9 Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan Yang Masih Jarang Di Ketahui

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat kapulaga ternyata tak hanya sekedar rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Lebih dari itu, kapulaga ternyata memiliki banyak khasiat khususnya bagi kesehatan begitu melimpah. Sayangnya, hal ini belum banyak diketahui. Jika Anda ingin mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa simak informasi berikut.

Mengenal kapulaga dan kandungan nutrisi didalamnya

9 Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan Yang Masih Jarang Di Ketahui

Kapulaga atau kapol merupakan jenis rempah yang pada umumnya sering kali digunakan sebagai penambah rasa serta aroma dalam masakan Asia dan timur tengah. Rempah yang dihasilkan dari biji tanaman keluarga Zingiberaceace atau yang lebih dikenal dengan sebutan jahe-jahean. Namun tak hanya itu, Biji, minyak dan ekstrak kapulaga juga telah dimanfaatkan sebagai obat sejak berabad-abad yang lalu.

Selain sifat antiinflamasi, antidireutik dan antioskidan, beberbagai kandungan khusus dalam kapulaga, diantaranya meliputi teropinine, borneol, eucalpytol, camphor dan limonene. Di India dan arab Saudi, kapulaga terkenal sangat baik untuk mengatasi kolesterol hingga mencegah kanker. Selain itu, rempah ini juga diduga memiliki sejumlah khasiat untuk mengatasi masalah kesehatan lainnya.

Di Indonesia sendiri, jenis kapulaga yang banyak ditemui ialah Amomum Compactum (kapulaga Jawa) dan Elettaria Xardamomun (Kapulaga India atau kapulaga sabrang). Bedanya, jika kapulaga Jawa memiliki bentuk bulat dan berwarna merah, kapulaga India diketahui berwarna kehijauan dengan tekstur berserat dengan bentuk lonjong.

Manfaat kapulaga yang luar biasa dan masih jarang diketahui

Berikut adalah berbagai khasiat kapulaga yang telah rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

1. Membantu mengontrol tekanan darah tinggi

Para peneliti melihat bahwa kadar antioksidan yang cukup tinggi dan efek diuretic dalam kapulaga bertanggung jawab dalam menurunkan tekanan darah. Hal tersebut terbukti dari suatu studi yang telah dilakukan.

Para peneliti memberikan 3 gram bubuk kapulaga perhari pada orang dewasa yang diketahui memiliki tekanan darah tinggi atau hiprtensi. Dan setelah 12 minggu, tingkat teanan darahnmereka menurun secara drastis. Dan faktanya, status antioksidan partisipan meningkat hingga 90% pada akhir studi.

2. Menjaga kesehatan ginjal dan saluran kencing

Manfaat kapulaga lainnya untuk kesehatan yakni dipercaya efektif dalam menyelesaikan masalah buang air kecil. Selain diketahui baik untuk kesehatan ginjal, kandungan direutik dalam kapulaga juga diketahui efektif untuk mencegah penyakit seperti infeksi saluran kemih hingga mengatasi pradangan pada ginjal. Dengan kesehatan ginjal dan saluran kemih yang terjaga, maka akan sangat membantu dalam kelancaran sistem ekresi tubuh.

3. Melawan Kanker

Pada sejumlah studi lainnya juga menujukkan bahwa bubuk payulaga diketahui dapat membantu meningkatkan aktivitas beberapa enzim yang kemudian melawan kanker. Bumbu rempah ini juga mampu meningkatkan kemampuan sel-sel guna menghadang berbagai tumor.

4. Mengatasi berbagai peradangan

Kapulaga juga diketahui begitu kaya akan komponen-komponen yang dapat melawan peradangan. Adapun peradangan terjadi biasanya saat tubuh Anda terpapar benda asing. Dan tahukah Anda? dalam jangka panjang, hal ini bisa berujung pada berbagai macam penyakit kronis.

Dan pada sejumlah penelitian menemukan, bahwasannya mengonsumsi bubuk kapulaga mampu menurunkan peradangan pada hati, yang mana disebabkan oleh pola makan tinggi karbohidrat juga lemak.

5. Menjaga kesehatan mulut hingga tenggorokan

Kapulaga diketahui memiliki sifat antiinflamasi yang dipercaya mampu meredakan gejala sariawan hingga radang tenggorokan. Rempah sekaligus herbal ini juga dipercaya mampu meredakan napas yang tidak sedap, sehingga napas Anda menjadi lebih segar.

6. Mengurangi stres

Khasiat kapulaga juga dipercaya mampu memperbaiki suasana hati serta mengurangi stres. Hal tersebut dikarenakan kapulaga juga dipercaya sebagai obat herbal yang memiliki sifat antidepresan. Mengonsumsi maupun menghirup aroma kapulaga secara rutin juga diketahui dapat merilekskan tubuh dan memperbaiki mood. Sehingga dengan begitu, Anda bisa mengurangi hingga menghindari stres.

7. Menyehatkan paru-paru

Suatu penelitian yang dilakukan di Universitas Nitte di Mangalore, India menemukan bahwa sumber minyak atsiri dalam kapulaga mampu meningkatkan sirkulasi dalam tubuh. Sehingga kapulaga juga sering dimanfaatkan dalam berbagai terapi tradisional, seperti aromaterapi untuk pengobatan asma dan bronkitis, dengan cara meningkatkan sirkulasi darah ke paru-paru.

8. Memilihara kesehatan kulit

Banyaknya nutrisi yang terdapat didalam kapulaga dan baik untuk memeihara kesehata kulit. Diantaranya seperti vitamin, antioksidan dan minyak atsiri yang mana dapat menghambat keruksakan akibat radikal bebas, memperlambat pembentukan keriput serta mencegah penuaan dini.

Kandungan antioksidan didalamnya juga dapat membantu mencerahkan kulit. Selain daripada itu kapulaga juga diduga memiliki kandungan yang dapat mengatasi masalah kulit lainnya seperti bisul yang disebabkan oleh alersi makanan maupun karena pola hidup kurang bersih.

9. Melancarkan pencernaan

Kapula juga dikenal sangat baik dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal tersebut dikarenakan rempah ini mengandung serat cukup tinggi. Dan di setiap satu sendok kapulaga diketahui mengandung 2 gram serat. Adapun beberapa manfaatnya untuk masalah pencernaan adalah, mengatasi sembelit, mengatasi sakit perut, kejang usus, memperbaiki nafsu makan hingga mengontrol empedu dan asam lambung.

Nah itulah berbagai manfaat kapulaga bagi kesehatan yang masih jarang diketahui. Selain dari pada yang telah di paparkan diatas, kapulaga juga diyakini memiliki khasiat lainnya seperti menambah nafsu makan, menyehatkan tulang, mengatasi kedinginan, batuk, flu dan sinusitis. Kini suplemen kapulaga telah telah tersedia dalam bentuk sedian cairan, bubu, biji (kering dan utuh) serta teh, sehingga Anda bisa lebih mudah mengonsumsinya. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *