Pola Makan Sehat Bagi Penderita Glaukoma Beserta Pantangannya

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Makanan sehat bagi penderita katarak dan pantangannya sebaiknya diketahui sejak dini. Hal ini cukup dianggap penting mengingat selain obat, makanan merupakan asupan utama yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga dengan memperhatikan pola makan yang baik, maka dipercaya dapat membantu mempercepat pemulihan glaukoma. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui informasinya lebih lanjut, Anda bisa simak sinformasi berikut.

makanan sehat untuk penderita glaukoma

Glaukoma merupakan gangguan mata yang terjadi lantaran saraf mata yang diam dan memicu cairan mata tidak bisa mengalir. Tak jarang glaukoma juga sering disebut sebagai silent diseases. Hal tersebut lantaran penyakit ini sering kali tidak disadari oleh penderitanya hingga secara bertahap menyebabakan penyempitan penglihatan hingga keruksakan permanen terjadi. Bahkan menurut data yang di lansir dari WHO, pada saat ini glaukoma merupakan pemicu kebutaan permanen kedua terbanyak setelah katarak.

Maka dari itu, apabila Anda mengalami berbagai gejala glaukoma seperti halnya penglihatan menjadi kabur dan lainnya, sebaiknya Anda periksakan kondisi Anda ke dokter. Dan jika Anda telah diagnosis mengalami katarak, maka sebaiknya jangan tunggu waktu untuk lebih lama lagi guna menjalani pengobatan. Namun selain itu, masih banyak lagi faktor yang dapat menunjang pemulihan penderita katarak. Diantaranya seperti makanan. Ya, terdapat beberapa makanan sehat dan pantangannya yang perlu diketahui oleh penderita glaukoma.

Pola Makan sehat bagi penderita glaukoma beserta pantangannya

Diet glukoma merupakan salah satu cara cerdas guna mencegah penyakit ini semakin parah yang banyak direkomendasikan menurut ahli kesehatan. Berikut adalah berbagai jenis makanan yang disarankan untuk penderita glaukoma.

Makanan yang kaya antioksidan

Salah satun pola makan sehat penderita glaukoma adalah dengan membiasakan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Makanan ini sendiri dipercaya paling baik untuk melawan glaukoma. Adapun jenis makanan tersebut diantaranya makanan yang mengandung vitamin A, C, E dan B kompleks yang mana semuanya akan memberi asupan nutrisi yang membantu untuk melindungi mata. Adapun sumber dari berbagai nutrisi tersebut adalah biji-bijian, buah blueberry, kale, kacang-kacangan, buah-buahan serta sayuran segar.

Mengonsumsi wortel dan sayuran berwarna hijau tua

Makanan yang satu ini tak hanya baik untuk kesehatan mata, melainkan juga mampu mengurangi resiko glaukoma hingga hampir 60%. Sehingga tak salah jika mengonsumsi sayuran ini termasuk ke dalam pola makan sehat bagi penderita glaukoma.

Mengonsumsi teh hijau

Tak hanya dapat membuat tubuh menjadi rileks, namun teh hijau juga dipercaya mampu melindungi mata. Bahkan sebuah penelitian kesehatan menemukan bahwasannya mengonsumsi teh hijau juga dapat menurunkan Anda dari resiko glaukoma. Hal tersebut diketahui lantaran retina dan aqueous humor mampu menyerap antioksidan yang terkandung didalam teh hijau.

Minyak ikan

Para ilmuwan telah menemukan bahwasannya asam lemak omega-3 yang terdapat dalam minyak ikan mampu meningkatkan kesehatan dalam membran sel di mata, yang mana dapat membantu melumasi mata sehingga mampu mencegah penyakit glaukoma, katarak dan juga degenerasi makula.

Selain mengonsumsi berbagai makanan sehat bagi penderita glaukoma diatas, dampingi pula dengan melakukan olahraga yang teratur serta menghindari berbagai pantangan bagi penderita glaukoma berikut:

  • Mengonsumsi kopi. Hal tersebut lantaran bisa memicu meningkatnya tekanan pada bola mata.
  • Makanan dalam kemasan kaleng. Kuat dugaan jenis makanan yang satu ini diberi pengawet yang mana dapat memperparah kondisi glaukoma.
  • Mengonsumsi alkohol. Minuman keras seperti alkohol juga sebaiknya dihindari oleh penderita glaukoma. Hal tersebut lantaran dapat memicu naiknya tekanan pada bola mata, yang tentu berbahaya bagi penderita glaukoma.
  • Mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas. Jenias obat-obatan ini sering kali mengandung kontraindikasi dengan penyakit glaukoma.
  • Merokok. Didalam sepuntung rokok terkandung bebagai senyawa yang membahayakan tubuh temasuk memperburuk kondisi glaukoma.
  • Bermain di kolam renang. Berdasarkan pengalaman, air kolam renang juga bisa memicu tekanan bola mata bagi para penderita glaukoma. Hal tersebut mungkin karena kandungan kaporit yang dugunakan untuk menjaga kebersihan kolam sebagai pemicunya.
  • Menghindari air hujan. Kandungan karbon, asam nitrat, garam dan asam sulfat diketahui memiliki dampak kurang baik bagi penderita glaukoma.

Nah itulah pola makan sehat bagi penderita glaukoma beserta pantangannya yang sangat penting untuk di perhatikan guna mempercepat pemulihan. Selain itu, lakukan pengobatan secara tepat guna mencegah terjadinya glaukoma. Dan apabila perlu Anda juga bisa mengonsumi obat glaukoma herbal, yang memiliki khasiat penuh untuk mengobati glaukoma secara aman. Semoga apa yang telah kami sampikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *