Mengenal 4 Metode Pengobatan Glaukoma Paling Umum Secara Medis

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Pengobatan glaukoma secara medis yang paling umum dikemal adalah operasi. Namun sejatinya tak hanya operasi, glaukoma juga bisa diatasi dengan metode pengobatan lainnya yang tentunya di sesuaikan dengan tingkat keparahan yang diderita. Adapun jika Anda kini ingin mengetahui informasi selengkapnya mengenai pengobatan mata glaukoma, sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut.

pengobatan glaukoma

Glaukoma merupakan gangguan penglihatan yang sering kali menyerang orang yang telah berusia lanjut. Kondisi ini tak jarang disebabkan oleh keruksakan saraf mata akibat tekanan tinggim dalam bola mata. Selain penglihatan yang terganggu, gejala glaukoma lainnya dapat berupa adanya blind spot di tepi atau pusat mata, terdapat lingkaran seperti pelangi saat melihat ke arah cahaya, sakit kepala berat, nyeri pada mata, mual, muntah, mata merah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah jika Anda mengalami berbagai gejala diatas atau bahkan Anda telah didiagnosis mengalami sebaiknya penderita glaukoma segera mendapatkan pengobatan yang tepat untuk mencegah gangguan penglihatan tersebut semakin berkembang parah. Pasalnya glaukoma sendiri bisa mengancam pendweritanya mengalami kebnutaan yang bersifat permanen. Untu itu, simak berbagai pilihan pengobatan glaukoma oleh dokter yang paling umum.

Berbagai metode pengobatan glaukoma paling umum secara medis

Meski pengobatan glaukoma tidak bertujuan untuk menyembuhkan, namun serangkaian pengobatan sebaiknya segera di lakukan. Dan setidaknya terdapat empat pilihan pengobatan glaukoma yang umum dilakukan oleh dokter guna mencegah terjadinya keparahan gejala hingga menghindari resiko kebutaan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Obat tetes mata

Sejatinya, obat tetes mata untuk mengobati glaukoma bukanlah obat tetes generik yang mana bisa Anda dapatkan dengan bebas di warung maupun apotik. Obat tetes untuk glaukoma sendiri bisa Anda dapatkan dengan menus resep, lantaran jenis juga dosisnya akan ditentukan oleh dokter berdasarkan tingkat keparahan yang diderita. Dan berikut adalah obat tetes mata untuk glaukoma yang sering di resepkan oleh dokter:

  • Golongan analog prostaglandin. Diantaranya seperti latanaprost, travoprost, tafluprost dan bimaprost. Untuk cara pemakaiannya cukup satu kali di malam hari. Adapun untuk kemanjurannya bisa Anda rasakan dalam kurun waktu 4 minggu setelah memulai penobatan glaukoma. Adapun untuk efek sampaing yang paling sering terjadi setelah pemakainnya adalah warna iris (lingkaran hitam mata) berubah menjadi lebih gelap dari biasanya.
  • Golongan antagonis B-adrenergik. Duiantaranya seperti timolol dan betaxolol. Obat tetes golongan ini bisa digunakan di pagi hari. Betaxoxolo biasanya akan menjadi pilihan dokter, jika di samping Anda menderita glaukoma juga mengidap penyakit paru-paru.
  • Golongan inhibator karbonik anhidrase. Contohnya seperti dorzolamide dan brinzolamide. Untuk obat golongan ini, bisa digunakan tiga kali sehari dan dapat digunakan secara terus menerus dalam jangka panjang. Untuk efek sampingnya sendiri yang paling sering muncul adalah rasa pahit di mulut yang sering kali timbul selepas obat di teteskan.
  • Golongan parasimpatomimetik. Diantaranya seperti pilokarpin. IObat ini biasanya sering kali menjadi tambahan pada kasus tekanan bola mata tinggi dalam jangka waktu yang telah menjadi prosedur laser, hanya saja terget tekanan yang diinginkan belum tercapai.

*jenis obat-obatan diatas dapat digunakan secara terpisah maupun sebagai kombinasi tergantung resep dokter.

2. Obat minum

Setidaknya terdapat 2 pilihan obat minum untuk mengatasi penyakit glaukoma. Diantaranya:

  • Golongan inhibator karbonik anhidrase. Contohnya seperti acetazolamide. Obat ini pada dasarnya hanya digunakan untuk terapi singkatserangan glaukoma akut. Hanya saja pada beberapa kasus, obat ini dapat di berikan dalam jangka waktu yang panjang pada pasien yang tidak dapat menjalani operasi namun obat tetes tidak lagi manjur.
  • Golongan hiperosmotik. Contohnya seperti glisero. Jenis obat ini akan bekerja dengan cara menarik cairan di bola mata ke dalam pembuluh darah. Pemberian biasanya dilakukan pada kasus-kasus akut dan dalam jangka waktu singkat (hitungan jam.

*Pada jenis pengobatan glaukoma yang satu ini, biasanya resiko efek samping obat minum dipercaya lebih tinggi dibanding obat tetes mata. Sehingga obat minum kurang direkomendasikan sebagai pengobatan penyakit glaukoma.

3. Laser

Cara mengobati glaukoma selanjutnya adalah dengan terapi laser. Setidaknya terdapat dua jenis laser yang dapat dilakukan untuk membantu mengurus kelebihan cairan dari bola mata. Diantaranya seperti:

  • Trabekuloplasti : Tindakan yang dilakukan untuk orang yang menderita penyakit glaukoma sudut terbuka. Pengobatan ini bertujuan agar sudut yang menjadi tempat drainase bisa bekerja secara lebih maksimal.
  • Iridotomi: Tindakan yang dilakukan untuk kasusu penyakit glaukoma sudut tertutup. Pada mulanya, iris akan dilubangi menggunakan sinar laser agar ekstra cairan bisa mengalir lebih baik.

*Pada umumnya pengobatan glaukoma dengan laser hasilnya tidak seefektif operasi.

4. Operasi

Pengobatan glaukoma yang satu ini biasanya banyak di rekomendasikan pada kasus-kasus yang sudah tidak lagi dapat membaik dengan opbat-obatan. Biasanya operasi akan berlangsung selama 45 hingga 75 menit. Tindakan pembedahan yang umum akan diakukan untuk mengobati glaukoma, termasuk:

  • Trabekulektomi. Dimana pada tindakan bedah ini akan dilakukan dengan membuat sayatan kecil pada bagian putih mata juga pembuatan kantong di daerah konjungtiva (bleb). Dan dengan demikian, kelebihan cairan bisa mengalir melalui sayatan tersebut menuju kantong bleb dan kemudian diaserap oleh tubuh.
  • Alat drainse glaukoma. Tindakan ini berupa pemasangan implan serupa pipa guna mmebantu mengalirkan ekstrak cairan dalam bola mata.

Nah itulah berbagai pengobatan glaukoma paling umum secara medis. Dan bagi Anda yang kini tengah menderita laukoma, alangkah baiknya apabila diskusikan lebih lanjut dengan sokter untuk mengetahui metode pengobatan glaukoma seperti apa yang paling cocok bagi Anda. Selain dari pada itu, jika Anda kini tengah mencari pengobatan glaukoma secara alami, aman dan berkhasiat maksimal Anda bisa memiliki Obat Glaukoma Herbal sebagai solusinya. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat dan membantu. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *