Manfaat Kulit Apel Untuk Kesehatan Yang Masih Jarang Diketahui

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat kulit apel ternyata tak kalah luar biasanya dengan buah apel yang telah diketahui baik untuk kesehatan. Karena faktanya, separuh dari pada kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat didalam buah apel berasal dari kulitnya. Dan setelah menyimak ulasan berikut ini, sebaiknya Anda tidak lagi membuang kulit apel pada saat mengonsumsi buahnya ya.

manfaat kulit apel

Siapa yang tak kenal dengan buah apel. Buah yang memiliki rasa manis dan menyegarkan ini tak jarang menjadi salah satu buah favorit bagi semua orang. Namun selain dari pada itu, kandungan yang terdapat didalamnya juga tak usah di ragukan lagi. Bahkan sampai ada asumsi yang menyatakan bahwasannya mengonsumsi buah apel setiap hari dapat menjauhkan Anda dari pada dokter.

Menurut hasil dari berbagai penelitian yang telah dilakukan, buah apel terbukti mampu melancarkan pencernaan, baik itu untuk pernapasan, menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, hingga mencegah stroke dan tumor. Akan tetapi, jika Anda menyukai buah apel tanpa memakan kulitnya jangan senang terlebih dahulu. Karena pada kenyataannya, hampir semua manfaat kesehatan apel tak hanya berasal dari daging buahnya, melainkan juga berasal dari kulitnya lho.

Manfaat kulit apel untuk kesehatan yang luar biasa dan masih jarang diketahui

Dikutip dari berbagai sumber terpercaya, terdapat 12 manfaat kesehatan yang bisa didapatkan deri kulit buah bergaing renyah ini. Dan untuk merasakan berbagai manfaatnya, Anda bisa mencuci apel terlebih dahulu kemudian konsumsi apel beserta kulitnya nagar semua manfaat kesehatannya bisa Anda rasakan. Adapun berbagai khasiat kulit apel selengkapnya adalah sebagai berikut.

√ Menjaga kesehatan gigi

Manfaat kulit apel untuk menyehatkan gigi diantaranya mampu mencegah terjadinya keruksakan gigi dan gigi yang berlubang. Proses mengunyah apel bersama kulitnya juga mampy membuat gigi menjadi lebih putih dan sehat dengan meningkatkan prosuksi air liur dalam mulut.

√ Menyehatkan tulang

Didalam kulit apel terkandung kalsium yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Kalsium sendiri sangat di perlukan oleh tulang. Hal tersebut dikarenakan hilangnya kalsium dapat memicun tul;ang menjadi lemah dan rapuh atau yang sering dikenal dengan istilah osteoporosis.

√ Baik untuk penderita anemia

Mengonsumsi buah apel beserta kulitnya juga baik untuk ibu hamil lantaran kaya akan asam folat dan juga zat besi. Kandungan zat besi didalam kulit apel juga baik untuk orang yang menderita anemia. Karena selain asam folat dan zat besi, kulit apel juga kaya akan kalsium, fosfor, kalium, magnesium, seng dan zat bernutrisi lainnya.

√ Baik untuk diabetes

Kandungan yang terdapat didalam kulit apel juga diokenal baik untuk mengatur tekanan gula darah. Salah satunya seperti antioksidan yang mampu memerangi aktivitas enzim yang memcah zat tepung menjadi gulu sehingga mampu mengurangi tingkat gula darah.

√ Menurunkan resiko katarak

Kulit buah apel juga diketahui dapatmenurunkan resiko katarajk. Untuk itu,konsumsi apel beserta kulitnya secara rutin, karena terbukti baik untuk kesehatan Anda.

√ Mengobati batu empedu

Apel merupakan salah satu makanan sehat bagi penderita batu empedu. Hal tersebut karena kulit apel kaya akan seratsehingga mampuy mencegah akumulasi batu pada kantung emnpedu. Batu empedu sendiri terbentuk lantaran terlalu banyak kolesterol. Dan serat sendiri dapat menghilangkan tumpukan kolesterol tersebut.

√ Mengatasi masalah pernapasan dan paru-paru

Mengonsumsi daging buah apel beserta kulitnya juga dipercaya mampu mengatasi masalah pernapasan. Kandungan didalam buah apel yang bernama quercetindipercaya dapat membantu paru-paru berfungsi kembali dengan baik.

√ Mencegah hilangnya memori

Senyawa alami querticin yang terkandung dalam kulit apel juga mampu melindungi sel otak dari keruksakan dan mencegah hilangnya memori. Zat tersebut juga mampu meningkatkan konsentrasi juga menangani masalah kepikunan.

√ Melindungi tubuh dari penyakit

Kulit apel juga diketahui kaya akan flavonoid, fitokimia dan juga antioksidan. Ketiga zat tersebut memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, juga membantu tubuh untuk melawan infeksi.

√ Mencegah kanker

Didalam kulit buah apel juga terkandung senyawa yang disebut dengan triterpenoid. Senuyawa ini memiliki sifat untuk melawan kanker juga membantu melindungi dari kanker. Seperti halnya kanker hati, payudara dan kanker usus besar.

√ Menjaga kesehatan jantung dan saluran cerna

Perlu untuk Anda ketahui, bahwasannya didalam kulit apel terkandung serat larut dan tidak larut. Dan hampir semua serat dalam apel di temukan di dalam kulitnya. Serat ini dapat membantu mencegah penyakit jantung seperti halnya serangan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol. Selain itu serat juga membantu untuk mengobati masalah pencernaan seperti sembelit.

Nah itulah berbagai manfaat kulit apel untuk kesehatan yang masih jarang diketahui. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat bagi Anda. Maka dari itu, mulai sekarang konsumsi buah apel secara utuh tanpa membuang kulitnya ya. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *