Catat! Ini Pantangan Makanan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Pantangan makanan bagi penderita kolesterol tinggi sangatlah penting untuk diketahui. Terutama jika Anda maupun salah satu anggota keluarga Anda kini mengalami kolesterol. Karena berbagai jenis makanan ini diyakini mampu membuat kolesterol melambung lebih tinggi, dan tentunya dapat berakibat fatal bagi kesehatan Anda. Lalu apa saja berbagai jenis pantangan makanan penderita kolesterol tinggi? Simak selengkapnya hanya disini.

pantangan makanan bagi penderita kolesterol tinggi

Makanan adalah salah satu sumber utama energi dan nutrisi yang sangat di perlukan oleh tubuh. Namun tidak semua makanan baik untuk tubuh terlebih meraka yang memiliki kondisi medis tertentu seperti penderita kolesterol tinggi. Maka dari itu, jika dokter Anda telah mendiagnosis bahwa kadar kolesterol jahat didalam tubuh Anda terlampau tinggi, maka sudah saatnya kini Anda memperbaiki pola makanan Anda dengan diet rendah kolesterol.

Dan itu berarti Anda perlu memilih dan memilah mana makanan yang masih bisa di konsumsi  dan menjalani pantangan kolesterol tinggi yang tentunya sangat berbahaya untuk kesehatan. Dari pada Anda mencari informasi yang masih simpang siur, sebaiknya Anda langsung simak daftar larangan makanan penderita kolesterol tinggi yang resmi dari para ahli kesehatan berikut ini.

Daftar pantangan makanan bagi penderita kolesterol tinggi yang perlu dijauhi

Berikut adalah berbagai makanan pantangan yang sebaiknya Anda hindari sama sekali jika tengah menderita kolesterol tinggi. Dimana jika Anda mengonsumsinya, maka gejala kolesterol tinggi yang kini tengah Anda alami.

1. Gorengan

Makanan yang di goreng menggunakan minyak atau margarin dapat membuat kadar kolesterol langsung naik. Terlebih jika dimasak menggunakan minyak jelantah yang telah di pergunakan untuk beberapa kali menggoreng. Misal tahu, bakwan, martabak telur dan juga ayam goreng. Dan sebagai alternatifnya, cobalah untuk memasak dengan cara sehat lainnya tanpa di goreng. Seperti di kukus, pepes dan juga rebus.

2. Makanan yang mengandung lemak jenus

Santan kelapa, daging kemasan seperti kornet dan sosis, minyak palm serta mentega merupakan beberapa diantara makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Dan jenis makanan ini diketahui mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Untuk itu, segera ganti makanan yang tinggi akan lemak jenuh dengan lemak tak jenuh. Sebagai contohnya, Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk memasak dari pada menggunakan minyak palm atau mentega.

3. Makanan yang mengandung lemak trans

Lemak trans merupakan minyak yang sudah di padatkan. Dan biasanya lemak trans ini berada dalam margarin dan minyak kelapa. Sehingga, hidangan yang diolah dengan margarin dan minyak kelapa memiliki kolesterol tinggi, Jika bisa, Anda sebaiknya memilih margarin yang mengandung 0 gram lemak trans atau bebas lemak trans.

4. Makanan cepat saji

Tak hanya lantaran gizinya yang kurang lengkap, makanan cepat saji atau junk food juga diketahui mengandung kolesterol tinggi lantaran proses pengolahannya. Maka dari itu, ada baiknya Anda menghindari makanan cepat saji seperti kentang goreng, ayam goreng tepung, burger dan sejenisnya.

5. Kulit

Kulit ayam, sapi atau kikil mengandung lemak jenuh lebih tinggi dibandingkan dagingnya. Hal tersebut tentunya bisa meningkatkan kolesterol Anda secara signifikan. Maka dari itu, jika Anda makan ayam, maka sebaiknya jangan disajikan berikut kulitnya.

6. Seafood

Makanan laut terutama udang dan cumi diketahui memiliki tingkat kolesterol yang cukup tinggi. Maka dari itu, beberapa makanan seafood pun menjadi pantangan makanan untuk penyakit kolesterol tinggi. Adapun jika Anda ingin mengonsumsi makanan laut, ada baiknya imbangi dengan nutrisi dari sayur dan buah-buahan.

7. Telur ayam

Didalam sebutir telur ayam mengandung kira-kira 14 miligram kolesterol. Sedangkan kuning telurnya saja mengandung kolesterol sekitar 242 mg. Dan belum lagi, apabila telur di goreng dengan menggunakan minyak palm. Maka dari itu, Anda sebaiknya mengonsumsi sumber protein lainnya yang masih aman. Misal tempe, tahu dan lainnya.

8. Jeroan

Jika Anda kini tengah menderita penyakit koklesterol tinggi, maka sebaiknya hindari mengonsumsi jeroan ayam dan sapi seperti otak, hati, usus, ampela, jantung dan organ dalam lainnya. Hal tersebut dikarenakan jeroan sendiri dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Untuk itu, sebaiknya Anda hanya mengonsumsi daging rendah lemak, bukan jeroan atau organ dalamnya.

9. Susu tinggi lemak

Ternyata tak semua jenis susu baik di konsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Seperti halnya susu tinggi lemak, yang mana dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda. Adapun produk susu dan olahannya yang tinggi lemak tersebut, diantaranya adalah susu sapi, susu domba, susu santan dan juga keju.

Nah itulah berbagai pantangan makanan bagi penderita kolesterol tinggi yang sebaiknya di hindari. Untuk selengkapnya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter Anda terkait makanan yang masih boleh dan sama sekali tidak boleh Anda makan. Namun jangan khawatir apabila kadar kolesterol masih tinggi, sedangkan Anda telah menjalani pola makan yang benar. Karena kami kini memiliri rekomendasi produk herbal yang khasiatnya terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dengan cepat secara alami, aman tanpa efek samping. Untuk itu silahkan klik : Obat Kolesterol Tinggi Herbal. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *