Ini 4 Kondisi Yang Menyebabkan Mata Belekan Terus Menerus!

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Mata belekan saat bangun tidur adalah hal yang tak perlu Anda khawatirkan, karena hal tersebut tergolong normal. Akan tetapi, bagaimana jika mata belekan terjadi secara berlebihan berhari-hari? apa itu normal ataukah suatu kondisi yang harus segera diatasi? Nah untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, Anda bisa menyimak ulasan singkat mengenai penyebab mata belekan terus menerus dari admin www.bwherbal.com berikut ini.

mata belekan

Saat Anda bangun tidur dan berkaca, terkadang Anda mendapati adanya lendir yang mengering di sudut mata. Lendir kering dan terkadang basah tersebut biasa kita kenal dengan belek. Ya, belek atau dalam istilah medis disebut dengan reum merupakan campuran daripada lendir, minyak, sel-sel kulit mati, air mata dan debu. Belek yang biasanya terakumulasi di sudut mata ini sejatinya terbentuk dari air mata.

Air mata sendiri memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan mata dengan baik. Salah satunya seperti menyapu segala kotoran seperti debu agar tidak masuk ke mata pada saat berkedip. Dan pada saat tidur, pasrtinya Anda tidak berkedip. Dan hal ini menyebabkan proses pembersihan mata tidak berjalan. Selain iyu, produksi air mata juga menjadi berkurang sehingga menyebabkan cairan mata mengalami sedikit pengeringan. Dan hal tersebutlah yang membuat sisa kotoran yang tidak terbuang menumpuk disudut mata saat Anda bangun tidur.

Tekstrur belek sendiri tergantung kondisi mata. Semakin kering permukaan mata Anda, maka testur belek yang dihasilkan akan bertekstur kering atau berpasir. Akan tetapi apabila mata Anda sedikit lembab, maka belek yang dihasilkan akan sedikit lengket dan berlendir. Dan oleh sebab itu, belek bisa basah, lengket, kering hingga berkerak tergantung sebarapa banyak cairan belek yang menguap. Namun jika masalah mata belek terjadi berlebih atau terjadi terus menerus dalam beberapa hari, mungkin bisa disebabkan oleh kondisi tertentu.

4 Kondisi yang menyebabkan mata belekan terus menerus yang perlu diwaspadai!

Lendir sejatinya diprosuksi bersamaan dengan air mata. Dan saat mata mengalami gangguan, lencir bisa diproduksi berlebihan dibanding biasanya yang membuat mata Anda menjadi belekan. Dan berikut adalah beberapa kondisi yang menjadi penyebab mata belekan secara terus menerus.

1. Konjungtivitis

Pada dasarnya, kelopak mata di lapisi oleh membran yang disebut dengan konjungtiva. Membran ini sendiri penuh dengan pembulun darah yang ukurannya sangat kecil. Dan saat benda asing mengiritasi membran, putih mata akan akan berubah menjadi merah. Dan kondisi ini disebut juga dengan konjungtivitis (mata merah).

Kondisi ini tak jarang menjadi penyebab mata belekan dan merah. Bahkan kondisi ini membuat lendir kehijauan keluar lebih banyak sehingga dapat membuat mata mudah belekan. Bahkan saat bangun tidur, lendir yang memngering bisa membuat mata sulit untuk dibuka. Selain itu, konjungtivitis juga tak jarang menyebabkan mata menjadi bengkak, terasa gatal. berair dan perih.

2. Mata kering

Perlu Anda ketahui, bahwa air mata mengandung empat komponen yakni air, lendir, minyak dan ati bodi. Apabila kelenjar air mata terganggu, maka proses produksi air mata juga bisa terhambat. Dan sebagai akibatnya, mata bisa mengering lantaran kekurangan cairan.

Kondisi mata kering tersebut merangsang saraf untuk memprosuksi air mata cadangan. Dan sayangnya, air mata cadangan ini tidak memiliki komponen yang sama, yakni lebih banyak mengandung lendir. Kondisi ini pula tak jarang menjadi penyebab mata belekan pada anak maupun dewasa. Selain itu, mata juga akan cepat lelah dan sensitif terhadap cahaya, serta akan muncul sensasi seperti mata kelilipan.

3. Ternjadinya penyumbatan pada saluran air mata

Tahukah Anda? air mata yang diproduksi oleh kelenjar air mata akan melewati saluran air mata. Nah, saluran ini bisa terhubung ke area hidung juga tenggorokan. Akan tetapi, apabila saluran ini tersumbat dapat menyebabkan terjadinya infeksi, luka, atau keruksakan hingga air mata tidak dapat mengalir. Kondisi ini juga tak jarang dapat menyebabkan pembengkakan pada bagian sudut mata, kelopak mata bekerut, mata merah dan juga berlendir.

4. Ulkus kornea

Kornea merupakan lapisan bening yang melapisi pupil dan juga iris. Meski jarang terjadi, namun indfeksi bakteri dan mata kering kronis sering kali menyebabkan ulkus pada kornea. Ulkus sendiri merupakan luka bernanah yang cukup sulit sembuh. Adapun gejala yang mungkin terjadi adalah kelopak mata yang membengkak dan terasa sakit , pandangan kabur dan perih saat melihat cahaya terang.

Nah itulah berbagai kondisi yang menyebabkan mata belekan terus menerus. Segera lakukan penanganan yang tepat jika masalah mata belekan tersebut tak kunjung sembuh dalam rentan waktu beberapa hari. Dan segera hubungi dokter apabila masalah mata belakan ini terjadi pada bayi ataupun sangat parah yang ditandai dengan keluar darah dari mata. Adapun solusi alternatif untuk mengatasi masalah mata belekan ini Anda bisa mengatasinya dengan Obat Mata Belekan Herbal, yang telah terjamin kandungan, keamanan dan khasiatnya yang telah terbukti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *