Manfaat Jeruk Nipis Terlengkap Untuk Kesehatan Hingga Kecantikan

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan maupun kecantikan nyatanya tidak perlu di ragukan lagi. Bahkan selain itu, buah ini juga tengah tren sebagai salah satu cara alternatif untuk diet. Hal tersebut tentu lantaran kandungan nutrisi dan zat alami didalamnya begitu melimpah ruah. Namun sayangnya, masih ada beberapa orang yang belum mengetahui akan hal ini. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja kegunaan jeruk nipis selengkapnya, Anda bisa menyimak ulasan singkat berikut ini ya.

manfaat jeruk nipis

Jeruk nipis adalah salah satu jenis jeruk, yang diketahui memiliki kandungan vitamin C paling tinggi diantara jenis jeruk lainnya. Meskipun rasanya masam dan agak sedikit kecut, aroma yang dihasilkan oleh jeruk nipis cukup menyegarkan. Tak ayal membuatnya sering kali dijadikan sebagai salah satu campuran dalam makanan maupun minuman yang cocok dikonsumsi saat cuaca panas.

Dan jika kita berbicara mengenai kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya, jeruk nipis ternyata mengandung banyak sekali kandungan nutrisi didalamnya. Selain vitamin C didalamnya juga terkandung Karbohidrat, lemak, protein, serat, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalsium, kalium, seng, gula, vitamin B1, B2, B3 dan vitamin B5. Tak lupa didalamnya juga terkakandung asam sitrat yang menjadikannya asam.

Nah, karena berbagai kandungan didalamnya, banyak dari para ahli yang melakukan banyak penelitian terhadap buah ini. Dan tak dapat di pungkiri, menurut sejumlah hasil penelitian menunjukkan bahwasannya jeruk nipis teruji memiliki banyak sekali khasiat terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Lalu, apa saja manfaat dari jeruk nipis selengkapnya?

Manfaat jeruk nipis terlengkap untuk kesehatan hingga kecantikan

Tak kalah dengan manfaat lemon yang juga kaya akan vitamin C, berikut adalah berbagai khasiat jeruk nipis yang telah kami rangkum selengkapnya hanya untuk Anda.

1. Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan:

  • Meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan antioksiodan berupa flavonoid yang terkandung dalam jeruk nipis sangat membantu untuk membantu meningkat kekebalan tubuh Anda. Untuk itu, jika kondisi tubuh Anda ingin tetap bugar, cobalah untuk meminum air perasan jeruk nipis setiap harinya.
  • Menyeimbangkan pH. Kandungan PH (keseimbangan asam dan basa dalam tubuh) yang tidak seimbang bisa menyebabkan Anda sakit. Dan jeruk nipis mengandung asam bisa menyeimbangkan pH dalam tubuh Anda.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat jeruk nipis yang satu ini berasal dari kandungan kalium yang terkandung didalamnya
  • Mengobati asam urat. Dengan mengonsumsi segelas air jeruk nipis setiap pagi juga mampu mengatasi masalah asam urat. Hal tersebut ;antaran kandungan asam sitrat didalamnya menjadi faktor penting yang berguna untuk melarutkan asam urat secara alami.
  • Mencegah kanker. Didalam jeruk nipis terkandung senyawa liminoid yang memiliki peranan penting sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh. Sehingga dapat menurunkan resiko sebagian jenis kanker. Diantaranya seperti leukimia, kanker lambung dan kanker usus besar.
  • Menurunkan kolesterol. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa jeruk nipis mengandung flavonoid yang merupakan jenis antioksidan kuat. Selain mampu menangkal radikal bebas, antioksidan ini juga ternyata mampu mengurangi kolesterol tinggi. Nah untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis untuk kolesterol ini Anda bisa mengonsumsi segelas air jeruk nipis hangat dimalam hari sebelum tidur secara teratur.
  • Menjaga kesehatan ginjal. Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis mampu mencegah terjadinya proses pengikatan mineral lain yang dilakukan oleh kalsium. Dan dengan meminum air perasan jeruk nipis setiap hari, maka akan dapat menyehatkan ginjal dan mencegah terjadinya batu ginjal.
  • Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak. Kandungan antibakteri pada jeruk nipis akan membasmi kuman dan bakteri penyebab sakit gigi atai gusi bengkak. Unutk caranya, cukup peras 2 buah jeruk nipis, campurkan dengan segelas air hangat dan kemudian gunakan untuk berkumur.
  • Meredakan radang tenggorokan. Jika Anda kini tengah mengalami radang tenggorokan yang menyebabkan Anda susah menelan makanan, Anda bisa mencoba mengatasinya secara alternetif dengan jeruk nipis. Caranya, peras 1 buh jeruk nipis, tambahkan 3 sdm madu dan minum 2 kali sehari dengan sekali minum 2 sdm.
  • Mengatasi susah buang air kecil. Mengonsumsi air jeruk nipis setiap pagi ketahuimampu membantu sistem direutik Anda kembali normal. Hakl tersebut dikarenakan jeruk nipis dapat membantu tubuh Anda untuk mengeluarkan racun dari hati melalui enzim detoksifikasi yang terdapat didalam hati.
  • Menjaga kesehatan sitem limpa. Dengan mengonsumsi air jeruk nipis setiap pagi juga diketahui dapat membuat sistem limpa Anda lebih baik. Limmpa sendiri merupakan sistem integral dari sistem kekebalan tubuh manusia, sebagaimana limfosit bertanggung jawab untuk memproduksi antibodi untuk melawan penjajah asing.
  • Membantu kinerja otak lebih optimal. Jeruk nipis mengandung senyawa potasium dan magnesium yang cukup tinggi. Dengan begitu, jika Anda mengonsumsi air jeruk nipis secara rutin, maka dapat membuat sistem otak bekerja secara maksimal. Selain itujuga dapat mencegah dehidrasi, sehingga dapat membuat Anda menjadi lebih fokus lantaran memiliki energi yang cukup.

2. Manfaat jeruk nipis untuk diet:

  • Menurunkan berat badan. Mengonsumsi teh jeruk nipis dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak. Sehingga secara perlahan dapat menghilangkan lemak dalam tubuh. Adapun untuk caranya, Anda bisa menyiapkan sekantung teh celup atau 3 sendok teh. S 1 buah jeruk nipis dan segelas air panas. Kemudian seduh teh dan campurkan perasan jeruk nipis ke dalamnya dan konsumsi secara rutin.
  • Menjaga berat badan ideal. Sama seperti poin sebelumnya, yakni jeruk nipis mampu melancarkan metabolisme tubuh. Dan oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi air perasan jeruk nipis setiap hari bagi Anda yang mencoba ingin diet agar berat badan tetap ideal secara alami.

3. Manfaat jeruk nipis untuk rambut:

  • Menebalkan rambut. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat mendorong petumbuhan akar rambut. Dan Anda bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk mebalkan rambut termasuk menebalkan alis dan bulu mata hingga mengatasi kebotakan.
  • Menghilangkan ketombe. Selain menebalkan rambut, penggunaan jeruk nipis secara teratur pada kulit kepala juga mampu digunakan untuk membasmi ketombe.

4. Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan dan wajah:

  • Mencerahkan wajah. Berkat kandungan vitamin C dan antioksidan cukup tinggi didalam jeruk nipis, buah masam ini diketahui mengandung sederet khasiat untuk kecantikan salah satunya mencerahkan wajah. Cara kerjanya yakni dengan mengangkat sel kulit mnati di wajah. Untuk caranya, peras 1 buah jeruk nipis dan oleskan air perasan jeruk nipis tersebut pada wajah. Diamkan selama beberapa menit dan cuci muka dengan air bersih.
  • Mengencangkan kulit. Tak hanya mampu mencerahkan kulit wajah, manfaat jeruk nipis untuk wajah juga sering kali digunakan sebagai cara mengencangkan kulit wajah yang alami. Adapun untuk caranya sama dengan poin sebelumnya,
  • Mengobati dan menghilangkan jerawat. Sifat antibiotik yang terkandung dalam jeruk nipis diketahui dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerwat. Nah, untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mencampurnya dengan madu. Setalah itu, kemudian oleskan pada wajah berjerawat secara merata.
  • Menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah. Bagi Anda yang kini akibat adanya noda gelap di wajah akibat bekas jerawat ataupun flek hitam Anda bisa mengaplikasikan jeruk nipis untuk menyamarkannya.
  • Membersihkan komedo. Khasiat jeruk nipis juga cukup efektif untuk menghilangkan komedo hitam maupun komedo putih di wajah. Cukup dengan mengaplikasikan jeruk nipis secara teratur, komedo Andapun akan hilang.

Selain dari apa yang telah kami sampaikan diatas, masih banhyak lagi manfaat jeruk nipis untuk kesehatan hingga kecantikan. Diantaranya dapat di manfaatkan untuk cara memutihkan gigi kuning, menghilangkan panu, mengatasi batuk yang aman pada anak dan ibu hamil, menghilangkan bau badan atau ketiak dan masih banyak lagi. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi Anda tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *