Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Dan Cara Penggunaan Yang Tepat

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat ketumbar pada dasarnya memang hanya sebagai salah satu bumbu dapur. Namun lebih dari pada itu, pada kenyataannya ketumbar memiliki lebih banyak khasiat terutama bagi kesehatan. Meski demikian, bahan alami ini juga memiliki potensi negatif apabila cara pemanfaatannya tidak tepat. Nah jika Anda ingin mengetahui informasi selengkapnya mengenai manfaat ketumbar dengan cara penggunaannya yang benar sebaiknya simak ulasan berikut ini.

manfaat ketumbar

Ketumbar atau yang lebih dikenal sebagai bumbu masak ini merupakan biji tanaman ketumbar yang dikeringkan. Adapun bentuk aslinya menyerupai bola-bola kecil berwarna putih, dan biasanya akan digerus atau ditumbuk hingga bubuk. Biji ketumbar utuh mampu bertahan 1-2 tahun apabila disimpan dalam wadah kedap udara. Sedangkan bubuk ketumbar dapat bertahan hingga 6 bulan.

Adapun jika dilihat dari segi nutrisi, bumbu masak ini ternyata cukup kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Dari dua sendok makanan bubuk ketumbar diketahui dapat mengandung:

  • 30 kalori
  • 1,8 gr lemak
  • 1,2 gr protein
  • 5,6 gr karbohidrat
  • 4 gr serat

Selain dari pada itu, mengonsumsi ketumbar juga mampu mendukung kebutuhan harian hingga 8% kalsium, 10% zat besi, 4% vitamin C serta 68% vitamin K.

Manfaat ketumbar bagi kesehatan menurut penelitian ahli

Berbagai penelitian yang telah dilakukan mengungkapkan, bahwasannya ketumbar memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan. Meski beberapa masih beranggpan memerlukan penelitian lebih lanjut. Dan berikut adalah berbagai manfaat ketumbar bagi tubuh yang perlu Anda ketahui.

Mencegah kanker

Rempah-rempah seperti ketumbar diketahui mampu menghambat pembentukan hetrocyclic amine (HCA) pada daging yang di masak. Ini sangat penting lantaran mengonsumsi makanan yang mengandung HCA sering di hubungkan dengan meningkatnya resiko kanker. Adapun HCA sendiri merupakan bahan kimia yang terbentuk saat daging di masak dengan suhu yang terlalu tinggi.

Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat ketumbar lainnya diketahui mampu melancarkan hingga mengatasi berbagai masalah pencernaan. Diantaranya seperti menangani sakit perut, konstipasi, cacingan, kehilangan nafsu makan, mual, kejang usus dan buang gas. Bahkan manfaatnya juga sering kali di kait-kaitkan dengan pencegahan penyakit hernia.

Menurunkan resiko terjangkit penyakit mata

Menurut sebuah penelitian ditemukan bahwasannya ketumbar dan daun kemangi mengandung keratenoid beta-karoten dalam kadar yang cukup tinggi. Selain itu, didalamnya juga terkandung senyawa beta-kryptoxanthin, zeaxanthin serta lutein yang turut berperan sebagai zat antioksidan. Sehingga dengan mengonsumsi makanan mengandung keratenoid seperti ketumbar mampy menurunkan resiko terserang penyakit mata hingga beberapa jenis kanker.

Mengatasi permasalahan kesehatan lainnya

Ketumbar juga tak jarang mampu mencegah hingga menangani masalah kesehatan lainnya seperti sakit gigi, nyeri otot, ambeien, campak, diabetes, arthritis, osteoporosis, rematik, infeksi jamur dan bakteri, menurunkan kolesterol jahat, serta melancarkan ASI pada ibu menyusui. Kandungan zat besi didalam ketumbar juga di percaya mampu membantu melancarkan peredaran darah. Dan disamping itu, ketumbar juga disebut-sebut mampu membunuh parasit, mengatasi konstipasi serta sindrom iritasi usus meski dugaan-dugaan ini perlu diteliti lebih lanjut.

Bahkan tak hanya untuk kesehatan, manfaat ketumbar untuk kecantikan juga layak di perhitungkan. Hal tersebut lantaran ekstrak biji ketumbar juga menghasilkan minyak atsiri dan aleoresin. Sehingga kini tak sedikit dari perusahaan kosmetik, sabun mandi, parfum hingga aroma terapi menggunakan bahan alami yang satu ini.

Cara penggunaan ketumbar yang tepat untuk kesehatan

Pada dasarnya, Pada dasarnya, suplemen herbal yang terbuat dari ketumbar dapat tersedia dalam beberapa bentuk dan dosis. Diantaranya seperti bubuk, tablet, sirup dan minyak. Adapun selain itu, Anda juga dapat mengaplikasikan ketumbar pada makanan Anda atau Anda mengonsumsi air ketumbar. Caranya cukup rendam satu sendok makana biji ketumbar dalam segelas air selama beberapa jam. Setelah itu saring, dan konsumsi air ketumbar secara teratur.

Untuk aturan penggunaan atau dosis tanaman herbal termasuk ketumbar, mungkin akan berbeda pada setiap orang. Hal tersebut tergantung usia, kesehatan dan beberapa kondisi lainnya. Mengingat dalam jumlah tertentu obat herbal tidak selalu aman dikonsumsi. Untuk itu, diskusikan dengan para ahli herbal ataupun dokter untuk dosis yang cukup dalam pemanfaatan herbal ini.

Sekian informasi mengenai manfaat ketumbar bagi kesehatan. Selain manfaat, herbal ini juga kemungkinan dapat menimbulkan efek samping. Adapun efek samping ketumbar yang dapat timbul adalah sakit kepala, sakit perut, mual dan muntah, anoreksia, reaksi alergi hingga hipersensitivitas. Semoga apa yang telah telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi Anda dan tentunya menambah wawasan baru Anda di dunia kesehatan.Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *