Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Paling Lengkap

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat lidah buaya ternyata tak hanya berkhasiat sebagai penyubur rambut, melainkan juga baik untuk kesehatan hingga kecantikan kulit. Sehingga tak heran jika pada saat ini ekstrak lidah buaya cukup populer sebagai salah satu komposisi pelembab kulit. Maka dari itu pula, tak sedikit yang menyebutnya sebagai tanaman berkhasiat. Lalu sebenarnya, apa saja kegunaan lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan? Ketahui informasi selengkapnya hanya disini!

manfaat lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang cukup familiar bagi masyarakat Indonesia. Tanaman yang juga sering disebut dengan aloevera ini sendiri masih termasuk dalam famili xanthorrhoeaceae dan masuk ke dalam genus aloe. Tanaman ini sendiri paling mudah di temukan di daerah kawasan kering Afrika, lantaran bentuk tanamannya yang menyerupai kaktus, namun isi dari daunnya sendiri sangat berlendir.

Namun sebaiknya Anda tidak meremehkan tanaman yang satu ini. Karena didalamnya terkandung banyak sekali sejumlah nutrisi dan kandungan alami. Diantaranya seperti protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C. Dan meski Anda kini bisa merasakan khasiat lidah buaya dalam kemasan produk yang lebih praktis, namun hanya saja kandungan didalamnya menjadi sedikit berkurang lantaran melalui proses kimiawi. Maka dari itu, jika Anda ingin merasakan kandungannya secara utuh dan maksimal, maka Anda bisa menggunakan

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan kulit hingga wajah paling lengkap

Berikut adalah berbagai manfaat lidah buaya yang luar biasa untuk kesehatan hingga kecantikan kulit, wajah dan anggahota tubuh lainnya.

1. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu manfaat lidah buaya ialah dapat membantu penyerapan vitamin dan mineral secara maksimal bagi tubuh. Dengan begitu, kekebalan tubuhpun akan meningkat. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi lidah buaya dalam bentuk minuman jus maupun suplemen lidah buaya.
  • Mempercepat penyembuhan luka luar. Kandungan zat antiinflamasi yang terkandung didalamnya sangat berguna untuk menyembuhkan luka luar. Manfaat lainnya ialah kandungan antibakteri didalamnya juga efektif untuk mencegah terjadinya infeksi oleh bakteri sehingga mampu mempercepat penyembuhan luka.
  • Mengatasi iritasi. Lidah buaya juga bisa mengatasi berbagai penyakit akibat iritasi atau radang seperti eksim, psoriasis atau rosacea. Hal tersebut karena salah satu manfaat lidah buaya mampu mengatasi iritasi atau radang di kulit.
  • Menjaga kadar asam tubuh. Sifat alkali yang terdapat didalam lidah buaya akan membantu menjaga kadar asam dalam tubuh atau menyeimbangkan keasaman tubuh.
  • Menghilangkan plak gigi. Tak hanya untuk rambut dan kulit, manfaat dari lidah buaya lainnya juga bisa dijadikan sebagai obat kumur unruk mengurangi dan membasmi plak gigi yang memiliki efek yang hampir sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.
  • Detoksifikasi tubuh. Manfaat lidah buaya lainnya jika dikonsumsi secara teratur sangat baik untuk mempercepat dan melancarkan proses detoksifikasi. Proses ini sendiri merupkan proses untuk mengeluarkan racun yang terdapat didalam tubuh.
  • Menurunkan berat badan. Seperti yang telah di sampaikan sebelumnya, bahwa khasiat lidah buaya mampu membantu proses detoksifikasi. Dan secara tidak langsung juga akan membuat proses metabolisme didalam tubuh meningkat sehingga tidak akan ada timbunan lemak dalam tubuh. Selain itu, pencernaan juga akan terjaga kesehatannya.
  • Sumber asam amino. Perlu Anda ketahui bahwasannya jus lidah buaya engandung 7 dari 8 asam amino yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh secara mandiri. Dan oleh karena itu, salah satu manfaat lidah buaya lainnya adalah terpenuhinya kebutuhan asam amino Anda.
  • Menjaga kesehatan kardiovaskular. Kandungan dalam lidah buaya juga mampu meningkatkan kemampuan disfusi sel darah merah serta transportasi oksigen sehingga masalah kesehatan kardiovaskular seperti halnya jantung dapat diminimalisir sedini mungkin.
  • Sumber vitamin dan mineral. Seperti yang telah kami jelaskan diatas, bahwasannya banyak sekali kandungan lidah buaya yang berguna dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dan beberapa diantaranya adalah vitamin dan mineral.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang masih ataupun telah selesai dalam tahap penelitian oleh para ahli. Diantarannya adalah mengatasi asam lambung tinggi, meningkatkan fungsi liver, menghidrasi tubuh, mengurangi konstpasi, menurunkan gula darah, mengatasi sariawan, tinggi zat antioksidan dan lainnya.

2. Manfaat lidah buaya untuk kecantikan:

  • Wajah: Menghilangkan jerawat, memudarkan bekas jerawat, mencerahkan kulit wajah, menghilangkan komedo, mengecilkan pori-pori wajah, menghaluskan kulit wajah dan lainnya. Adapun untuk memanfaatkannya, Anda bisa memanfaatkan gel lidah buaya pada seluruh permukaan kulit wajah. Dan setelah 30 menit, Anda bisa membilasnya menggunakan air bersih.
  • Kulit tubuh: menjadi tabir surya alami, pereda kulit yang terbakar sengatan matahari, melembabkan kulit, mencerahkan kulit dan menghilangkan bekas luka pada kulit. Adapun untuk mendapatkan manfaat lidah baya untuk kulit tubuh ini, Anda bisa langsung mengaplikasikan gel lidah buaya pada kulit tubuh Anda.
  • Rambut: Menghitamkan rambut, menguatkan akar rambut, membuat rambut menjadi berkilau, menguatkan akar rambut hingga menghilangkan ketombe. Adapun untuk mendapatkan manfaat lidah buaya untuk rambut demikian secara maksimal, Anda bisa mengaplikasikan masker lidah buaya pada rambut secara teratur.
  • Bibir: Menghaluskan bibir, memerahkan bibir, melembabkan bibir hingga mengatasi kulit bibir yang pecah-pecah.

Nah itulah berbagai manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan paling lengkap. Maka dari itu, mulai saat ini Anda bisa sehat dan cantik secara alami dengan memanfaatkan lidah buaya dan melakukan pola hidup sehat tentunya. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan tentunya menjadi wawasan baru bagi Anda. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *