Pantangan Makanan Untuk Penderita Sinusitis Yang Harus Dihindari

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Pantangan makanan untuk penderita sinusitis yang akan kami ulas berikut ini sebaiknya dihindari oleh penderitanya. Hal tersebut dikarenakan beberapa makanan ini dipercaya dapat memperburuk kondisi peradangan pada penderita sinusitis. Nah untuk mengetahui informasi selengkapnya, maka dari itu, Anda sebaiknya simak ulaasan singkat berikut.

pantangan makanan untuk penderita sinusitis

Sinusitis merupakan peradangan yang terjadi pada rongga sinus. Adapun ronggauj sinus sendiri ialah rongga yang terletak di kepala, yang lebih tepatnya tersebar tepat di belakang dahi, belakang hidung, dan pipi. Dalam kondisi normal, rongga ini berfungsi untuk melembabkan udara yang masuk ke saluran pernapasan. Selain itu, rongga sinus juga berguna dalam proses resonansi suara.

Namun terjadinya peradangan pada rongga sinus atau yang sering di sebut dengan penyakit sinusitis, membuat rongga sius tidak lagi dapat menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Kondisi menyebabkan pintu keluar yang semestinya mengalirkan mukus (lendir) ke rongga hidung mengalami penyumbatan. Adapun berbagai penyebab sinusitis biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, tumor rongga hidung, alergi dan lainnya.

Pantangan makanan untuk penderita sinusitis yang harus di hindari

Makanan merupakan salah satu sumber asupan nutrisi untuk tubuh. Sehingga tak jarang, makanan sianggap sebagai salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tubuh, salah satunya pada penderita sinusitis. Pada dasarnya tidak ada makanan khusus yang dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita sinusitis. Hanya saja, sebaiknya membatasi beberapa asupan makanan berikut lantaran bisa memicu peningkatan produksi makus yang bisa mengakibatkan keluhan terasa semakin berat.

√ Makanan dan minuman dingin

Pantangan makanan sinusitis yang pertama adalah makanan dan minuman dingin. Meski makanan ini tidak berdsampak pada kondisi peradangan sinus, namun bisa menyebabkan nyeri pada tulang pipi dan sakit kepala. Kondisi ini juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman apabila terlalu sering dikonsumsi, lantaran menyebabkan peningkatan produksi lendir.

√ Makanan bercitarasa pedas

Makanan pedas mungkin baik untuk sebagian penderita sinusitis. Bagi penderita sinus, makanan pedas bisa menyebabkan hidung meler dan mengeluarkan lendir pada hidung. Hanya saja bagi sebagian penderita sionusitis lainnya, makanan pedas dapat memperparah peradangan pada sinus Anda. Sehingga, apabila setelah mengonsumsi makanan pedas kondisi Anda malah memburuk, maka sebaiknya hindari untuk mengonsumsi makanan pedas.

√ Susu dan produk olahannya

Jenis makanan yang satu ini juga termasuk ke dalam salah satu jenis makanan pantangan bagi penderita sinusitis. Susu dan prosuk olahannya seperti yogurt, keju, es krim dan lainnya diketahui dapat meningkatkan produksi lendir yang dapat memperparah infeksi sinusitis. Meski hal ini masih menjadi perdebatan dikalangan ahli kesehatan mengenai dampak susu bagi penderita sinusitis, maka ada baiknya Anda menghindari jemnis makanan yang satu ini.

√ Makanan yang mengandung pemanis buatan

Makanan pantangan untuk penderita sinusitis lainnya adalah makanan yang mengandung pemanis buatan seperti Aspartame, Fruktosa, dan sukrosa. Hal tersebut dikarenakan makanan atau minuman ini bisa menyebabkan sakit kepala bagi penderita sinusitis. Oleh karena itu, jika Anda kini tengah menderita sinusitis alangkah baiknya untuk menghindari makanan yang satu ini.

√ Makanan yang mengandung kafein

Kopi, teh, minuman berasoda dan coklat adalah beberapa contoh dari pada makanan dan minuman yang mengandung kafein. Jenis makanan yang satu ini ada baiknya dihindari oleh penderita sinusitis lantaran menyebabkan dehidrasi. Dan kondisi tersebut tentunya dapat berdampak buruk seperti menyababkan hidung tersumbat hingga sakit kepala. Penelitian University of Maryland Medical Center mengungkapkan, bahwasannya mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein dapat menyebabkan sakit kepala bagi penderita sinus.

√ Alkohol

Sama halnya dengan kafein, alkohol juga dapat memberikan dampak butuk buruk bagi penderita sinusitis karena dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Kondisi ini tentu akan menakan produksi lendir serta memperparah pembengkakan sinus. Sifat alkohol yang direutic dapat menyebabkan Anda sering kencing dan menyebabkan tubuh Anda kekurangan cairan. Padahal saat Anda menderita sinusitis, tubuh Anda membutuhkan cairan agar menjaga sirkulasi lendir lancar, sehingga tidak memicu hidung tersumbat.

√ Makanan yang mengandung MSG (Monosodium Glutamate)

Pantangan makanan bagi penderita sinusitis yang satu ini juga sebaiknya dihindari oleh penderita. MSG atau yang sering disebut micin bisa menyebabkan gejala sakit kepala bagi penderita sinusitis. Apabila Anda memiliki riwayat sakit kepala berat saat menderita sinusitis, maka sebaiknya hindari makanan yang mengandung MSG seperti Chinese food, makanan kemasan kakleng, makanan kemasan, makanan beku, daging sosis, pizza dan lainnya.

Nah itulah berbagai pantangan makanan untuk penderita sinusitis yang sebaiknya Anda bisa hindari guna mempercepat penyembuhan. Dan sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi makanan sehat untuk penderita sinusitis dan melakukan beberapa tips sederhana. Diantaranya seperti menghindari paparan alergen, menggunakan masker saat berada di tempat umum, biasakan cuci tangan serta memperbaiki sanitasi dan vetilasi ruangan. Dan jika gejala sinusitis yang Anda alami cukup parah segera konsumsi obat sinusitis herbal atau memeriksakan kondisi Anda ke pusat kesehatan terdekat. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *