Tips Memanfaatkan Kulit Jeruk Sebagai Obat Jerawat Alami

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Obat jerawat pada saat ini semakin bervariasi akibat banyaknya permintaan pasar yang semakin membludak. Sehingga jika kini Anda termasuk salah satu orang yang mengalami masalah wajah berjerawat, Anda tak perlu khawatir lagi. Karena obat ataupun produk kecantikan untuk mengatasi jerawat sangat mudah di temukan. Namun sebelum itu, ternyata masih banyak bahan alami yang dapat mengatasi itu. Salah satu diantaranya adalah dengan memanfaatkan kulit jeruk. Ingin mengetahui informasi selengkapnya? simak ulasan singkat berikut.

obat jerawat alami

Jika kita kini berbicara mengenai manfaat buah jeruk yang kaya akan vitamin C, tentunya tidak asing lagi. Akan tetapi, tahukah Anda? ternyata kulit jeruk juga ternyata memiliki banyak manfaat yang tak kalah luar bisa dibandingkan buahnya. Adapun salah satu diantaranya yang paling terkenal ialah untuk menyehatkan dan mencerahkan kulit. Bahkan tak sedikit pula yang memanfaatkan kulit jeruk untuk jerawat. Namun benarkah kulit jeruk bisa mengatasi masalah jerawat?

Mengutip dari laman resmi styleCraze dan Dr. Mercola, dimana disana menyebutkan bahwasannya kulit jeruk memang merupakan bagian daripada buah jeruk yang tak kalah menyehatkan. Pasalanya, kulit jjeruk sendiri diketahui memiliki berbagai senyawa didalamnya,. Diantaranya seperti hesrepidin dan polymethoxyflavones yang mana bersifat sebagai antioksidan. Dan apabila Anda sebelumnya pernah bertanya-tanya mengapa kulit jeruk terasa pahit, hal tersebut dikarenakan tingginya kandungan beragam senyawa antioksidan yang bermanfaat ini.

Buah jeruk terkanal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, namun ternyata kandungan vitamin C terbanyak justru dapat ditemukan pada kulit jeruk. Didalam 100 gr kulit jjeruk, terkandung 136 mg vitamin C atau hampir dua akali lipat lebih banyak dibanding jumlah vitamin C sebanyak 71 mg yang terdapat didalam buah jeruk. Selain itu, bagian jeruk yang memiliki aroma menyegarkan ini jjuga mengandung senyawa lainnya seperti antiradang, antimikroba dan antibakteri, Senyawa-senyawa penting ini dipercaya efektif dalam mengatasi masalah jerawat. Sebab jerawat sendiri terbentuk akibat peradangan pada pori-pori yang tersumbat oleh bakteri, sel kulit mati hingga minyak berlebih.

Kulit jeruk juga dikenal memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, serat dan berbagai jenis mineral lainnya yang cukup. Penggunaannya pada kulit disinyalir mampu merangsang pertumbuhan sel-sel baru pada kulit wajah. Dan kombinasi berbagai kandungan bermanfaat inilah yang mampu membantu Anda dalam mengatasi masalah jerawat secara alami.

Tips memanfaatkan kulit jeruk sebagai obat jerawat alami

Berikut adalah beberapa cara atau tips menggunakan kulit jeruk guna mengatasi masalah jerawat di wajah yang tepat.

1. Pasta kulit jeruk

Untuk membuat kulit jeruk menjadi pasta, Anda bisa mengambil kulit jeruk dan mengeringkannya di bawah sinar matahari selama seharian. Setelah itu, haluskan kulit jeruk hingga menjadi bubuk yang halus. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga teksturnya mebnjadi lunak layaknya pasta. Barulah setelah itu, pasta kulit jeruk bisa diaplikasikan sebagai masker selama 15-20 menit. Namun sebelum Anda mengoleskannya pada wajah, pastikah, sebelumnya Anda telah membersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan cara ini setiap hari setidaknya selama 15 hari, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Memeras cairan dari kulit jeruk

Cara menggunakan kulit jeruk sebagai obat jerawat tradisional selanjutnya adalah dengan memerasnya secara langsung. Caranya, piasahkan terlebih dahulu kulit jeruk dari buahnya, kemudian perasa dengan segera. Gunakan kapas kecil, kemudian mulai totolkan pada area jerawat. Lakukan cara ini dalam beberapa hari, dan Anda akan mendapatkan hasilnya.

3. Masker kulit jeruk dan madu

Masker alami yang satu ini juga bisa menghilangkan kemerahan dan luka bekas jerawat. Caranya, cukup campurkan bahan utama bubuk kulit jeruk, madu dan yogurt. Setelah itu, Anda bisa langsung mengoleskannya pada wajah. Apabila kulit wajah Anda terasa kering setelah menggunakan masker ini, maka Anda bisa mencampurnya dengan pelembab seperti minyak kelapa.

Setelah kita menyimak informasi diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwasannya manfaat kulit jeruk bisa kita manfaatkan sebagai obat jerawat alami. Tentu dengan syarat penggunaannya yang tepat. Dan dengan begitu, Anda bisa mengoptimalkan potensi kulit jeruk sebagai salah satu solusi alternatif untuk permasalah kulit wajah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *