Penyebab Mimisan Pada Anak Yang Perlu Diketahui

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Penyebab mimisan pada anak mungkin masih jarang diketahui oleh para orang tua. Sehingga tak jarang para orang tua menjadi merasa khawatir jika mimisan menimpa anak mereka. Lalu, sebenarnya apa mimisan pada anak berbahaya? dan apa saja pemicu mimisan pada anak? Nah, untuk mengetahui informasi selengkapnya, sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut ini.

penyebab mimisan

Mimisan merupakan suatu kondisi dimana terjadi pendarahan dari bagian dalam hidung. Kondisi ini lebih sering menimpa anak-anak di banding dewasa, khususnya di usia 3-10 tahun. Meski terlihat menakutkan dan berbahaya, namun sejatinya mimisan adalah gangguan yang kecil. Namun kondisi ini juga dapat dianggap berbahaya apabila terjadi terus-terusan dan diikuti oleh gejala tertentu.

Terdapat dua faktor utama yang dapat menjadi penyebab mimisan pada anak maupun balita. Yang pertama dapat disebabkan oleh faktor organik yang tak lain merupakan gangguan kesehatan maupun adanya kelainan organ bawaan sejak lahir. Kelainan oragan tersebut bisa berupa kelemahan terlebih pada organ hidung ataupun pembuluh darahnya yang memang relatif tipis, terlalu lebar maupun rapuh.

Sedangkan untuk faktor yang kedua ialah disebabkan oleh gangguan medis, yakni berupa adanya gangguan kesehatan pada anak. Seperti halnya pembekuan darah, terlebih pada sel darah merah yang berfungsi untuk menutup luka.Dan kegagalan dalam pemeliharaan pembekuan darah ini ini akhirnya dapat menyebabkan mimisan pada anak.

Penyebab mimisan pada anak harus diketahui

Selain beberapa faktor utama diatas, berikut adalah berbagai lasan lainnya yang dapat menjadi penyebab mimisan pada anak.

Suhu udara yang terlalu ekstrim

Perubahan cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini dapat membuat Anda cepat sakit, terlebih anak yang masih memiliki daya tahan tubuh yang relatif rendah. Dan tak jarang hal ini mampu memicu mimisan terjadi pada anak maupun balita. Dan prinsip mimisan yang muncul akibat cuaca ekstrim ini sama seperti halnya lantaran infeksi.

Ya, perubahan cucaca yang begitu ekstrim mampy memicu flu yang pada akhirnya dapat membuat balita Anda menyeka hidungnya. Dan pada saat seakan ini terlalu kuat, bukan tidak mungkin balita maupun anak-anak akan mengalami mimisan. Hal tersebut mengingat si kecil memiliki pembnuluh darah di sekitar hidung yang relatif lemah.

Kelelahan

Mimisan yang terjadi akibat kelelahan sejatinya terjadi lanataran pembuluh darah yang relatif lemah pada anak-anak. Sehingga, pada saat buah hati Anda mengalami kelelahan, maka pembuluh darah tersebut mudah sekali tegang yang pada akhirnya pecah. Dan sebagai akibatnya, mimisan tak dapat terhindarkan. Dengan begitu, sebaiknya Anda lebioh hati-hati dengan mimisan yang satu ini.

Terlalu sering mengorek lubang hidung

Balita ataupun anak-anak tak jarang memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar terhadap benda-benda yang terdapat disekitarnya. Dan bukan hal yang tindak mungkin jika ia akan mengeksplorasinya bahkan secara ekstrim. Seperti halnya memasukan benda tumpul ke dalam lubang hidung yang kemudian menjadi penyebab mimisan pada anak. Dan kebiasann mengorek hidung ini terlebih secara lebih kuatpun dapat memicu timbulnya mimisan pula pada balita,

Hidung terbentur atau terpukul benda keras

Jangankan anak-anak yang memiliki pembuluh darah yang relatif lemah, orang dewasa yahng memiliki pembuluh darah di area hidung normalpun dapat berpotensi mengalami mimisan apabila mendapat benturan atau pukulan yang cukup keras di bagian hidung.

Penjelasannya mudah saja, yakni lantaran pembuluh darah di hidung pecah yang pada akhirnya keluar darah melalui lubang hidung. Dan apabila hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya Anda sebagai orang tua dapat lebih mengawasi anak Anda pada saat bermain agar tetap aman dan juga terhindar dari berbagai resiko benturan ataupun pukulan yang keras.

Stres

Meski terbilang masih muda dan belum mengetahui masalah yang sesungguhnya, namun bukan berarti seorang anak maupun balita tidak bisa merasakan tekanan atau menjadi stres. Dan ssayangnya, stres yang dialami oleh anak-anak bisa menjadi salah satu penyebab mimisan pada anak, terlebih disaat pembuluh darah saat usia anak-anak di area hidung masih tergolong rapuh.

Nah itulah berbagai penyebab mimisan pada anak yang perlu untuk Anda ketahui. Dengan mengetahuinya, Anda bisa mencegah ataupun melakukan penanganan yang tepat untuk buah hati Anda. Adapun jika mimisan terjadi lebih sering pada si kecil bahkan disertai dengan gejala lainnya, sebaiknya Anda segera hubungi dokter. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *