Pantangan Makanan Penderita Usus Buntu Pra Dan Pasca Operasi

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Pantangan makanan penderita usus buntu memang tidak di spesifikasikan secara khusus oleh para ahli kesehatan. Hanya saja terdapat beberapa jenis makanan, yang diketahui dapat berdampak negatif jika dikonsumsi oleh penderita usus buntu. Baik itu sebelum maupun setelah operasi usus buntu dilakukan. Nah, untuk mengetahui apa saja larangan makanan untuk penyakit usus buntu tersebut, sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut.

pantangan makanan penderita usus buntu

Penyakit usus buntu atau yang disebut dengan apendisitis adalah kondisi dimana usus buntu mengalami peradangan atau infeksi. Peradangan tersebut biasanya dipicu akibat kotoran yang menumpuk dan mengeras didalam usus sehingga memicu terjadinya penyumbatan didalam usus buntu. Kondisi ini sendiri diketahui dapat dialami oleh siapapun. Hanya saja sering kali terjadi pada usia 10-30 tahun.

Selain pengobatan, terdapat beberapa faktor lainnya yang diyakini dapat mempercepat penyembuhan penyakit ini. Salah satu diantaranya adalah menjaga asupan makanan. Ya, mengingat makanan merupakan salah satu asupan nutrisi utama bagi tubuh. Dan terdapat beberapa makanan yang sebaiknya perlu di hindari oleh penderita usus buntu terlebih setelah menjalani operasi.

Hal ini di lakukan guna mencegah terjadinya luka dan masalah baru pada sistem pencernaan bagian usus. Dan sebisa mungkin mempercepat pemulihan serta menghindarkan penderita dari komplikasi lainnya terlebih pasca operasi.

Pantangan makanan penderita usus buntu pra dan pasca operasi yang harus dihindari

Menurut suatu penelitian yang dilakukan oleh John Hopkins Medicine Cebter, menyebutkan bahwasannya radang usus buntu memerlukan penanganan operasi darurat yang tidak memerlukan banyak waktu. Akan tetapi, terdapat beberapa pantangan makanan setelah operasi usus buntu. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya gejala usus buntu yang semakin memburuk, serta membatasi nyeri perut serta mempermudah pencernaan bagi organ tubuh yang baru dilakukan pembedahan. Dan berikut selengkapnya daftar pantangan makanan setelah operasi usus buntu.

1. Makanan yang mengandung gas dan lemak tinggi

Selama masa pemulihan awal sekitar 7-10 hari, pasien tidak disarankan unruk mengonsumsi makanan berlemak. Hal tersebut karena di khawatirkan dapat menyebabkan lemak tersisa pada bagian usus buntu yang diangkat. Selain itu, makanan-makanan berlemak juga akan menyebabkan diare di sela-sela pemulihan operasi.

Adapun jenis makanan ini diantaranya adalah gorengan, susu dan es krim. Sedangkan makanan yang mengandung gas tinggi diantaranya sepeti kacang, brokoli, lecute yang bisa menyebabkan perut kembung dan terasa tidak nyaman.

2. Makanan padat

Makanan yang memiliki tekstur padat memerlukan waktu yang lebih lama untuk di cerna. Sehingga makanan ini juga sebaiknya dihidari sementara waktu oleh penderita usus buntu khususnya setelah melakukan operasi pengangkatan usus buntu. Adapun beberapa jenis makanan padat sendiri diantaranya adalah buah yang berdaging padat, sayuran, daging, masakan berbahan dasar unggas, ikan telur, kacang-kacangan, roti, nasi dan makanan lainnya yang butuh usaha untuk dikunyah.

3. Makanan yang tinggi gula

Kandungan gula yang tinggi, dapat membuat tinja lebih cepat keluar dari pencernaan, dimana hal tersebut juga kurang baik bagi usus yang dalam masa penyembuhan. Bahkan kebanyakan gula juga dapat memicu diare pasca operasi usus buntu. Adapun beberapa jenis makanan gula tinggi tersebut diantaranya seperti jelly, permen, kue-kue kering dan lainnya.

4. Makanan pedas

Tak sedikit orang yang mengatakan bahwasannya makanan pedas bisa memicu usus buntu. Namun nyatanya pernyataan tersebut tidaklah benar. Hanya saja, memang jika salah satu makanan pantangan terlebih setelah operasi usus buntu adalah makanan bercita rasa pedas. Makanan yang mengandung cabai, lada maupun paprika dapat memicu komplikasi maag pada pencernaan. Dan hal tersebut di khawatirkan dapat memicu rasa tidak nyaman pada perut bagian atas yang berakhir muntah, yang mana bisa memicu komplikasi lainnya setelah radang usus buntu.

5. Minuman dan makanan beralkohol

Pantangan makanan penderita usus buntu lainnya setelah operasi adalah makanan dan minuman yang mengandung alkohol didalamnya. Hal tersebut dikarenakan memang selain karena alkohol bukan asupan yang baik bagi tubuh, alkohol juga akan bereaksi negatif jika bertemu sisa pembiusan pasca operasi didalam tubuh.

6. Makanan yang mengandung kafein

Kandungan kafein diketahui dapat membuat organ dalam tubuh bekerja lebih keras. Dan ini juga akan membangkitkan kelenjar limfoid yang tersimpan di usus buntu. Padahal, usus buntu tengah mengalami peradangan. Oleh karenakanya, sebaiknya hindari minuman atau makanan berkafein seperti kopi, permen kopi dan jenis pantangan makanan penderita usus buntu yang mengandung kafein lainnya.

Nah itulah berbagai pantangan makanan penderita usus buntu yang sebaiknya dihindari, baik itu sebelum maupun pasca operasi usus buntu dilakukan. Akan tetapi, Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter Anda. Dan untuk mempercepat pemulihan kondisi Anda, Anda juga bisa mengonsumsi Obat Usus Buntu Herbal, yang merupakan produk rekomendasi terbaik dari kami. Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *