5 Penyebab Bau Mulut Dan Cara Menghilangkannya Yang Mudah

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Bau mulut memang bukan kondisi medis yang gawat. Hanya saja, masalah yang satu ini sering kali menyebabkan seseorang kehilangan kepercayaan dirinya serta merasa khawatir masalah tersebut akan mengganggu orang lain. Apabila Anda memiliki masalah yang serupa, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui berbagai penyebab bau mulut dalam ulasan berikut.

Berbagai Penyebab Bau mulut yang perlu diketahui

penyebab bau mulut

Sejatinya, bau mulut atau dalam istilah medis disebut dengan halitosis diketahui dapat disebabkan oleh banyak hal. Hanya saja studi menunjukkan, bahwa 80% masalah bau mulut disebabkan oleh adanya masalah kesehatan pada gigi dan mulut. Seperti halnya gigi berlubang ataupun masalah gusi. Maka dari itu, menjaga kesehatan mulut dan gigi sangat penting dilakukan termasuk untuk mencegah terjadinya bau mulut.

Namun selain dari pada itu, beberapa masalah kesehatan lainnya juga mungkin bisa menjadi pemicu bau mulut pada pria dan wanita. Diantaranya, seperti:

1. Xeostomia

Mulut kering atau xerostomia juga sering menjadi pemicu bau mulut. Kondisi tersebut terjadi lantaran gangguan produksi air liur lantaran menumpuknya bakteri di rongga mulut.

2. Gangguan saluran pencernaa

Penyebab mau mulutnya juga bisa disebabakan lantaran adanya masalah pada pencernaan. Seperti halnya infeksi bakteri H.pylori dimana kondisi ini memicu sakit maag serta penyakit asam lambung (GERD).

3. Sinusitis

Gangguan kesehatan ini diketahui menghasilkan post nasal drip atau cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan. Dimana tak jarang cairan tersebut juga menyebabkan bau mulut.

4. Pengaruh kondisi lain

Beberapa masalah kesehatan seperti diabetes, gangguan hati serta infeksi saluran pernapasan juga sering kali memicu bau mulut.

5. Makanan atau minuman tertentu

Bau mulut juga bisa disebabkan karena Anda mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Seperti halnya bawang putih, bawang bombai hingga alkohol. Bahkan beberapa makanan tersebut juga disebut-sebaut sebagai salah satu pencetus bau badan yang tak kalah mengganggu.

Selain dari berbagai penyebab diatas, bau mulut juga bisa disebabakan oleh faktor lainnya. Mulai dari kebiasaan merokok, kurangnya menjaga kebersihan mulut, diet yang berlebihan hingga kekurangan karbohidrat.

Cara menghilangkan bau mulut

Hal yang pertama perlu dilakukan untuk menghilangkan masalah bau mulut ialah menjaga kebersihan mulut dan gigi. Namun, apabila masalah tersebut tak kiunjung hilang, maka beberapa hal berikut ini perlu dilakukan:

  • Sikat gigi dua kali sehari secara teratur. Anda juga bisa menggunakan obat kumur setelah menggosok gigi.
  • Mengganti sikat gigi setidaknya dua bulan sekali.
  • Membersihkan bagian lidah dan minum segelas air putih setelah bangun tidur guna menghilangkan bau mulut.
  • Jika Anda menggunakan gigi palsu, maka lepas dan berihkan gigi palsu Anda. Dengan begitu, tidak ada baklteri yang berkembang biak pada gigi palsu Anda.
  • Mengunyah kulit jeruk, lemon dan peterseli. Produksi air liur yang dipicu oleh asam jeruk bisa membantu mengatasi bau mulut. Sedangkan peterseli diketahui mampu menetralisir bau tidak sedap.
  • Mengonsumsi camilan sehat. Diantaranya seperti apel atau wortel mentah. Kandungan air yang terdapat didalamnya diketahui mampu membersihkan mulut.
  • Mengecek kesehatan gigi setidaknya 6 bulan sekali.
  • Berhenti merokok serta hindari mengonsumsi kopi secara berlebihan
  • Mengunyah permen karet yang rendah gula.
  • Mengurangi atau tidak sama sekali mengonsumsi alkohol.
  • Minum air putih yang cukup, sehingga bakteri dan kotoran lainnya yang ada dalam mulut bisa dengan cepat dibersihkan.

Nah itulah berbagai penyebab sekaligus cara menghilangkan bau mulut yang bisa Anda lakukan. Adapun apabila berbagai cara mengatasi bau mulut diatas tak cukup efektif membantu menghilangkan masalah bau mulut Anda, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *