Penyebab Nyeri Tumit Kaki Yang Perlu Di Kenali Sejak Dini

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Penyebab nyeri tumit pada dasarnya bisa disebabkan oleh berberapa faktor kemungkinan. Meski begitu, sebaiknya Anda tidak menyepelekan masalah yang satu ini. Karena jika nyeri tumit yang Anda alami berkesinambungan dan tak tertahankan, maka ada baiknya Anda segera memeriksakannya ke pusat kesehatan. Hal tersebut lantaran di khawatirkan kondisi tersebut menjadi bagian dari indikasi kondisi yang cukup parah. Namun sebelum itu, ada baiknya Anda menyimak ulasan singkat berikut ini.

Penyebab Nyeri Tumit Kaki Yang Perlu Di Kenali Sejak Dini

Tumit merupakan salah satu dari bagian tubuh yang berfungsi untuk menahan berat badan pada saat berdiri. Oleh karena itu, tumit menjadi salah satu bagian dari susunan tulang kaki yang memiliki peranan cukup penting. Namun meski begitu, beberapa orang mungkin termasuk Anda salah satunya sering mengeluhkan tumit terasa sakit. Dan rasa sakit pada tumit pun bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Kondisi tersebut tentunya terasa tidak nyaman lantaran mengganggu pergerakan.

Berbagai penyebab nyeri tumit yang perlu Anda ketahui

Jika Anda kini tengah mengalami nyeri tumit kaki, Baik itu nyeri tumit sebelah kanan, kiri maupun belakang, ada baiknya kenali terlebih dahulu berbagai pemicunya, sehingga penanganan yang Anda lakukan tepat. Adapun berbagai kemungkinan penyebab sakit pada tumit kaki, adalah sebagai berikut.

  • Terlalu lama berdiri

Faktor pertama yang menjadi penyebab nyeri tumit paling umum adalah ketika Anda berdiri terlalu lama. Karena pemicu ini, terkadang tumit akan terasa sakit secara hilang-timbul ataupun terjadi secara terus menerus. Berdiri terlalu lama sendiri dapat membuat otot kaki menjadi tertekan sehingga memunculkan benjolan kecil pada tulang, yang mana akan terasa sakit apabila bergesekan dengan benda lain pada saat anda berdiri.

  • Berat badan berlebih

Penyebab tumit terasa sakit lainnya juga bisa dipicu akibat berat badan yang tidak ideal atau berlebih. Bobot badan yang terlalu berat dapat memaksa tumit kaki bekerja secara ekstrak menjadi tumpuan pada saat berdiri. Adapun untuk mengatasinya, Anda bisa kurangi berat Anda menjadi ideal.

  • Otot tegang dan keseleo

Masalah otot tegang dan keseleo juga bisa menjadi faktor penyebab nyeri tumit lainnya. Cidera tersebut bisa terjadi akibat perubahan gerakan anggota badan secara mendadak atau terjatuh. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengompres bagian tumit yang sakit dengan es atau mengoleskan minyak gosok khusus keseleo.

  • Penyakit reumatoid arthritis

Tumit yang terasa sakit juga bisa disebabkan oleh peradangan konis seperti reumatoid arthritis. Kondisi ini bisa terjadi lantaranadanya peradangan kronis yang menyerang sendi kecil ditangan atau kaki. Tak jarang kondisi ini bisa menyebabkan sendi menjadi bengkak. Gangguan ini sendiri bisa terjadi akibat kelainan pada sistem kekebalan tubuh seseorang.

  • Asam urat

Penyakit asam urat tinggi juga menjadi salah satu kemungkinan penyebab tumit nyeri. Endapan asam urat yang cukup tinggi membentuk kristal-kristal sehingga menyebabkan tumit kaki terasa sakit ketika beridir.

  • Plantar fasciitis

Jika Anda sering mengalami nyeri tumit saat baru bangun tidur, bisa jadi penyebabnya dikarenakan oleh peradangan pada ligamen yang menyangga lengkungan kaki. Adapun peradangan pada ligamen tersebut disebut dengan plantar fasciitis. Pada saat plantar fasciitis tertarik jauh, maka serat jaringan lunak dapat menjadi meradang. Kondisi ini biasanya terjadi pada saat jaringan menempel pada tulang tumit. Terdang gangguan ini juga terjadi di tengah-tengah kaki.

  • Sumbatan kolesterol

Tumit terasa nyeri juga bisa dipicu akibat terjadinya sumbatan kolesterol yang menyebabkan kaki menjadi kejang atau kram selama tidur. Hal tersebut bisa terjadi pada tumit, jari-jari kaki dan juga kaki depan.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi beberapa faktor lainnya yang dapat mnjadi penyebab nyeri pada tumit. Diantaranya seperti kehamilan, memar pada lemak tumit, pengapuran tumit, achillles tenditis (peradangan pada tenton achillles atau urat besar yang menghubungkan pergelangan kaki yang menghubungkan tulang tumit dan otot betis) dan bursitis (peradangan pada kantong sendi di sekitar tumit). Agar diagnosis nyeri tumit beserta pengobatannya yang tepat, Anda baiknya Anda segera memeriksakan keluhan Anda ke pusat kesehatan terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *