Manfaat pare Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat pare terutama bagi kesehatan ternyata cukup luar biasa. Ya, terlepas dari rasa pahitnya, pare yang telah menjadi bagian dari kuliner Indonesia ini mengandung senyawa nutrisi yang disinyalir baik bagi tubuh. Nah bagi Anda yang ingin mengetahui khasiat pare selengkapnya, Anda bisa simak informasi berikut.

manfaat pare

Pare atau yang memilikki nama ilmiah Momordica charantia merupakan salah satu jenis buah yang sering menjadi buah pelengkap saat menghidangkan siomay. Rasanya yang pahit tak lantas membuat banyak orang tidak menyukainya. Hal tersebut dikarenakan pare diketahui memiliki riwayat yang dianggap sebagai penyembuh sejak lama. Bahkan tak sedikit penelitian yang telah dilakukanuntuk membuktikan pertihal manfaat pare bagi kesehatan.

Pare sendiri kaya akan berbagai senyawa kompleks. Diantaranya seperti vitamin A, vitamin B, folat dan vitamin C. Selain itu, didalamnya juga terkandung mineral yang diantaranya meliputi kalium, kalsium, seng, magnesium, fosfor dan juga zat besi. buah yang dalam bahasa ingrrisnya disebut dengan bitter melon ini juga merupakan sumber serat yang baik. Dan adapun dari segi medis, berbagai penelitian menyoroti adanya sifat antioksidan yang tinggi seperti fenol, flavonoid, isoflavon, anthroquinone serta glucosinolates yang dimilikinya.

Manfaat pare yang luar biasa bagi kesehatan

berikut adalah beberapa potensi manfaat pare bagi kesehatan yang sebaiknya Anda ketahui dan sayang untuk di lewatkan.

Mengurangi gula darah

Jika Anda tengah menderita diabetes, maka mengonsumsi pare mungkin dapat membantu mengelola penyakit yang Anda derita. Hal ini sangat memungkinkan karena pare mengandung charantin, vicine dan polipeptida-p yang mana merupakan zat aktif antidiabetes. Adapun slah satu fungsi charantin ialah dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Sedangkan polipeptida-p dikenal sebagai senyawa yang menyerupai insulin. Dan ketiga zat diatas memiliki efek yang sama yakni mengurangi kadar gula darah.

Meski tampak tak menjanjikan, namun beberapa penelitian klinis telah dilakukan dan ternyata hasilnya menunjukkan bahwa manfaat pare dalam mengendalikan kadar gula darah masih inkosisten dan tidak signifikan. Masih diperlukan penelitian lanjutan untuk mengetahui secara pastipare dapat membantu penderita diabetes. Dan satu hal yang pasti, bahwasannya manfaat pare belum bisa menggantikan ataupun menyamai efektivitas obat antidiabetes, seperti insulin dan obat antidiabetes oral.

Melawan sel kanker

Manfaat pare lainnya yang tak kalah luar biasa adalah kemampuannya dalam melawan sel-sel kanker. Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwasannya pare memiliki sifat antikanker dan berfotensi digunakan sebagai agen pembasmi berbagai jenis kanker. Seperti halnya kanker payudara, usus besar, prostat, hati dan juga knker darah.

Hanya saja penelitian tersebut hanya sebatas penelitian di laboraturium. Efek antikanker dalam manfaat pare ini belum banyak diteliti secara klinis sehingga hasiatnya sebagai pelawan sel kanker pada manusia masih perlu di kaji lebih lanjut.

Antibakteri dan antivirus HIV

Tak sedikit penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun virus yang mungkin dapat diatasi dengan mengonsumsi pare. Ya, ekstrak pare memiliki kemampuan antibakteri terutamainfeksi yang disebabkan oleh bakteri seperti E. Coli, Staphylococcus, Pseudomonas dan streptobaccilus. Bahkan ekstrakk pare juga diketahui dapat mematikan salah satu virus HIV. Akan tetapi, manfaat yang satu ini belum bisa digunakan sebagai antibiotik maupun antivirus secara klinis. Hal tersebut mengingat masih minimnya penelitian yang mendukung data tersebut.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, bahwa pare mengandung antioksidan yang cukup melimpah. Seperti salah satunya vitamin C. Antioksidan sendiri membentuk pertahanan terhadap benda asing yang akan merusak tubuh. Antioksidan akan menyerang radikal bebas dialam tubuh dan menghilangkan senyawa berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan flavonoid seperti a-karoten, lutein dan zeaxanthin yang terdapat didalam pare mampu untuk meningkatkan kesehatan mata Anda. Sehingga manfaat pare lainnya yang bisa Anda dapat adalah meningkatkan penglihatan terlebih di malam hari serta memperlambat degenerasi makula. Senyawa ini sendiri berperan dalam melawan efek penuaan, menghilangkan radikal bebas dan spesies oksigen aktif yang dapat menyebabkan banyak komplikasi.

Meningkatkan kesehatan tulang dan penyembuhan luka

Pare juga mengandung itamin K yang merupakan nutrisi penting dalam mengatur pembekuan darah normal. Selain itu, vitamin K juga menyebarkan kalsium ke seluruh tubuh. Sehingga dengan demikian dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi resiko mengalami patah tulang.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Meski pare termasuk buah yang rendah kalori, namun tetap saja buah ini kaya akan vitamin, serat dan juga mineral. Serat makanan dapat membantu pencernaan yang baik dan gerakan peristaltik makanan dan limbah yang lancar melalui sistem pencernaan. Sehingga pare baik untuk menghilangkan gangguan pencernaan dan mencegah sembelit.

Dan selain dari pada itu, kandungan cgarantin yang cukup tinggi juga mampu membantu meningkatkan serapan glukosa dan sintesis glikogen Anda, yang mana dapat membantu menurunkan berat badan berlebih dan juga mengurangi penyimpann sel-sel lemak.

Nah itulah berbagai manfaat pare yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Selain itu, pare rebus maupun pare mentah baik untuk ibu hamil, penderita darah tinggi, paru-paru, penyakit kista, asam urat, gatal, herves, kolesterol hingga melancarkan haid atau menstruasi. Bahkan tanpa diduga pare juga baik untuk kecantikan lho. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat. Dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *