Penyebab Perut Terasa Begah Lengkap Dengan Cara Mengatasinya

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Penyebab perut terasa begah bisa dipicu oleh berbagai faktor. Mulai dari hal yang menurut kita sepele hingga berbagai gangguan kesehatan. Kondisi tersebut pastinya membuat kita beraktivitas tidak terasa nyaman. Untuk mengetasinya dengan tepat. sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berbagai penyebabnya dengan menyimak informasi berikut.

Penyebab Perut Terasa Begah Lengkap Dengan Cara Mengatasinya

Perut begah ialah sensasi umum yang pastinya pernah dialami banyak orang. Begah sendiri merupakan istilah awam untuk menggambarkan kondisi perut yang terasa penuh, padat, kencang juga sesak. Beberapa orang juga menggambarkan sensasi begah dibarengi dengan rasa perih. Sensasi begah sendiri pada dasarnya berbeda dengan kembung akibat retinsi air, misal setelah terlalu banyak minum.

Begah umumnya muncul lantaran terlalu banyak gas atau sisa makanan yang terperangkap dalam perut. Karena perlu Anda ketahui bahwasannya perut memang nsudah mengandung gas, dan tidak memicu masalah. Hanya saja, apabila gas yang tertampung berlebih, maka perut akan terasa tidak nyaman juga terlihat lebih besar. Lalu apa saja pemicu perut terasa begah?

Penyebab perut terasa begah yang perlu Anda ketahui

Selain perut sering kali terasa padat, penuh dan terkadang sakit, gejala atau ciri-ciri perut begah juga umumnya bisa disertai dengan beberapa gejala lainnya seperti bersendawa lebih dari 20 kali dalam sehari, perut memebesar, sering kentut, sakit dan mengalami kram perut. Banyak hal yang bisa memicu perut terasa begah. Dan berikut adalah beberapa hal yang bisa memicu perut terasa kencang, keras dan juga padat.

1. Terlalu banyak menelan udara

Penyebab perut terasa begah yang pertama adalah lantaran tubuh yang menelan banyak udara. Misal, karena Anda makan cepat-cepat, makan sambil ngobrol atau mengunyah permen karet. Karena seperti yang telah kami informasikan sebelumnya bahwa perut mengandung gas sendiri yang dihasilkan oleh usus. Ini merupakan proses normal jika jumlah gas tidak berlebih. Karena semakin banyak gas yang terperangkap didalam perut, maka lama kelamaan akan terasa padat dan kembung. Dan bagi mereka yang menggunakan gigi palsu mungkin menelan lebih banyak udara.

2. Mengonsumsi makanan tertentu

Ada beberapa jenis makanan tertentu yang sulit dicerna tubuh dimana setelah Anda memakannya, perut bisa menjadi terasa penuh dan kencang. Adapun berbagai jenis makanan tersebut diantaranya adalah kembang kol, brokoli serta kecang-kacangan yang mengandung karbohidrat kompleks. Selama makanan tersebut mengendap dalam perut, bakteri di usus akan menghasilkan gas hidrogen dan karbonmonoksida yang memicu perut kembung. Selain itu, makanan berlemak dalam prorsi berlebih juga bisa membuat begah, karena perut Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memecah lemak dibanding jenis makanan lainnya.

Mengonsumsi keju, susu dan es krim juga terkadang bisa menyebabkan perut begah. Ini disebut sebagai intoleransi laktosa, dimana ketika tubuh kekurangan enzim (laktase) yang mana di perlukan untuk mencerna gula susu (laktosa). Adapun salah satu gejala khas dari intoleransi laktosa adalah perut kembung yang terasa kencang juga padat. Minuman berkarbnonasi seperti soda dan bir juga bisa membuat perut terasa bergas juga kencang.

3. Menstruasi

Pada umumnya, biasanya wanita merasakan perutnya kencang dan padat dalam beberapa hari menjelang haid dan selama mens berlangsung. Kondisi tersebut umumnya merupakan bagian dari gejala PMS akibat perubahan hormon seks progesteron dan estrogen. Penelitian menunjukkan bahwasannya perubahan kadar hormon tersebur bisa menyebabkan tubuh menahan lebih banyak air dan garam. Sel-sel tubuh bengkak dengan air, sehingga dapat menyebabkan perasaan begah juga kembung.

4. Adanya pertumbuhan bakteri

Penyebab lainnya dari pada perut terasa beah adalah karena adanya pertumbuhan bakteri berlebih dalam usus kecil. Hanya saja kondisi ini bukan infeksi yang terjadi pada umumnya. Bakteri yang berlebihan bisa meningkatkan produksi gas dalam usus yang mana menyebabkan perut menjadi terasa begah.

5. Penyebab lain

Selain dari pada yang telah disampaikan sebelumnya, perut begah juga bisa diakibatkan oleh adanya gangguan kesehatan. Dalam beberapa kasus, perut yang terasa begah bisa diakibatkan kondisi penyakit yang mendasarinya. Diantaranya seperti:

  • Irritable bowel syndrome. Pada kondisi ini, selain begah, kombinasi gangguang pencernaan juga berlangsung cukup lama. Seperti halnya kembung, kram, sakit perut, diare hingga sembelit.
  • Penyakit radang usus (Irritable bowel disease). Merupakan Peradangan yang terjadi pada lapisan saluran pencernaan. Diantaranya termasuk penyakit crohn dan kolitis ulserativa
  • Sembelit atau susah BAB, ialah Kondisi yang menyebabkan feses tidak bisa keluar ini juga tak jarang menyebabkan perut terasa penuh dan keras.
  • Penyakit celiac. Penyakit autoimun yang menyerang bagian usus kecil. Gejalanya yang sering kali muncul adalah sembelit, yang mana ditandai dengan perut yang terasa padat, keras juga penuh.
  • Gastroparesis. Gangguan pencernaan ini, ditandai dengan gerakan makan yang lambat saat berpindah dari usus kecil ke usus besar. Dan hasilnya, perut menghasilkan gas yang bisa memicu perut kembung.
  • Kanker pencernaan. Diantaranya seperti halnya kanker usus besar, lambung juga pankreas. Selain itu, kanker ovarium juga bisa menyebabkan kembung.

Cara mengatasi perut begah yang mudah dan cepat

Beberapa penyebab perut kencang bisa disebabkan oleh beberapa aktivitas harian Anda. Maka sebagai langkah pertama, kami menyarankan Anda bisa melakukan beberapa hal berikut.

  • Berjalan santai. Seperti berjalan 30 berjalan santai di pagi atau sore hari menit. Hal ini bertujuan untuk melancarkan berak usus.
  • Yoga. melakukan yoga juga bisa menjadi alternatif untuk mengatasi perut begah. Yoga mampu merangsang otot-otot perut bekerja lebih maksimal guna melepaskan gas berlebih. Dengan melakukan yoga secara rutin, Anda bisa mengurangi rasa begah dan juga kembung.
  • Minum teh peppermint. Cara ini diyakini mampu menjadi cara mengatasi perut begah juga kembung. peppermint sendiri bekerja untuk mengendurkan otot-otot usus, sehingga kemungkinan gas juga feses bergerak keluar lebih lancar.
  • Mengonsumsi makanan berserat. Perut terasa kembung dan begah juga sering kali disebabkan kurangnya mengonsumsi makanan berserat. Padahal, jenis makanan ini bermanfaat untuk melancarkan kerja sistem pencernaan saat mengolah makanan dan melunakan feses yang sulit dikeluarkan. Maka dari itu, cobalah mulai saat ini mengonsumsi makanan berserat seperti pepaya, biji-bijian serta makanan dari gandum utuh, seperti roti dan pasta gandum.
  • Berendam air hangat. Cara yang satu ini juga diketahui mampu menghilangkan sensasi perut yang terasa kencang dan penuh. Hal tersebut dikarenakan berendam mampu membantu mengurangi stres tubuh juga pikiran. Karena umumnya pada saat stres, saluran pencernaan Anda menjadi tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga proses pengeluaran gas dari dalam tubuh menjadi terganggu.
  • Obat. Apabila berbagai cara diatas masih kurang efektif dalam mengatasi perut begah yang Anda alami, Anda bisa segera memeriksakan kondisi Anda ke dokter. Kemungkinan dokter akan meresepkan obat seperti antipasmodik, rifaximin, prokinetik dan lainnya.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan seputar penyebab perut terasa begah lengkap dengan cara mengatasinya. Adapun sebagai langkah cara mencegah perut begah, Anda sebaiknya menghindari mengonsumsi makanan yang bisa menyebabkan begah, makan dengan pelan-pelan, tidak mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan, minum air yang cukup serta tidak mengonsumsi garam secara berlebih. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu kembali dipembahasan artikel kesehatan selanjutnya. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *