Kenali 8 Penyebab Asma Kambuh Yang Perlu Anda Waspadai!

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Penyebab asma pada dasarnya hingga kini belum diketahui secara pasti. Meski begitu, terdapat beberapa hal yang dapat memicu terjadinya kekambuhan penyakit ini. Adapun untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menyimak ulasan singkat berikut ini.

penyebab asma kambuh

Asma tak lain merupakan salah satu penyakit pernapasan kronis yang mana di picu oleh peradangan dalam saluran udara (bronkus). Peradangan tersebut tak jarang mengakibatkan bronkus membengkak, menyempit, dan memproduksi lendir secara berlebih. Sehingga, otot-otot disekeliling saluran napas menjadi ikut membengkak dan kemudian mempersempit terowongan jalur napas.

Dan karena itulah tak jarang penderita asma sering kali merasa sesak napas atau sulit untuk bernapas lega pada saat gejala menerjang. Dan tak jarang saat asma kambuh, dada akan sering terasa sesak seperti ada yang mengikat tali erat-erat disekeliling dada. Sedangkan napas mengi yang berbunyi “ngik-ngik” juga batuk sering kali menjadi gejala asma lainnya yang paling dapat dikenali.

Adapun pada kasus yang parah, gejala asma bisa meliputi kesulitan berbicara, makan juga tidur karena sesak napas, bibir dan ujung jari-jari kaki serta tangan terlihat membiru, jantung berdegup lebih cepat, tubuh lemas dan lesu, pusing yang tak kunjung hilang, kekambuhan gejala yang lebih sering serta inhaler yang tak mampu meredakan gejala yang muncul. Jika kondisi tersebut terjadi, maka sebaiknya segera bawa pasien ke rumah sakit terdekat.

Berbagai penyebab asma kambuh yang perlu Anda waspadai!

Meski penyakit asma tidak bisa di sembuhkan, namun gejalanya bisa dikendalikan. Salah satunya dengan menghindari berbagai hal yang menjadi faktor penyebab asma Anda mundah kambuh. Adapun berbagai penyebab asma kambuh diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Alergi

Kondisi ini merupakan salah satu penyebab penyakit asma kambuh paling umum. Hal tersebut lantaran alergi dan asma saling berkaitan satu sama lain. Pada orang yang memiliki alergi, biasanya sistem kekebalan tubuh justru menghasilkan antibodi bernama histamin guna melawan zat-zat yang sebenarnya tidak membahayakan. Seperti halnya makanan dan bulu binatang. Dan secara umum, alergi yang dapat memicu asma kambuh ada 2, yakni alergi terhirup dan alergi makanan.

2. Olahraga

Tak semua orang yang gemar olah raga lantas akan mengalami asma. Hanya saja, pada beberapa orang yang telah memiliki masalah asma sebelumnya, gejala asma bisa saja kambuh bahkan bertambah parah akibat melakukan olahraga tertentu. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bagi orang yang tidak pernah mengalami asma justru mengalaminya hanya saat mereka berolahraga. Penyebabnya lantaran cara bernapas yang salah seperti lewat mulut.

3. Asam lambung naik

Study terbaru menunjukkan bahwasannya lebih dari 80% orang yang mengidap penyakit asma memiliki riwayat penyakit GERD yang parah. Dan faktanya, bahwa orang dengan penyakit asma hampir dua kali lebih rentan terkena GERD dibanding mereka yang bukan penderita asma. Dan asam lambung sendiri dapat membuat gejala asma memburuk dan asma sendiri dapat memperburuk gejala refluks asam lambung yang terjadi.

4. Merokok

Faktor lainnya yang menjadi penyebab asma kambuh adalah merokok. Dan orang yang merokok lebih cenderung terkena asma dibandingkan mereka yang tidak merokok. Apabila Anda menderita asma dan merokok, maka hal tersebut bisa membuat gejala asma kambuh dan memburuk.

5. Infeksi saluran pernapasan

Selain alergi, terjadinya peradangan ataupun infeksi di saluran pernapasan juga tak jarang menjadi penyebab asma batuk. Misalnya lantaran flu, rhinitis kronis kronis, sinusitis dan bronkitis. Bahkan infeksi saluran pernapasan juga menyebab penyebab asma pada anak khususnya di bawah usia di bawah 10 tahun yang paling umum terjadi.

6. Obat-obatan tertentu

Beberapa orang rtak menduga jika beberapa jenis obat-obatan tanpa resep bisa memperburuk gejala asma. Ya, salah satunya obat antinyeri NSAID seperti aspirin, ibuprofen hingga obat penyakir jantung beta blocker juga bisa memperburuk gejala asma yang Anda miliki. Bahkan tak jarang efek samping obat-obatan tersebut juga bisa berakibat fatal bagi penderita asma.

Maka dari itu, jika Anda termasuk salah satu orang yang sensitif terhadap obat-obatabn tertentu, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter penggunaan oabat-obatan sebalum Anda mengonsumsinya.

7. Pekerjaan tertentu

Pekerjaan yang kini Anda lakukan juga bisa menjadi penyebab asma suka kambuh tanpa di sadari. Dan ini di akibatkan oleh pemicu-pemicu yang umum hadir di lingkungan kerja. Misalnya zat kimia, serbuk kayu, debu kontruksi hingga asam limbah pabrik. Dan adapun orangh yang sangat rentan mengalami asma okupasi ialah pekerja konstruksi, peternakan hewan, perawat, tukang kayu, petani dan juga pekerja lain yang kesehariannya terpapar polusi udara, zat kimi hingga asap rokok yang mampu menimbulkan gejala asma.

8. Penyebab asma lainnya

Selain beberapa hal yang telah disebutkan sebelumnya, beberapa penyebab asma lainnya juga tak bisa dianggap remeh dan juga mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya. Diantaranya seperti:

– Bau-bauan yang kuat : Parfum, bahan pemebersih dan lainnya
– Udara dingin, perubahan suhu dan kelembaban yang menyebabkan asma
– Rasa cemas, menangis, teriak, stres, marah, tertawa terlalu keras juga bisa memicu serangan asma.

Siapa yang paling beresiko tinggi terkena penyakit asma?

Menurut instansi kesehatan dunia WHO (World Health Organization) menjelaskan, bahwasannya asma merupakan penyakit paling umum yang dialami oleh anak-anak. Namun meski begitu, penyakit ini pada dasarnya dapat dialami oleh orang-orang dari segala usia. Namun paling sering dimulai pada masa kanak-kanak, lantaran beberapa faktor. Diantaranya seperti:

  • Orang tua yang memiliki riwayat asma
  • Memiliki infeksi pernapasan, misalnya pneumonia, bronkitis dan lain sebagainya
  • Memiliki alerghi atopik tertentu, misalnya alergi makanan atau eksim
  • lahir dengan berat badan rendah
  • Kelahiran yang prematur.

Adapun diantara anak-anak, anak laki-laki diketahui memiliki resiko lebih tinggi terkana asma dibandingkan anak perempuan. Namun diantara orang dewasa, wanita diketahui lebih dominan terkena penyakit ini dibanding pria. Dan tidak jelas bagaimana seks dan hormon seks memainkan peran menjadi penyebab asma.

Nah jika Anda seorang penderita, maka ada baiknya Anda menghindari berbagai penyebab asma kambuh yang telah kami sampaikan secara lengkap diatas. Karena jika Anda mendekati berbagai penyebab tersebut, maka tak menutup kemungkinan jika penyakit asma Anda akan kembali kambuh dan bahkan memburuk. Untuk itu, selalu sediakan inhaler atau obat asma herbal kemanapun Anda pergi. Semoga bermanfaat dan salam sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *