Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Hingga Meningkatkan Kesuburan

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat jahe merah ternyata tak hanya sekedar mampu menghangatkan tubuh dan mengatasi penyakit flu. Lebih dari itu, masih banyak lagi khasiat yang terkandung didalamnya. Mulai untuk kesehatan, diet hingga meningkatkan kesuburan pada pria. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya mengenai khasiat jahe merah, Anda bisa menyimak ulasan singkat berikut.

Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Hingga Meningkatkan Kesuburan

Jahe tak merupakan tanaman obat herbal berbentuk rumpun dan berbatang semu. Akar tanaman ini sendiri berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna keputihan, kekuningan atau kemerahan. Rempah ini diketahui berasal dari dari Asia Pasifik yang mana tersebar luas dari India, China sampai Indonesia. Jahe sendiri masih termasuk ke dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae), sehingga tak heran jika memiliki bentuk rupa yang sangat mirip dengan rempah-rempah seperti lengkuas, temulawak, temu hitam, kunyit dan kencur.

Di Indonesia sendiri, tanaman obat ini memiliki macam-macam nama sesuai dengan daerahnya. Penyebautan berbeda-beda di berbagai daerah tersebut menunjukkan bahwa rempah ini telah menyebar di seluruh wilayah Indonesia. Misal, di pulau sumatera, orang aceh menyebutnya halia, bahing untuk bahasa Batak Karo dan Sipodeh sebutan jahe pada orang Minangkabau. Sedangkan di Jawa, Jahe dikenal dengans ebutan Jahe (Sunda, Jae (Jawa) dan jhai (Madura) dan masih banyak lagi sebutan jahe di berbagai daerah lainnya di Indonesia.

Namun tahukah Anda, ternyata jahe memiliki 2 varian. Ada jehe putih dan ada jahe merah. Namun yang akan kita bahas disini adalah jahe merah. Jika dilihat sekilas kedua jenis jahe tersebut sama dan yang membedakannya hanyalah warna. Namun lebih dari itu, jahe merah memiliki rasa lebih pedas dibandingkan dengan jehe putih, bahkan jahe merah sejak lama sudah dimanfaatkan sebagai obat tradisional lantaran kandungannya yang lebih lengkap untuk kesehatan.

Khasiat dan manfaat jahe merah yang luar biasa menurut para ahli

Didalam jahe merah diketahui terkandung berbagai kandungan senyawa alami yang tentunya memberikan banyak kebaikan bagi kesehatan. Adapun diantaranya adalah shogaol, gingerol, zingeron, flavonoid, agen antibakteri, agen antiperadangan dan masih banyak lagi. Adapun berbagai khasiat jahe merah untuk kesehatan tersebut diantaranya adalah menghangatkan tubuh, meredakan sakit kepala, mengobati batuk, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan masih banyak lagi. Dan berikut adalah khasiat jahe merah lainnya.

Mencegah masalah pencernaan

Sejak zaman dulu, manfaat jahe merah dan jahe putih sudah terkenal dalam mengatasi berbagai masalah pencernaan. Sehingga dari generasi ke generasi, kahe dijadikan salah satu opsi obat herbal yang sering digunakan untuk memperlancar sekaligus mencegah berbagai permasalahan pencernaan. Ekstrak minyak jahe merah bisa melindungi sistem pencernaan Anda dari bakteri, sehingga mampu mencegah Anda dari masalah pencernaan, misal sakit perut.

Agen bakteri dalam jahe sendiri dapat melawan bakteri jahat seperti halnya Escherichia coli, Salmonella enteriditis dan staphylococcus aureus. Apabila ditambahkan dalam makanan, jahe dapat berperan sebagai pengawet alami juga mencegah keracunana makanan akibat bakteri. Kehangatan yang diberikan oleh jahe juga mampu menenangkan pencernaan Anda. Kehangatan yang diberikan oleh jahe juga sering dimanfaatkan guna mengatasi flu dan pilek.

Mengurangi nyeri otot dan sendi

Manfaat jahe merah lainnya adalah mampu mengurangi rasa sakit atau nyeri yang diakibatkan oleh peradangan. Manfaat yang satu ini telah melalui berbagai penelitian. Sebuah penelitian telah dilakukan pada atlet seprak takraw yang membuktikan bahwa pemberian ekstrak jahe merah selama 10 hari mampu mengurangi nyeri otot pada atlet sepak takraw.

Penelitian lain diterbitkan oleh American College of Reumatologi juga membuktikan bahwasannya ekstrak jahe merah mampu mengurangi gejala osteoarthritis, seperti halnya nyeri otot. Salah satu penelitian bahkan menyebutkan bahwa jahe lebih efektif dalam mengurangi peradangan didalam tubuh dibanding obat antiinflamasi non steroid (NSAID). Adapun berbagai komponen aktif dalam jahe yang mampu menurunkan leukotrien dan prostaglandin yang memicu peradangan, diantaranya adalah gingerol, gingerdione dan zingeron.

Meningkatkan kesuburan pria

Sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta menemukan bahwasannya minyak atsiri dalam jahe merah memiliki efek afrodisiak. Meski begitu, efek aprodisiak minyak atsiri jahe merah masih lebih kecil dibanding dengan pasak bumi. Afrodisiak sendiri adalah zat kimia yang sering digunakan untuk merangsang daya seksual dengan cara meningkatkan serta melancarkan aliran sirkulasi darah dalam tubuh. Dengan begitu, kemungkinanan aliran darah dalam kelamin juga meningkat, sehingga memungkinkan pria mengalami ereksi.

Disamping itu, penelitian juga menemukan bahwasannya jahe mengandung antioksidan juga memiliki aktivitas androgenik. Hal tersebut membuat jahe merah diyakini mampu meningkatkan jumlah hormon testosteron sehingga meningkatkan kesuburan pria. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memperkuat temuan tersebut.

Menurunkan kadar asam urat

Jahe merah termasuk kedalam salah satu dari 10 tanaman herbal yang efektif untuk mengatasi asam urat, yang dikutip dari dalam laman website resmi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes). Jahe merah sendiri mampu membuang tumpukan asam urat dengan mempelancar sirkulasi darah. Sehingga tingkat asam urat yang semulanya tinggi bisa berangsur-angsur menurun ke tahap yang normal.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Scientific dan Technology pada tahun 2017, diketahui bahwa kompres jahe yang dilakukan sehari sekali secara rutin mampu membantu mengurangi skala nyeri asam urat yang dialami pada lansia. Peneliti meyakini kompres jahe merah tersebut mampu menurunkan kadar prostaglandin dan leukotrien pasien lansia dengan penyakit asam urat. Meski begitu, penelitian terkait manfaat jahe merah untuk asam urat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Nah itulah berbagai manfaat jahe merah untuk kesehatan hingga meningkatkan kesuburan pada pria. Selain dari pada itu masih banyak lagi manfaat jahe merah, diantaranya seperti diet, menjaga kesehatan jantung dan masih banyak lagi. Semoga apa yang telah kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *