Manfaat Kurma Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat kurma yang begitu melimpah ternyata masih belum diketahui oleh sebagaian orang, mungkin salah satunya adalah Anda. Padahal buah asli dari negara timur tengah ini memiliki sejumlah kebaikan terutama bagi kesehatan dan kecantikan. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui berbagai khasiat kurma secara lengkap, ada baiknya Anda simak ulasan singkat berikut.

manfaat kurma

Kurma atau dalam bahasa arab sering disebut dengan tamr merupakan jenis tanaman palma (arecaceae), yang mana menghasilkan buah bercita rasa manis dan lezat untuk dimakan. Tanaman yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera ini dipercaya berasal dari tanah sekitar teluk persia, yang mana tanaman ini telah sejak lama dibudidayakan terutama di negara Arab, mesir dan beberapa negara timur tengah lainnya. Sehingga jika dikelompokan dari tempat negara budidayanya, kurma terbagi ke dalam beberapa jenis. Beberapa diantaranya seperti kurma ajma, kurma arab, kurma tunisia, kurma aljazira dan lainnya.

Di bulan ramadhan, buah kurma menjadi salah satu buah favorit yang banyak dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Hal tersebut lantaran terdapat Anjuran dari Rasululloh yang menyebutkan, bahwa kurma menjadi takjil yang paling utama. Dan ternyata tak hanya memiliki rasa manis, banyak dari pakar kesehatan dunia juga menyebutkan bahwasannya kurma ternyata memiliki segudang vitamin dan nutrisi didalamnya yang baik untuk dikonsumsi termasuk untuk mencakup asupan ketika berpuasa.

Dan dalam 100 gr kurma diketahui mengandung nutrisi sebanyak: 277 kalori, 75 gr karbohidrat, 7 gr serat, 2 gr protein, 20% dari RDI (Recommended Daily Intake) kaliaum, 14% dari RDI magnesium, 18% dari RDI tembaga, 15% dari RDI mangan, 5% DARI rdi besi, 12% dari RDI vitamin B6, serta masih banyak kandungan lainnya seperti glukosa, sukrosa dan fruktosa. Maka dari itu, tak heran jika kurma memiliki manfaat yang berlimpah untuk manusia.

Manfaat kurma yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan

Berikut adalah berbagai khasiat kurma, baik itu kurma basah maupun kurma kering yang perlu Anda ketahui.

Memulihkan energi setelah berpuasa

Menurut dokter spesialis gizi klinis dari RS. Pondok Indah dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK menuturkan bahwasannya berbuka dengan 2-3 buah kurma mampu mengembalikan kadar gula darah yang turun selama seharian berpuasa. Karena kurma setidaknya memiliki 50-70% kandungan glukosa, yang mana mampu memulihkan energi setelah berpuasa dengan lebih cepat dibandingkan makanan lainnya. Untuk itu, jangan lupa untuk mengonsumsi kurma saat berbuka dan sahur agar tubuh tetap bugar selama berpuasa.

Menguatkan sel-sel pada usus

Manfaat kurma yang selanjutnya adaklah mampu menguatkan sel-sel usus. Apabila kita sering mengonsumsi kurma terutama jenis kurma kering, maka dipercaya sel-sel usus akan menjadi semakin kuat. Hal ini tentu membantu saluran pencernaan menjadi lebih sehat.

Menambah berat badan secara sehat

Jika Anda kini berniat untuk menambah berat badan Anda, maka manfaat kurma yang satu ini bisa Anda dapatkan. Ya, mengonsumsi kurma secara teratur diyakini mampu membantu Anda dalam meningkatkan berat badan secara sehat. Kandungan zat gula sehat, vitamin serta protein yang terkandung didalamnya memiliki kemampuan untuk meningkatkan berat badan.

Memperkuat tulang

Didalam kurma juga terkandung berbagai jenis mineral yang mampu membantu dalam memperkuat tulang serta melawan osteoporosis. Kurma juga mengandung selenium, mangan serta tembaga yang mana semuanya berkontribusi dalam meningkatkan kepadatan tulang. Jika Anda ingin menrasakan manfaat kurma yang satu ini, maka Anda bisa mengonsumsi kurma secara teratur.

Mengatasi sembelit

Tak sedikit dari pada ahli kesehatan yang menyarankan untuk mengonsumsi buah kurma pada para penderita sembeli. Hal tersebut dikarenakan didalam kurma sendiri terkandung serat sehat yang mampu meningkatkan pergerakan usus, sehingga mampu meredakan sembelit yang terjadi.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan kalium dan magnesium yang terdapat dalam kurma nyatanya sangat bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi. Pasalanya kedua kandungan tersebut cukup efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah.

Mengatasi anemia

Kurma diketahui mengandung zat besi, vitamin C dan vitamin B6 yang cukup tinggi. Semua kandungan tersebut ssangat baik untuk produksi hemoglobin, yang mana mampu mengobati penyakit anemia.

Mencegah beberapa penyakit

Manfaat kurma yang selanjutnya ialah mampu mencegah sejumlah penyakit. Hal tersebut lantaran kurma segar diketahui tidak mengandung kolesterol dan rendah akan kalori. Adapun kandungan kalori dan buah kurma hanya sekitar 23 kalori. Dan selain itu, manfaat kurma juga terkenal mampu melindungi tubuh dari keruksakan sel, sehingga mampu mencegah penyakit stroke, jantung bahkan mencegah kanker sekalipun.

Membantu pemulihan setelah melahirkan

Kurma juga dipercaya dapat membantu memulihkan kondisi ibu yang baru melahirkan. Hal tersebut karena didalam kurma ternyata terdapat hormon yang mirip dengan hormon oksitoksin yang mana disebut-sebut membantu pemulihan setelah melahirkan. Sehingga dengan mengonsumsi kurma basah secara teratur mampu mencegah pendarahan setelah melahirkan dan membantu proses pemulihan dalam rahim.

Membantu melancarkan ASI

Tak hanya berfungsi untuk memulihkan kondisi tubuh ibu yang baru melahirkan, mengonsumsi kurma juga mampu membantu produksi Air Susu Ibu atau ASI. Manfaat kurma untuk ibu menyusui ini dikarenakan kurma yang sudah matang ternyata mengandung zat besi dan kalsium yang bisa membantu produksi ASI menjadi lebih baik. Dan tak hanya itu, kurma juga dipercaya membantu pembentukan darah sekaligus tulang sum-sum pada bayi semenjak mereka dalam kandungan.

Perawatan kecantikan kulit

Tak hanya baik untuk kesehatan, kurma juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan kulit. Didalam kurma mengandung vitamin A, C dan E yang mana sangat penting untuk proses regenerasi kulit. Untuk itu, rajin-rajinlah untuk mengonsumsi kurma agar kulit tetap mulus dan terhindar dari permasalahan penuaan dini.

Selain dari pada itu, masih banyak manfaat kurma lainnya. Diantaranya baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin, anak, bayi, menjaga kesehatan ginjal, baik untuk penderita diabetes, diet, program kehamilan dan masih banyak lagi sesuai dengan jenis kurma yang dikonsumsi. Jika ingin merasakan khasiat kurma secara praktis dan lezat namun khasiat tetap melimpah, Anda bisa mengonsumsi “KURMAQU” yang merupakan perpaduan sari kurma asli plus royal jelly. Untuk informasi produk selengkapanya bisa >> Klik Disini. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *