Pantangan Makanan Untuk Penyakit Batu Ginjal Yang Harus Dijauhi

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Pantangan makanan untuk penyakit batu ginjal sebaiknya harus diketahui dan di hindari oleh penderitanya. Hal tersebut dikarenakan beberapa makanan ini justru dapat memperburuk kondisi pasien. Lalu, apa saja larangan makanan untuk penderita batu ginjal tersebut? Nah, untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa menyimak ulasan lengkap berikut ini.

pantangan makanan untuk penyakit batu ginjal

Ginjal adalah salah satu dari organ tubuh yang memiliki peranan penting dalam menyaring racun serta zat berbahaya lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Dan pada saat makanan yang Anda konsumsi berisi racun, maka tersebut akan mengendap di ginjal yang seiring waktu dapat membentuk penyakit batu ginjal. Hanya saja, tak sedikit orang yang menyadari gejala batu ginjal sedari awal. Sehingga batu ginjal membesar dan bertambah parah.

Pola makan yang buruk juga diketahui dapat membuat penyakit ini semakin menggawat. Sehingga, bagi penderita penyakit batu ginjal sendiri, menjaga pola makan sangatlah penting. Dan sebaiknya hindari untuk mengonsumsi beberapa makanan tertentu, guna membantu mempercepat penyembuhan.

Larangan dan pantangan makanan untuk penyakit batu ginjal yang harus dijauhi

Berikut adalah beberapa makanan maupun minuman yang sebaiknya tidak Anda konsumsi, apabila Anda kini tengah menderita batu ginjal.

√ Bayam

Menurut seorang ahli nutrisi dan diet di India yang bernama Dr Deepshikka Agarwal, penderita batu ginjal sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi bayam. Hal tersebut dikarenakan bayam mengandung oxalate yang bisa mengikat kalsium dan membentuk kristal kalsium oxalate (batu), saat ginja memprosuksi urin. Sebaiknya Anda juga tidak mengonsumsi sayuran berdaun gelap lainnya seperti kacang panjang dan lainnya.

√ Tomat

Selain bayam, tomat juga diketahui mengandung oxilate yang cukup tinggi didalamnya. Sehingga jika Anda kini tengah menderita batu ginjal, sebaiknya Anda juga menghindari untuk konsumsi buah ini. Baik tidak memakannya secara langsung ataupun hanya terkandung dalam masakan sekalipun.

√ Cokelat

Makanan yang satu ini merupakan pantangan makanan untuk penyakit batu ginjal yang sulit untuk di hindari, terlebih bagi yang sangat menyukai makanan ini. Seperti beberpa jenis makanan sebelumnya, coklat juga mengandung oxalate yang bisa membuat keadaan ginjal menjadi semakin parah akibat adanya batu ginjal tersebut.

√ Daging merah

Jenis makanan yang satu ini sarat akan kandungan protein yang cukup tinggi, yang mana secara khusu bisa mengakibatkan keruksakan ginjal pada penderita kencing batu atau batu ginjal. Hal tersebut diakibatkan oleh pemecahan protein yang bisa mengakibatkan ginjal bekerja terlalu keras.

√ Beberapa jenis kacang-kacangan

Penderita batu gi jal sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi kedelai sserta beberapa jenis kavang-kacangan yang bisa meningkatkan asam oksalat didalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan asam oksalat sendiri bisa mengakibatkan batu ginjal lebih parah lagi.

√ Teh

Minuman sehat yang satu ini terkenal akan khasiatnya yang begitu kaya untuk kesehatan. Akan tetapi tidak untuk penderita batu ginjal. Sebaiknya hindari untuk mengonsumsi teh lantaran di percaya dapat membuat batu gi jal semakin membesar dan memicu berbagai masalah komplikasi.

√ Seafood

Bagi Anda yang kini tengah menderita batu ginjal, sebaiknya Anda juga berhati-hati saat mengaonsumsi seafood atau makanan laut. Hal tersebut lantaran beberapa diantara makanan laut banyak mengandung zat bernama purines. Purines sendiri dalam tubuh mampu meningkatkan prosuksi asam urat yang mana pada gilirannya bisa memicu terbentuknya batu asam urat dalam ginjal.

√ Makanan asin

Mengonsumsi terlalu banyak makanan tidak baik untuk kesehatan orang yang normal, terlebih bagi orang yang bermaslah dengan batu ginjal. Dan sangatlah penting untuk membatasi mengonsumsi garam dan makanan asin setiap harinya.

Hal tersebut karena garam sendiri mengandung odium yang menyebabkan terlalu banyaknya pengeluaran kalsium pada urine yang diolah oleh ginjal. Dan kelebihan kalsium ini pula akan mengikat oxalate yang ada dalam makanan untuk kemudian menyebabkan pembentukan batu ginjal. Dan karena itulah, sebaiknya Anda menghindari makanan yang banyak mengandung garam.

Selain dari pada berbagai pantangan makanan dan minuman untuk penderita batu ginjal diatas, sebaiknya Anda juga menghindari untuk mengonsumsi jambu, kacang tanah, ubi jalar dan buah bit. Anda bisa menggantikan beberapa makanan tersebut dengan makanan sehat seperti air mineral, jus lemon, air kelapa dan makanan lainnya yang bisa mencegah terbentuknya batu ginjal.

Nah, itulah berbgai jenis pantangan makanan untuk penyakit batu ginjal yang sebaiknya harus Anda jauhi. Dan untuk lebih jelasnya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terkait makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita batu ginjal. Dan ya, bagi Anda yang kini tengah mencari alternatif pengobatan batu gi jal terbaik Anda bisa segera menghubungi kami. Karena kami memiliki rekomendasi produk terbaik yang dapat membantu mengobati batu ginjal secara alami, aman dan tanpa operasi. Informasi selengkapnya silahkan klik: Obat batu ginjal alami. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *