5 Pantangan Makanan Ibu Hamil Muda Yang Wajib Dihindari

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Ada beberapa pantangan makanan yang wajib dihindari saat hamil muda. Beberapa makanan ini diketahui dapat mempengaruhi kondisi sang buah hati dalam kandungan maupun kondisi sang ibu. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa simak dalam ulasan berikut ini ya.

pantangan makanan ibu hamil muda

Kehamilan tentunya merupakan momen membahagiakan yang paling di tunggu-tunggu oleh pasangan yang telah menikah. Maka dari itu, Ada baiknya saat sedang hamil calon ibu khususnya berupaya untuk memperhatikan kandungannya agar tetap sehat. Begitu juga dengan calon ayah yang seharusnya menjadi lebih siaga dengan memberikan perhatian lebih pada ibu dan buah hati yang sedang dikandunganya, terlebih pada trimester pertama.

Hal tersebut memang dikarenakan trimester pertama (usia kandungan 1-3 bulan) merupakan tahap kehamilan yang paling krusial. Sehingga dianjurkan untuk ibu hamil di usia kandungan dini ini untuk tidak melakukan aktivitas berat terlebih dahulu. Disamping itu, masih banyak hal lainnya yang perlu ibu hamil perhatikan pada trimester pertama kehamilan ini.

Seperti salah satunya dalam hal makanan. Karena ternyata terdapat berbagai pantangan makanan yang sebaiknya ibu hamil kurangi atau hindari. Sehingga berbagai makanan tersebut seharusnya sudah ibu ketahui sejak dini ya.

5 Pantangan makanan ibu hamil muda yang wajib di hindari

Berikut berbagai jenis makanan yang dilarang di konsumsi oleh ibu hamil muda. Diantaranya sebagai berikut.

1. Makanan laut mentah atau dimasak setengah matang

5 Pantangan Makanan Ibu Hamil Muda Yang Wajib Dihindari

Apabila ibu merupakan seorang penggemar seafood atau sushi, sebaiknya Anda mengurangi kebiasaan mengonsumsi makanan tersebut selama hamil. Alasannya diklarenakan ikan sejatinya mengandung berbagai macam bakteri dan juga virus. Mikroorganisme ini tidak akan mati apabila tidak di masak atau di rebus dalam suhu tinggi. Maka dari itu, mengonsumsi makanan ini justru dapat membahayakan janin sang ibu.

2. Daging atau telur yang terlalu matang

Selain dilarang mengonsumsi makanan mentah, ibu hamil muda juga dilarang untuk mengonsumsi makanan yang terlalu matang atau hampir gosong. Khususnya pada daging dan telur. Jenis makanan tersebut diketahui dapat menyebabkan keracunan bagi janin maupun sang ibu sendiri. Selain di goreng, perhatikan juga makanan yang diolah dengan cara di bakar. Patikn tidak ada partikrl arang yang menempel pada makanan tersebut, karena tak baik untuk kesehatan ibu hamil.

3. Makanan yang tidak higienis

Demi menjaga kesehatan sang janin, sebaiknya ibu memilih mengonsumsi makanan yang bersih juga higienis. Kaerana saat dalam kondisi hamil, ibu akan rentan sekali terkena serangan virus ataupun bakteri. Dan itu alasannya mengapa ibu perlu memperhatikan kebersihan jga kehigienisan makanan yang akan dikonsumsi.

4. Mengonsumsi camilan tidak sehat

5 Pantangan Makanan Ibu Hamil Muda Yang Wajib Dihindari

Camilan tidak sehat seperti halnya camilan berlemak tanpa nutrisi merupakan pantangan ibu hamil muda. Karena pada saat hamil, sistem pencernaan cenderung melambat, sehingga dapat berujung pada masalah konstipasi. Tingginya kadar hormon progesteron selama kehamilan memicu terjadinya kontraksi otot usu menjadi lebih lamabat. Maka dari itu cukupi kebutuhan serat dari sayuran dan buah-buahan serta asupan air mineral, tidak boleh terabaikan.

5. Buah-buahan

Buah-buahan termasuk salah satu makanan menyehatkan dengan kandungan nutrisi yang dikandungnya. Hanya saja, terdapat beberapa jenis buah-buahan yang sebaiknya dihindari terlebih jika baru memasuki trimester pertama kehamilan. beberapa jenis buah-buahan tersebut Diantaranya:

  • Nanas. Buah ini diketahui mengandung bromelain, yang mana merupakan enzim yang dapat memecah protein. Dan adapun efek samping dari bromelain tersebut diantaranya mampu melembutkan serviks, menyebabkan persalainan dini bahkan menurut suatu penelitian mampu menyebabkan pendarahan abnormal.
  • Pepaya Muda. Buah pepaya yang belum matang dan semi matang diketahui kurang abaik apabila dikonsumsi oleh wanita hamil. Diantaranya karena mengandung lateks yang mampu mekicu kontraksi uterus dini hingga menjadi penyebab keguguran. Didalamnya juga terkandung papain yang sangat tinggi yang juga dapat memicu persalinan dini.
  • Anggur. Meski anggur memiliki kadar vitamin A dan C yang cukup tinggi dan menjadi nutrisi penting bagi ibu hamil, hanya saja terdapat beberapa lasan mengapa anggur perlu dihindari oleh ibu hamil. Diantaranya karena didalam kulit buah anggur diduga mengandung resveratrol yang bisa menjadi racun bagi ibu hamil, serta kandungan pestisida yang tersisa di kulit anggur juga kemungkinan dapat mempengaruhi terhadap komplikasi kesehatan pada janin.

Nah itulah berbagai pantangan makanan ibu hamil muda yang wajib Anda hindari. Selain makanan, ada banyak hal lain terkait pantangan untuk ibu hamil yang baru masuk trimester pertama kehamilan yang juga perlu dihindari. Diantaranya seperti merokok, mengonsumsi alkohol, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein tinggi, mengonsumsi makanan dalam porsi besar dan terburu-buru, serta sembarang mengonsumsi obat. Semoga apa yang te;ah kami sampaikan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *