Manfaat saffron Untuk Kesehatan Dan Cara Konsumsinya Yang Benar

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat saffron kini telah menjadi pergunjingan para ahli kesehatan di seluruh dunia. Siapa sangka, salah satu rempah termahal didunia ini ternyata memiliki banyak kebaikan terlebih untuk kesehatan Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa langsung simak ulasan singkat berikut.

manfaat bunga saffron

Saat ini, siapa yang tak kenal dengan saffron. Entah karena bentuknya yang unik, harganya yang melejit ataupun karena mafaatnya yang Tak sedikit. Hanya saja, herbal ini pada dasarnya sering kali digunakan sebagai rempah bumbu masakan ataupun pewarna alami makanan.

Adapun saffron atau kuma-kuma sendiri merupakan rempah berbetuk benang halus, tipis dan berwarna merah yang berasal dari bunga Crocus Sativus. Dan tahukah Anda? rempah yang banyak di temukan di Kawasan Timur Tengah ini diketahui menjadi salah satu rempah termahal di Dunia lho. Hal ini dikarenakan Cara penanaman dan pemanenannya yang cukup rumit, serta memerlukan teknik khusus.

Untuk produksi 1 gram benang saffron dibutuhkan sekitar 150 bunga. Lalu, berapa banyak bunga yang dibutuhkan untuk produksi saffron 100 gram, 1000 gram bahkan untuk 10.000 gram? Mungkin Anda bisa menghitungnya sendiri ya. Untuk harganya sendiri, safron di bandrol dengan harga 7-70 juta per 500 gram tergantung kualitas yang dimilikinya.

Khasiat dan manfaat saffron bagi kesehatan

manfaat saffron

Tak hanya menjadi rempah masakan, saffron juga kini lebih dikenal dengan sebeutan herbal dengan sejuta manfaat khususnya bagi kesehatan. Berikut adalah berbagai manfaat bunga saffron untuk kesehatan yang mana informasi ini kami dapatkan dari sejumlah penelitian.

☑ Menangkal radikal bebas

Menurut para ahli, saffron mengandung banyak sekali komponen antioksidan didalamnya. Sehingga herbal ini dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus melindungi sel-sel tubuh dari ancaman keruksakan akibat radikal bebas. Karena seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa radikal bebas merupakan salah penyebab kuat munculnya berbagai macam penyakit kronis. Termasuk didalamnya jantung dan juga kanker.

☑ Mencegah menurunnya fungsi otak

Seiring bertambahnya usia, banyak dari pada organ tubuh yang mengalami penurunan fungsi. Salah satunya seperti otak. Adapun untuk mencehah hal tersebut, bisa Anda tangani dengan mengonsumsi saffron. Pasalnya, kandungan antioksidan dalam saffron sendiri diketahui mampu mempertahankan juga meningkatkan kemampuan kognitif orang dewasa. Dan hal ini juga sangat brkaitan dengan pencegahan penyakit alzheimer yang tak sedikit menyerang para lansia.

☑ Menurunkan berat badan

Sekelompok penelitian dilakukan terhadap sekelompok wanita. Dan hasilnya menunujukkan, bahwasannya wanita yang mengonsumsi saffron selama 8 minggu mengalami penurunan nafsu makanan yang menjadikan ternjadinya penurunan berat badan yang cukup signifikan. Dan hal tersebut berbanding terbalik dengan kelompok wanita yang tidak mengonsumsi suplemen ini.

Dan selain mampu menurunkan berat badan, saffron juga diketahui mampu menurunkan lingkar perut juga massa lemak total pada pasien dengan penyakit jantung koroner.

☑ Meringankan gejala nyeri haid (PMS)

Sutu penelitian juga dilakukan pada sekelompok wanita yang mengonsumsi kapsul 15 mg saffron sebanyak 2 kali sehari. Dan hasilnya, sekelompok wanita tersebut mengalami gejala fisik juga emosional Premenstrual Syndrom (PMS) yang lebih ringan, terlebih jika diba dingkan dengan kelompok wanita yang tidak mengonsumsi kalsul saffron ini.

☑ Membantu pengobatan depresi

Menurut hasil dari berbagai penelitian yang dilakukan pada pasien depresi. Suplemen saffron diketahui dapat menjadi tambahan dalam pengobatan depresi ringan hingga sedang, dengan efek samping cenderung minimal. Saffron sendiri memiliki sifat antiradang, antioksidan hingga neuroproteksi (perlindungan pada saraf).

☑ Menurunkan kadar lemak darah

Manfaat mengonsumsi saffron juga terlihat dalammenurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Bahkan lebih dari itu, kandungan dalam saffron juga mampu meningkatkan konsentarasi kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL).

☑ Membantu pengobatan penyakit diabetes

Pada penelitian awal yang melibatkan tikus uji coba, saffron dioketahui mampu meningkatkan sensitivitas hormon insulin. Sehingga herbal ini mampu menjadi alternatif untuk menurunkan gula darah dengan cepat secara alami.

☑ Meningkatkan gairah seksual

Mengonsumsi saffron sebanyak 30gr setiap hari diketahui mampu meningkatkan kemampuan seksual pada pria maupun wanita. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan bahwasannya pria dapat mengalami kenaikan libido secara signifikan, kemampuan ereksi membaik, kepuasan naik hingga volume air mani yang meningkat. Sedangkan pada wanita, gairah seksualnya dapat meningkat dan cairan lubrikasi akan dihasilkan lebih banyak.

☑ Membantu mencegah dan mengobati kanker

Suatu penelitian yang di Laboraturium menyatakan, bahwasannya saffron diduga mampu menekan laju pertumbuhan sel kanker pada usus. Selain itu, komponen antioksidan dalam saffron yang bernama crocin juga mampu membuat sel kanker menjadi lebih sensitif terhadap kemoterapi.

Manfaat saffron lainnya

Selain itu, masih banyak lagi manfaaat saffron lainnya. Diantaranya baik untuk kesehatan organ tubuh seperti ginjal, paru-paru dan rahim. Adapun untuk kesehatan umum, manfaat saffron juga baik untuk bayi, ibu hamil, ibu menyusui serta bagi Anda kini berikhtiar menjalami program kehamilan (promil) bisa memanfaatkan herbal ini.

Saffron juga bisa menjadi alternatif pengobatan asam lambung, gagal ginjal, hepatitis B dan hipertensi. Bahkan manfaat saffron untuk kecantikan juga ada lho, diantaranya menjaga kesehatan kulit hingga menghilangkan jerawat di wajah.

Bagaimana cara mengonsumsi saffron yang benar?

Menurut penelitian, setidaknya mengonsumsi saffron sebanyak 30 mg perhari sudah cukup memberikan manfaat bagi kesehatan. Selain dalam bentuk kapsul, saffron juga bisa dikonsumsi dengan cara di seduh. Dan pastikan Anda membeli saffron original dari penjual atau produsen yang memiliki reputasi baik, sehingga terjamin keasliannya.

Jangan lupa juga untuk memiliki produk saffron yang telah telah memiliki izin edar BPOM ya seperti produk Bunga Saffron Kashmir. Dan yang perlu Anda perhatikan adalah tidak mengonsumsi herbal ini secara berlebihan. Hal tersebut maka memungkinkan munculnya efek samping, seperti sakit kepala, mulut kering, hingga rasa kantuk. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *