Ini Perbedaan Otak Kanan Dan Otak Kiri Jika Dilihat Dari Fungsinya

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Otak kanan dan otak kiri manusia ternyata memiliki fungsi dan kinerja yang berbeda. Sehingga tak jarang kita mendengar penggambaran seseorang berdasarkan fungsi otaknya. Mereka dengan otak kiri yang lebih dominan disebut-sebut memiliki keunggulan dalam hal hitungan atau matematika. Sedangkan mereka dengan otak kanan yang lebih dominan dipercaya unggul dalam hal yang berbau kreativitas. Lantas, benarkah perbedaan antara otak kanan dan otak kiri seperti itu? untuk mengetahui penjelasan selengkapnya, berikut Admin walatra akan informasikan secara lengkap bagi Anda.

otak kanan dan otak kiri

Otak adalah organ penting pada mahluk hidup, khususnya manusia. Dimana bertindak sebagai pusat koordinasi untuk mendukung aktivitas tubuh secara keseluruhan. Adapun otak besar atau cerbrum adalah bagian terbesar dari pada otak manusia, yang mana bertugas untuk memproses semua kegiatan intelektual. Misal kemampuan berfikir, penalaran, mengingat, membayangkan hingga merencanakan masa depan.

Adapun otak besar ini terdiri dari dua belahan, yaitu kanan dan kiri. Kedua belahan tersebut diketahui memiliki struktur yang begitu kompleks dan juga fungsi istimewa yang berbeda tanpa bergantung antara satu dengan yang lainnya. Teori tersebut sendiri berasal dari hasil penelitian seorang neuropsikolog yang bernama Roger Sperry (1913/1994).

Perbedaan otak kanan dan otak kiri jika dilihat dari fungsinya

Dan berikut adalah penjelasan berbagai fungsi otak kanan dan otak kiri yang sebenarnya pada anak maupun dewasa, sehingga kita bisa membedakan diantara keduanya.

  • Fungsi otak kanan

Pada dasarnya, otak kanan bertugas untuk mengendalikan otot-otot di bagian tubuh kiri. Disamping itu, otak bagian kanan jugan memiliki fungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misal bersosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain, serta pengendalian emosi. Otak kanan juga sejatinya lebih dominan dalam segala jenis kegiatan kreatif seperti menari, menggambar dan juga menyanyi.

Maka dari itu, otak kanan bertanggung jawab tasa kemampuan spasial seseorang, yakni meliputi pengenalan wajag dan juga pengenalan musik. Bagian otak ini pulalah yang membantu citra visual dari apa yang kita lihat oleh mata. Dan saat seseorang berbeicara, otak kanan akan membantu jmenfsirkan konteks dan juga nada lawan bicara.

  • Fungsi Otak kiri

Berbeda dengan otak kanana, otak kiri sejatinya memiliki fungsi untuk mengendalikan otot-otot tubuh bagian kanan. Selain itu, otak kiri juga diketahui lebih unggul dalam berbagai hal yang berhubungan dengan logika, rasio manusia, kemampuan menulis dan membaca, juga merupakan pusat dari matematika. Sehingga, penrnyataan yang menyebutkan jika seseorang pada matematika lebih dominan otak kiri merupakan asumsi yang tepat. Bahkan beberapa pakar menyebutkan, bahwasannya, otak kiri iala pusat dari Intelligence Quotient (IQ).

Orang yang dominan otak kirinya, bisanya lebih pandai dalam melakukan analisa dan proses logis, namun sedikit pandai dalam hal yang berhubungan dengan sosial. Maka dari itu, mereka yang lebih dominan dengan otak kiri akan mengutamakan logika dalam suatu proses pengambilan keputusan dan juga melakukan sesuatu dengan perhitungan yang tepat. Dan pada saat kita ingin mengungkap suatu fakta, otak kiri jugalah yang akan menariknya dari memori kita.

Bagaimana cara kita mengetahui bagian otak yang bekerja lebih dominan?

Adapun jika Anda ingin mengetahui apakah seseorang lebih dominan otak kanan atau kiri, Anda bisa melihat perilakunya sehari-hari. Mungkin Anda pernah melihat teman Anda pandai di sekolah namun tidak pandai bergaul. Namun ada juga yang pandai bergaul, namun kurang pandai di sekolah. Keadaan semacam ini dapat terjadi lantaran ketidak seimbangan antara otak kanan dan juga otak kiri.

Maka dari itu, idealnya otak kiri dan otak kanan haruslah seimbang. Sehingga keduanya dapat berfungsi secara optimal. Adapun untuk lebih mengoptimalkan dan menyeimbangkan aktivasi kinerja dua belahan otak kita, maka beberapa cara mudah berikut ini bisa kita lakukan. Diantaranya:

  • Menggunakan tangan yang tidak sering dipergunakan untuk melakukan aktivitas. Seperti memenga gagang pintu, menggosok gigi menulis atau menggambar.
  • Belajar kelompok. Selain mendapat mempermudah pemahan materi, belajar kelompok juga mampu melatih kemampuan bersosialisasi.

Secara alami otak biasa akan selalu menjaga keseimbangan dan menugaskan kontrol beberapa fungsi pada kedua belahannya. Pembagian fungsi ini juga nyatanya juga dimaksudakan agar otak bekerja menjadi lebih efisien. Karena sejatinya kecenderungan penggunaan bagian otak sebenarnya sangat kompleks dari sekedar kanan maupun kiri. Misalnya saja, beberapa orang melempar bola dengan tangan kanannya sedangkan ia menulis rapi dengan tangan kirinya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Dan sekarang Anda telah mengetahui perbedaan otak kiri dan otak kanan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Dan kini mungkin Anda juga telah mengetahui bagian otak mana yang bekerja lebih dominan, otak kanan atau kiri? Jawabannya ada pada diri Anda masing-masing ya. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *