Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat Yang Harus Dihindari

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Pantangan makanan bagi penderita asam urat tinggi berikut sebaiknya di batasi bahkan dihindari. Karena beberapa jenis makanan ini diketahui dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Sehingga tak menutup kemungkinan gejala yang dialami oleh penderitanya akan semakin memburuk. Nah, untuk mengetahui apa saja pantangan makanan buat penyakit asam urat, sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut ini.

pantangan makanan bagi penderita asam urat

Asam urat bukanlah penyakit yang asing bagi sebagian orang terutama dikalangan lansia, Penyakit yang menyerang persendian ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh asam urat (uric acid) yang berlebihan pada tubuh. Penderita asam urat sendiri tak jarang kan mengalami rasa sakit yang begitu hebat pada persendian pada saat kadar asam urat dalam darah meningkat.

Dan tahukah Anda? ternyata beberapa diantara jenis makanan tertentu diyakini bisa menjadi pemicu kadar asam urat tinggi dalam tubuh. Oleh karena itu, tak ada cara lain jika penderita asam urat ingin terhindar dari rasa tidak nyaman pada persendian. Pemilik asam urat sebaiknya membatasi konsumsi makanan ataupun minuman dengan kandungan zat tersebut.

Daftar pantangan makanan bagi penderita asam urat tinggi yang harus dibatasi dan dihindari

pantangan makanan bagi penderita asam urat

Pada dasarnya pantangan makanan minuman untuk asam urat tak jauh berbeda dengan pantangan makanan bagi penderita kolesterol tinggi juga rematik. Dan berikut adalah berbagai larangan makanan asam urat yang sebaiknya dibatasi bahkan dihindari konsumsinya lantaran mengandung purin yang cukup tinggi.

√ Makanan laut (seafood)

Makanan yang menjadi pantangan asam urat pertama adalah makanan laut atau yang lebih populer dengan istilah seafood. Hal tersebut didalamnya terkandung purin yang cukup tinggi. Sehingga, jika Anda merupakan penyuka makanan laut, cobalah untuk mulai membatasi konsumsinya. Adapun berbagai makanan laut pantangan asam urat tersebut diantaranya adalah kerang, ikan asin, ikan teri, sarden, makare, tiram, udang, lobster dan juga kepiting.

√ Jeroan

Sama seperti pantangan makanan asam urat sebelumnya, jeroan juga diketahui mengandung purin yang cukup tinggi. Untuk itu, jika kadar asam urat dalam tubuh Anda sedang meningkat, sebaiknya Anda hindari jenis makanan ini. Seperti halnya hati dan juga organ dalam lainnya.

√ Sayuran

Beberapa diantara sayuran juga diketahui mengandung zat purin tinggi. Diantaranya seperti  bayam, kembang kol, asparagus, kacang polong dan juga jamur. Hanya saja menurut sebuah penelitian, mengonsumsi purin yang berasal dari  sayuran tidak memicu masalah bagi penderitan asam urat. Itu artinya resiko terkena gout atau serangan ulangnya tidak akan meningkat, Meski begitu, Anda tetap disarankan untuk tetap membatasi jumlah makanan tersebut masuk ke dalam tubuh Anda.

√ Daging

Kandungan purin yang terkandung dalam kelompok makanan ini diketahui masih sedang. Maka dari itu, untuk kondisi yang lebih aman Anda sebaiknya menghindari untuk mengonsumsinya terlebih pada jenis daging merah. Namun jika Anda tetap ingin mengonsumsinya, Anda bisa mengonsumsi daging sapi, daging kambing daging unggas yang semuanya tanpa lemak dan paling banyak 170 gram setiap harinya.

√ Gula

Meski kadar purin alam gula terbilang cukup rendah, namun tetap saja Anda disarankan untuk tidak berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Hal tersebut dikarena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula bisa memicu diabetes hingga obesitas. Dan kondisi tersebut tentunya bisa memperburuk gejala asam urat atau rematik yang mungkin tengah Anda derita.

√ Minuman beralkohol

Beberapa diantara jenis minuman beralkohol mengandung purin tinggi, yang tentunya bisa meningkatkan kadar asam urat didalam tubuh. Selain alkohol, minuman lainnya yang tak baik untuk penderita asam urat lantaran mengandung purin adalah bir dan anggur (wine). Selain memperburuk kondisi penderita asam urat, minuman beralkohol juga diyakini dapat memicu dehidrasi.

Nah itulah berbagai jenis makanan pantangan bagi penderita asam urat. dengan menjauhi beberapa jenis makanan tersebut, maka bisa menjaga bahkan menurunkan kadar asam urat didalam darah Anda. Meski penyakit asam urat yang Anda alami tidak dapat disembuhkan, namun dengan menjauhi berbagai macam makanan tersebut maka bisa mengurangi resiko terjadinya serangan asam urat secara berulang. Dan selain itu, keruksakan pada persendianpun bisa di perlambat.

Selain dari pada membatasi makanan pantangan bagi penderita asam urat, Anda juga sangat disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat. Seperti halnya berolahraga secara teratur dan memperbanyak mengonsumsi air putih. Dengan begitu, kadar asam urat akan tetap stabil dan sangat membantu proses pengeluaran asam urat melalui urine. Namun, apabila nyeri sendi akibat asam urat tak kunjung membaik dan sering kambuh, maka Anda baiknya memeriksakanya ke dokter atau jika perlu mengonsumsi obat asam urat tinggi alami. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *