Pantangan Makanan Bagi Penderita Rematik Yang Perlu Dihindari

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Pantangan makanan bagi penderita rematik merupakan sejenis makanan yang alangkah baiknya di hindari oleh penderita rematik. Hal tersebut dikarenakan berbagai jenis makanan tersebut diketahui dapat memicu kekambuhan bahkan memperburuk gejala rematik. Lalu, apa saja makanan pantangan bagi penderita rematik? Selengkapnya bisa Anda ketahui dalam ulasan singkat berikut ini.

pantangan makanan untuk penderita rematik

Rematik merupakan salah satu penyakit yang tak boleh di sepelekan. Hal tersebut lantaran penyakit yang umumnya menyerang persendian ini memicu gejala yang begitu menyakitkan. Adapun berbagai gejala rematik diantaranya adalah peradangan, pembengkakan, rasa nyeri dan kaku pada sendi.

Semua bagian sendi pada tubuh dapat beresiko terkena rematik. Hanya saja, terdapat beberapa bagian sendi yang sering terkena rematik. Diantaranya seperti tangan, pergelangan tangan, kaki dan lutut. Namun, rematik juga dapat menjalar ke bagian lainnya, seperti bagian pinggul dan lutut yang mengakibatkan si penderiota mengalami kesulitan untuk berjalan, berlutut, membungkuk hingga berjalan.

Menurut sejumlah riset yang dilakukan, pengidap rematik sebagaian besar didominasi oleh kaum wanita daripada pria, dengan tingkat usia 20-40 tahun. Penyebab rematiik sendiri beragam. Mulai dari faktor usia, asam urat, osteoporosis, terlalu sering mengonsumsi alkohol bahkan bisa disebabkan oleh dehidrasi. Dan apabila seseorang telah mengalami rematik, terdapat beberapa pantangan makanan yang perlu dihindari lantaran di percayai sebagai pemicu rematik.

Pantangan makanan untuk penderita rematik yang harus di hindari

pantangan makanan untuk penderita rematik

Setelah pada kesempatan sebelumnya kami memaparkan mengenai berbagai makanan sehat bagi penderita rematik, berikut adalah beberapa pantangan makanan yang perlu dihindari oleh penderita rematik.

Jeroan

Makanan yang diambil dari dalaman hewan ini diantaranya meliputi hati, usus, ampela, jantung, otak dan lainnya. Jeroan memang tergolong makanan yang memiliki rasa lezat, terlebih jika dioalah dengan cara di sop menggunakan santan. Hanya saja jenis makanan ini dilarang dikonsumsi bagi penderita rematik. Alasannya, lantaran makanan ini dapat memicu kekambuhan dan rasa sakit pada bagian yang terserang. Selain dapat memicu rematik, jeroan juga bisa memicu penyakit lain seperti jantung, hipertensi, obesitas dan komplikasi penyakit lainnya.

Seafood

Makanan laut atau yang terkenal dengan istilah seafood merupakan makanan yang tak kalah lezat. Hal tersebut lantaran rasanya yang gurih dan dapat diolah ke dalam beragam jenis makanan. Namun sayangnya, seafood juga termasuk ke dalam pantangan makanan penderita rematik. Makanan ini disinyalir kuat dapat memicu kekambuhan gejala rematik lantaran sebagian besar mengandung purin yang tinggi. Adapun jenis seafood yang harus dihindari diantaranya seperti udang, kepiting dan lainnya.

Santan

Makanan pantangan rematik selanjutnya yang juga harus dihindari adalah santan. Tak dapat dipungkiri, jika santan menjadi suatu makanan bertambah lezat dan menjadi gurin. Namun didalamnya diduga mengadung zat purin dan kolesterol yang cukup tinggi. Sehingga segaa makanan yang mengandung santan, sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita rematik. Selain menjadi pemicu rematik, zat purin juga menjadi salah satu penyebab asam urat.

Sayuran

Sayuran merupakan salah satu makanan sehat yang mana didalamnya mengandung banyak sekali vitamin dan mineral didalamnya yang bagus untuk tubuh. hanya saja terdapat beberapa sayuran yang menjadi pantangan makanan untuk penderit5a asam urat dan rematik. Alasannya tak lain karena mengandung zat puin yang tinggi., sehingga dapat memicu sendi yang terserang rematik terasa sakit kembali. Adapun berbagai jenis sayuran tersebut diantaranya bayam, jamur, kembang kol, kangkung dan sawi.

Daging kambing

Apakah Anda menykai sate dan tongseng kambing? Namun, Anda juga seorang penderita rematik? Sebaiknya Anda mulai menghindari makanan ini. Daging kambing sendiri menjadi salah satu pantangan makanan bagi orang yang menderita penyakit seperti hipertensi, kolesterol dan rematik. Zat purin yang cukup tinggi didalam daging kanbing sering kali menjadi alasan mengapa makanan ini mernjadi pantangan bagi orang yang memiliki riwayat penyakit tersebut.

Nah itulah berbagai pantangan makanan bagi penderita rematik yang harus di hindari. Meski penyakit ini tidak dapat di sembuhkan secara instan, namun tetap saja dibutuhkan pengobatan dan perawatan yang intens agar penyakit rematik dapat sembuh. Dan satu diantaranya adalah dengan menjaga pola makan. Selain itu, jika gejala rematik Anda tak kunjung membaik, Anda sebaiknya segera mengatasinya dengan obat rematik herbal. Dimana merupakan salah satu pengobatan rematik alternatif yang khasiat telah terbukti. Semoga aapa yang telah kami smapaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *