Penyebab Mata Berlemak Yang Perlu Ada Waspadai Sejak Dini

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Penyebab mata berlemak ternyata dapat disebabkan oleh banyak faktor. Meski kondisi ini dapat dikatakan tidak berbahaya, namun tetap saja kondisi perlu penanganan yang tepat. Dan sebelum hal tersebut dilakukan, maka sebaiknya Anda perlu mengetahui penyebab pasti dari kondisi mata berlemak. Disamping memeriksakan kondisi Anda ke dokter spesialis mata, Anda juga bisa mengetahui berbagai penyabab mata berlemak dalam ulasan singkat berikut ini.

penyebab mata berlemak

Pada saat seseorang mendengar tentang kata mata berlemak, maka ia mungkin akan mengira bahwa kondisi tersebut merupakan keadaan dimana area sekitar mata atau bagian kantung matalah yang mengandung lemak. Namun berbeda dengan kondisi tersebut, masalah mata lemak yang kami maksud disini adalah salah satu dari jenis penyakitmata yang bersifat cukup langka namun berbahaya. Bahkan kebutaan bisa menjadi dampak terparah dari mata berlemak ini apabila tidak segera diatasi dengan baik.

Adapun menurut ilmu kedokteran, mata berlemak bisa dipicu oleh banyak faktor. Dan untuk mengatasonya, tentu penting sekali untuk mengidentifikasi penyebab mata berlemak terlebih dahulu. Dan setelah Anda mengetahuinya, baruulah metode pengobatan atau penanganan dapat dilakukan dengan tepat.

Penyebab mata berlemak yang perlu Anda waspadai

Berikut adalah serangkaian kemungkinan berbgai penyebab mata berlamk yang bisa Anda simak.

Pterygium

Salah satu penyebab mata berlemak yang paling sering terjadi adalah lantaran pterygium. Kondisi tersebut merupakan gangguan kesehatan yang mana ditandai dengan adanya pertumbuhan selaput yang menutupi bagian putih bola mata. Kondisi ini bisa terjadi pada salah satu bahkan kedua mata, tabnpa ada resiko kanker yang patut untuk dikhawatirkan.

Meski begitu, masalah pterygium ini perlu tindakan yang tepat. Lantaran jika kondisi tersebut terus dibiarkan, maka nantinya dapat terus bertambah dan bisa terjadi penyebaran hingga menyerang kornea mata. Dan secara otomatis saat kornea mata telah terkena dampaknya, maka penglihatanpun dapat dipastikan menjadi terganggu. Selain pertumbuhan selaput pada bola mata, gejala pterygium lainnya bisa meliputimata yang perih, gatal dan merah, mata seperti ada yang mengganjal hingga kaburnya pandangan.

Pemicu pterygium ini hingga kini belum diketahui secara pasti. Hanya saja kondisi ini lebih dominan terjadi pada orang-orang yang memiliki segudang aktivitas di luar ruangan. Dan pada saat berbagai gejala mulai muncul, maka sebaiknya jangan ragu untuk segera memeriksakannya agar tidak terlambat dan malah menjadi bertambah serius dan sulit untuk di tangani.

Pinguecula

Selain pterygium, kemungkinan penyebab mata berlemak bersifat non-kanker lainnya bisa diakibatkan oleh Pinguecula. Kondisi tersebut ditandai dengan tumbuhnya selaput lendir yang kemudian menjadi pelapis bola mata. Bahkan tak hanya pada bola mata, lapisan tersebut juga terbentuk di kelopak mata bawah atau konjungtiva. Selain itu, mata berlemak juga dapat menimbulkan bintik kekuningan (biasanya terjadi pada pinguecula kecil). Bintik kuning tersebut akan tampak pada konjungtiva yang mana lokasinya ada didekat kornea mata.

Dan sama hlnya seperti pterygium, pemicu dari faktor penyebab mata berlemak ini belum diketahui secara pasti. Hanya sa, iritasi disebut-sebut mampu membuat kondisi ini berkembang dengan mudah. Pada saat Anda bercermin dan menyadari adanya warna putih atau bintik kekuningan pada mata, entah itu sebelah kanan atau kiri bagian bola hitam mata, maka ini yang dinakan penimbunan lemak. Jadi, letaknya bukanlah berada diluar mata, melainkan justru di bagian dalam mata. Dan tak hanya kekuningn, warna kemerahan juga dapat dipicu oleh penguecula ini.

Iritasi kronis

Mata berlemak juga bisa dipicu akibat iritasi kronis yang mana disebabkan oleh paparan sinar matahari atau UV, angin maupun polusi. Hal tersebut terbilang cukup wajar, apabila Anda kerap keluar rumah. Dan yang perlu Anda ingat, bahwasannya radiasi tak hanya tak hanya memicu keruksakan pada kulit bahkan mata sekalipun. Sehingga tak jarang akibat dari paparan radiasi tersebut, bisa memicu masalah mata iritasi kronis yang berujung pada mata berlemak.

Iklim hangat

Faktor yang satu ini juga bisa mempengaruhi kesehatan mata, khususnya menjadi faktor timbulnya mata berlemak. Dan tak diragukan lagi, apabila orang-orang yang tinggal didarah beriklim hangat dan banyak menghabiskan waktu diluar maka akan sering terpapar anging juga sinar matahri. Sehingga bagi Anda yang tinggal didaerah beriklim tropis dan beriklim hangat, maka sebaiknya memang harus benar-benar menjaga ksehatan mata Anda.

Faktor usia

Mata berlamak juga bisa disebabkan akibat proses penuaan lantaran faktor usia yang semakin bertambah. Danereka yang beruisia antara 20-50 tahun rentan mengalami masalah mata yang satu ini. Hal tersebut dikarenakan pada usia tersebut termasuk usia produktif, sehingga banyak aktivitas yang kiranya dapat mendukung terjadinya mata berlemak. Dan aktivitas diluar rumah adalah contoh yang paling umum.

Jenis kelamin

Meski jenis kelamin bukan termasuk penyebab langsung dari mata berlmak, namun tetap saja, kondisi kesehatan tertentu pasti terdapat faktor resiko. Dan pada kasus mata berlemak, hal ini justru lebih banyak dialami oleh laki-laki dibanding perempuan.

Nah itulah berbagai penyebab mata berlemak yang sebaiknya Anda waspadai sejak dini. Apabila Anda mengalami berbagai gejala yang mengganggu penglihatan Anda bahkan menjurus pada masalah mata berlemak, maka jangan sungkan untuk segera mengkonsultasikannya dengan dokter. Dan jika perlu, Anda juga bisa mengonsumsi Walatra Sehat Mata sebagai solusi pemncegahan dan pengobatan mata berlemak secara alami. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *