Manfaat Lempuyang Untuk Lambung Dan Kesehatan Tubuh Lainnya

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat lempuyang bagi kesehatan mungkin masih belum banyak diketahui oleh sebagian masyarakat. Padahal salah satu rimpang alami ini memiliki banyak kandungan baik sehingga tak jarang digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan di beberapa merek jamu tradisional. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa simak ulasan singkat berikut ini.

manfaat lempuyang

Lempuyang (zingiber zerumbet) adalah satu jenis rimpang alami yang mana pada saat ini telah di budi dayakan secara komersial terutama di Jawa. Sejatinya, habitat dari tumbuhan lempuyang ini adalah daerah tropis yang mana dapat tumbuh pada ketinggian 1-1200 mdpl. Tanaman ini tumbuh dengan berkembang biak yakni dengan potongan rimpang yang telah bertunas, dimana potongan tunas tersebut akan memperbanyak diri menggunakan biji sebagai medianya.

Lempuyang memiliki bentuk mirip seperti jahe dan lengkuas, yakni umbi dan beruas-ruas. Dan tak jarang tanaman yang dimanfaatkan rimpangnya ini dijadikan sebagai sarana pengobatan alami oleh masyarakat. Hal tersebut tak lain lantaran berbagai kandungan nutrisi dan senyawa alami yang terkandung didalamnya. Adapun berbagai kandungannya diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Minyak atsiri 0, 62%
  • Air 9,39%
  • Kadar pati 52,14%
  • Serat 10,76%
  • A-kurkumen
  • Zingiberen
  • Kariofilen
  • Seskuifelandren
  • Zerumbon (antikejang)
  • Limonen
  • Saponin
  • Zat pegas gingerol
  • Paradol
  • Sogaol
  • Zingeron
  • Heksahidrokurkumin
  • Dihidroge

Rimpang lempuyang sendiri memiliki rasa getir dan cenderung pahit ringan dengan aroma yang khas cenderung wangi. Tak sedikit orang yang mengonsumsinya, mengolah lempuyang dengan cara direbus dengan air, kemudian disaring untuk di minum. Dan untuk hasil lebih pekat, beberapa orang memilihnya dengan memarut rimpang lempuyang kemudian di peras airnya. Selain itu, dapat juga diparut dan ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit atau memerlukan perawatan.

Manfaat lempuyang untuk lambung dan kesehatan tubuh lainnya

Salah satu manfaat lempuyang yang cukup populer di masyarat adalah khasiatnya yang di percaya sangat baik untuk kesehatan lambung dan pengobatan penyakit maag. Dan selain dari pada itu, berikut adalah berbagai manfaat lempuyang selengkapnya.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Salah satu manfaat lempuyang yang cukup terkenal ialah dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Adapun peran metabolisme tubuh sendiri sangat penting guna memproses segala macam nutrisi yang terdapat didalam tubuh agar tidak menumpuk. Selain itu, metabolisme juga berperan dalam menjaga kebugaran tubuh agar selalu terlihat segar dan juga bersemangat dalam melakukan setiap aktivitas.

Meredakan demam

Meski terdengar sepele, namun demam jika tidak segera ditangani dengan baik dapat beresiko memicu kejang. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan lempuyang sebagai obat tradisional untuk mengatasinya. Lempuyang sendiri dipercaya mampu meredakan demam lantaran mengandung paracetamol sekaligus mengandung zat antikejang didalamnya.

Mencegah timbulnya sel kanker

Manfaat lempuyang selanjutnya adalah mampu mencegah timbulnya sel-sel kanker. Ya, lempuyang sangat baik untuk mencegah kanker lantaran mampu untuk menghambat serta mencegah pertumbuhan sel kanker didalam tubuh. Sebagaimana kita ketahui bahwasannya kanker merupakan penyakit ganas dan mematikan. Dan dengan mengonsumsi jamu dan olahan dari umbi lempuyang secara rutin, maka pastinya dapat terhindar dari resiko penyakit kanker ini.

Melancarkan sistem pencernaan

Lempuyang juga dipercaya memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan sekaligus membantu memperlancar sistem pencernaan Anda. Sehinggga Anda dapat terhindar dari masalah sembelit atau sulit buang air besar. Selain itu Anda juga dapat merasakan lega pada lambung yang tersa nual dan begah akibat sistem pencernaan yang tidak berfungsi dengan baik.

Mengatasi diare dan disentri

Khasiat lempuyang selanjutnya adalah dapat membantu mengobati penyakit diare dan disentri. Hal tersebut dikarenakan di dalam lempuyang terdapat senyawa aktif yang dapat membantu mengurangi gejala dari permasalahan kesehatan yang menyerang sistem pencernaan di tubuh ini.

Mangatasi batuk rejan

Meski nampak sepele, namun batuk rejan nyatanya sangat mengganggu kenyamanan dan aktivitas penderitanya. Adapaun salah satu alternatif pengobatannya adalah dengan menggunakan lempuyang. Dan untuk mendapatkan manfaat lempuyang untuk batuk ini Anda bisa mencampur rimpang lempuyang dan bawang merah yang telah di bakar juga tambahkan kayu manis kemudian tumbuk. Setelah itu, peras hingga mengeluarkan cairan yang nantinya akan diminum.

Mengatasi rematik

Lempuyang juga di percaya baik untuk mengobati penyakit rematik. Adapun untuk cara pengolahan lempuyang sebagai obat rematik herbal, Anda bisa mencampur rimpang lempuyang dan cabe jawa yang telah dilumatkan dengan campuran nasi kering. Setelah tercampur secara merata, kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang terasa sakit akibat rematik.

Mengatasi masuk angin

Daya tahan tubuh yang melemah dapat memicu masuk angin yang dapat menghambat kinerja tubuh secara maksimal. Dan untuk mengobati gangguan kesehatan ini, Anda dapat menggunakan lempuyang sebagai obat herbal yang dikombinasikan dengan bahan alami lainnya untuk meningkatkan efektifitas khasiatnya. Caranya cukup dengan mencampurkan air perasan lempuyang dan campurkan dengan 2 sendok madu dalam setengah gelas air hangat. Minum 2 kali sehari secara teratur agar kondisi tubuh membaik.

Mengatasi malaria

Saat tubuh mengalami penyakit malaria, salah satu herbal yang patut Anda coba untuk mengatasinya adalah lempuyang. Caranya cukup dengan mengonsumsi setengah gelas ramuan lempuyang yang di campur dengan perasan nanas dan garam secukupnya. Selain dapat mengatasi malaria, mengonsumsi ramuan ini 2 kali sehari juga dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengatasi tekanan darah rendah

Tubuh yang mengalami gejala tekanan darah rendah tentu akan menghambat aktivitas sehari-hari. Mulai dari tubuh yang terasa lemas, pandangan kabur hingga pingsan. Kandungan yang terdapat didalam lempuyang di percaya mampu menambah jumlah trombosit dalam darah. Untuk cara pengolahannya, Anda bisa merebus parutan lempuyang, gula dan air hingga mendidih. Setelah dingin saring dan minum sebanyak 3 kali sebanyak 1 sendok makan dalam satuhari.

Selain daeri pada itu, masih banyak lagi manfaat lempuyang untuk kesehatan. Diantaranya sebagai alternatif pengobatan TBC, mengatasi iritasi akibat alergi, mengatasi gejala ambeien dan mengobati kaki bengkak pasca melahirkan. Bahkan selain untuk kesehatan, manfaat lempuyang untuk kecantikan juga cukup melimpah. Diantaranya untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan membantu menurunkan berat badamn. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *