Pantangan Makanan Untuk Penderita Amandel Yang Harus Dihindari

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Pantangan makanan untuk penderita amandel sebaiknya harus dihindari oleh penderita penyakit radang amandel. Hal tersebut dikarenakan jenis makanan ini diketahui dapat memperburuk peradangan yang terjadi. Nah bagi Anda yang belum mengetahui apa saja pantangan makanan untuk amandel, sebaiknya simak ulasan singkat berikut ini.

pantangan makanan untuk penderita amandel

Penyakit radang amandel atau tonsilitis adalah suatu keadaan yang mana pada umumnya disebabkan oleh serangan infeksi virus maupun bakteri. Sejatinya, kondisi ini akan diketahui dari berbagai gejala yang di timbulkan. Adapun berbagai gejala penyakit amandel diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Demam
  • Nyeri tenggorokan
  • Nafas berbau
  • Terasa ada banyak dahak di tenggorokan
  • Tidak enak badan

Dan jika Anda telah mengalami berbagai gejala tersebut, sebaiknya segera lakukan pengobatan terbaik untuk mengatasinya. Namun selain itu, terdapat beberapa faktor lainnya yang dapat mempercepat penyembuhan penyakit amandel. Salah satunya adalah makanan. Ya, hal tersebut mengingat makanan merupakan asupan nutrisi utama yang sering didapatkan oleh tubuh.

Pantangan makanan untuk penderita amandel yang harus dihindari

Selain terdapat makanan yang baik untuk penderita amandel yang telah kami sampaikan pada kesempatan sebelumnya, ada juga beberapa jenis makanan pantangan untuk penderita amandel. Makanan ini sebaiknya di hindari oleh penderita amandel lantaran di percaya mampu memperburuk kondisi pembengkakan amandel. Adapun berbagai pantangan makanan untuk penderita amandel tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Makanan yang pedas

Penderita amandel sebaiknya menghindari makanan yang satu ini. Karena pantangan makanan bagi penderita amandel yang satu ini hanya akan melukai amandel. Adapun berbagai jenis makanan pedas tersebur meliputi sambal cabai, saus, merica dan makanan pedas lainnya.

Ikan

Jika Anda kini tengah mengidap radang amandel, maka sebaiknya Anda menghindari jenis makanan ini. Ya, ikan memang mengandung protein yang cukup tinggi dan baik untuk tubuh, namun tidak saat Anda mengalami radang amandel. Karena dikhawatirkan kemungkinan duri-duri ikan yang terdapat kemungkinan Anda konsumsi dapat mengenai amandel bersama dengan nasi yang dimakan sehingga dapat melukai amandel.

Minuman dingin

Minuman yang dingin diketahui sangat sensitive pada amandel yang tengah meradang. Hal tersebut lantaran suhu yang berbeda sehingga membutuhkan penyesuaian yang dilakukan oleh amandel memerlukan beberapa waktu. Dan hal tersebut dapat membuat peradangan amandel menjadi semakin parah. Selain dari pada itu, penderita amandel juga tak diperkenankan untuk mengonsumsi minuman instan, minuman bersoda, alkohol dan lainnya yang mampu memperparah penyakit amandel.

Makanan instan

Makanan yang sering dikenal dengan istilah fast food juga menjadi salah satu pantangan makanan bagi penderita amandel. Ya, hal tersebut karena bumbu-bumbu didalam makanan instan tersebut tak jarang mengandung zat berbahaya, yang mana tak baik untuk amandel dan tubuh secara keseluruhan. Adapun berbagai makanan tersebut seperti mie instan, snack ringan, makanan yang banyak mengandung micin dan lainnya.

Minuman alkohol

Tak hanya memabukan, minuman alkohol juga diketahui mampu merusak jaringan pada amandel. Sehingga amandel bisa saja terkena infeksi lantaran tidak bisa menahan zat yang masuk melalui alkohol tersebut. Bahkan tak hanya amandel, dengan mengonsumsi alkohol terlebih dalam jangka waktu panjang mampu merusak jaringan tubuh lainnya secara menyeluruh. Untuk itu, sebaiknya Anda hindari minuman ini terlebih saat menderita radang amandel, meski hanya sedikit.

Selain dari pada itu, masih banyak makanan pantangan bagi penderita amandel lainnya yang perlu Anda hindari. Diantaranya seperti berbagai jenis makanan maupun minuman yang mengandung minyak tinggi, makanan yang terlalu panas serta makanan yang mengandung gula yang cukup tinggi. Dan untuk mempercepat penyembuhan amandel, selain menghindari beberapa jenis makanan diatas, Anda juga dapat menyertainya dengan:

  • Istirahat yang cukup
  • Minum air putih yang cukup
  • Berkumur dengan air garam hangat
  • Menggunakan pelembab udara (humidifier)
  • Dan masih banyak lagi

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait pantangan makanan untuk penderita amandel. Jangan lupa untuk melakukan penobatan yang tepat untuk membantu penyembuhannya. Untuk itu, kami memiliki solusi alternatif untuk mengangatasinya. Silahkan cek: Obat Amandel Herbal. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *