukoma bisa memicu kebutaan total hanya dalam beberapa tahun saja.

Menurut dr Astrianda Suryono yang merupakan staf pengajar divisi pelayanan glaukoma di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Departemen Ilmu Kesehatan Mata Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Kirana, mengungkapkan bahwasannya glaukoma secara garis besar terbagi kedalam 2 jenis, yakni glaukoma primer dan glaukoma sekunder. Glaukoma primer hingga saat ini belum diketahui. Hanya saja kemungkinan terkait dengan genetik. Sementara glaukoma sekunder memiliki penyebab yang jelas.

5 Faktor penyebab meningkatnya resiko glaukoma

Sebagaimana yang telah di sampaikan sebelumnya, bahwasannya glaukoma merupakan gangguan mata yang memiliki dampak fatal jika tidak segera ditangani dengan baik. Adapun salah satu cara mencegah glaukoma sedari dini yakni dengan mengetahui dengan berbagai resiko yang dapat memicu glaukoma. Dan berikut adalah beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko seseorang terkena glauokoma baik secara primer maupun genetik.

1. Faktor keturunan

Faktor genetik nyatanya memiliki peranan besar dalam glaukoma primer. Tria juga mengungkapkan bahwasannya apabila terdapat keluarga yang pernah menderita kebutaan akibat glaukoma, maka ada kemungkinan mereka juga mewariskan gen tersebut pada keturunannya. Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga yang menderita glaukoma, maka sebaiknya Anda harus berhati-hati dengan gangguan mata yang satu ini.

2. Usia

Pada penderita glaukoma primer, maka tria juga menyebutkan bahwasannya faktor usia juga bisa meningkatkan resiko glaukoma. Oleh karena itu, masyarakat sangat disarankan untuk melakukan skrining atau pemeriksaan glaukoma secara teratur. Terlebih jika telah memasuki usia 60-an. Karena literatur terbaru mengungkap bahwa sebaiknya mereka yang telah berusia 40-an telah di skrining terlebih jika keluarga ada yang terkena glaukoma.

Pemakaian kacamata

Bagi Anda yang saat ini memiliki kondisi mata miopi atau hipermetropi tinggi, sebaiknya juga berhati-hati terhadap penyakit glaukoma. Terlebih jika telah memakai kacamata yang ukurannya sangat tinggi. Hal tersebut juga diketahui dapat meningkatkan resiko glaukoma.

Penyakit gula atau diabetes

Penyakit gula layaknya diabetes sejatinya bukanlah faktor resiko. Namun yang lebih tepatnya adalah sebagai faktor pemberat. Sehingga apabila seseorang menderita diabetes bersama dengan faktor lainnya, maka resiko menderita glaukoma menjadi lebih tinggi.

Obat-obatan tertentu

Penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa dianggap dapat menambah faktor resiko terkena glaukoma. Terlebih glaukoma sekunder. Namun selain dari pada itu, trauma tertentu juga bisa meningkatkan resiko terkena kondisi mata tersebut.

Nah itulah sederet faktor yang dapat meningkatkan resiko glaukoma. Dengan mengetahui berbagai faktor tersebut diharapkan Anda bisa lebih mewaspadai penyakit glaukoma. Andapun tak perlu bersedih jika Anda kini telah diagnosis menderita glaukoma. Karena selain operasi, masih banyak pengobatan lainnya yang dapat membantu Anda dalam mencegah penyakit glaukoma menjadi lebih buruk. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi walatra sehat mata yang mena menjadi reskomendasi ahli pada saat ini untuk mengobati glaukoma. Untuk informasi selengkapnya silahkan klik: Obat Glaukoma Herbal. Ssemoga bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *