Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan Yang Masih Jarang Diketahui

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat daun pepaya mungkin masih jarang diketahui oleh sebagian besar masyarakat. Mungkin hal tersebut karena tak sedikit yang menganggap, bahwa yang hanya bisa dikonsumsi hanya buahnya saja. Padahal, hampir seluruh bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan termasuk daunnya. Di dalam daun pepaya sendiri diketahui mengandung berbagai senyawa alami yang baik untuk kesehatan. Nah untuk mengetahui informasi selengkapnya sebaiknya simak ulasan singkat berikut ini.

manfaat daun pepaya

Pepaya merupakan tanaman asli dari Meksiko, yang mana buahnya cukup mudah di jumpai dimanapun termasuk pasar tradisional hingga Super Market. Karena rasanya yang manis dan tekturnya yang lembut membuat buah pepaya banyak di gemari oleh semua kalangan usia. Di tambah lagi dengan berbagai kandungan vitamin, mineral serta senyawa alami bermanfaat untuk tubuh, menjadikan buah ini semakin banyak digandrungi untuk dikonsumsi. Mulai dari bayi, anak-anak, dewasa, ibu hamil dan lainnya.

Namun tak hanya hanya buahnya yang memiliki manfaat luar biasa untuk tubuh. Menurut beberapa hasil penelitian, daun pepaya juga tak kalah luar biasa baik untuk tubuh. Karena dibalik rasa pahitnya tersebut terbukti dari berbagai kandungan alami serta senyawa aktif yang terdapat didalamnya. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Vitamin A 18250 SI
  • Vitamin B1 0,15 mg/100 gr
  • Kalori 79 kl
  • Vitamin C 140 mg/100 gr
  • Protein 8,0 gr/100 gr
  • Lemak 2,0 gr/100 gr
  • Hidrat arang/karbohidrat 11,9 gr/100 gr
  • Kalsium 353 mg/100 gr
  • Air 75,4 gr/100 gr

Selain dari pada itu, daun pepaya diketahui mengandung carposide yang mana berfungsi sebagai obat cacing. Didalam daun pepaya juga terkandung zat papain yang mana menjadi alasan mengapa daun ini terasa pahit, namun zat ini justru bersifat stomakik yang mana dapat meningkatkan nafsu makan.

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang masih jarang diketahui

Berikut adalah beberapa khasiat daun pepaya untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

  • Meredakan kram pada perut saat menstruasi

Mengonsumsi minuman ramuan dari daun pepaya dalam keadaan hangat di percaya mampu mempercepat reaksinya dalam perut sehingga nyeri haid dapat segera diatasi.Untuk caranya, terlebih dahulu Anda bisa merebus daun pepaya bersama garam dan asam jawa. Dan setelah mendidih, diamkan dan ketika hangat minumlah. Untuk hasil yang optimal miomni

  • Baik untuk penyakit demam berdarah

Manfaat daun pepaya yang selanjutnya adalah untuk mengatasui penyakit DBD atau demam berdarah. Zat aktif yang terkandung didalamnya memiliki kandungan antimalaria dan demam berdarah. Adapun untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa merebus 5 lemabar daun pepaya hingga masuk kemudian dinginkan sebelum akhirnya diminum.

  • Memperbaiki saluran pencernaan

Mengonsumsi ramuan dari daun pepaya juga di percaya dapat memperbaiki dan melancarkan pencernaan. Hal tersebut karena kandungan zat karpin yang terdapat didalamnya. Zat ini diketahui dapat membasmi mikroorganisme jahat yang mengganggu pencernaan. Untuk itu, Anda bisa mengalami masalah pencernaan Anda bisa mengonsumsi daun pepaya.

  • Melancarkan ASI

Manfaat daun pepaya untuk ibu menyusui ini bisa menjadi alternatif dari suplemen non alami guna melancarkan ASI nya. Caranya tidak harus dikonsumsi dalam bentuk olahan jamu, namun bisa diolah dalam bentuk makanan rumahan. Dan untuk cara mengolahnya tentu harus dengan cara yang benar agar rasa pahit dalam daun pepaya tidak terlalu terasa.

  • Mencegah resiko kanker

Kanker memiliki peringkat ke satu dalam kategori penyakit mematikan di dunia. Untuk itu, sedari dini harus bisa mencegahnya. Adapun salah satu caranya yakni dengan memanfaatkan daun pepaya. Ya, manfaat daun pepaya untuk kesehatan lainnya adalah mencegah resiko kanker. Hal tersebut dikarenakan pepaya mengandung antioksidan yang tinggi, dimana kandungan ini mampu menangkal radikal bebas sehingga mampu menurunkan resiko kanker.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan phytonutrient yang terdapat didalam daun pepaya diketahui dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Adapun kandungan tinggi phytonutrien dalam daun pepaya tersebut mampu melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, kanker penuaan, alergi dan juga infeksi perut.

  • Mengontrol tekanan darah

Daun pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk mengontrol tekanan darah secara alami. Untuk caranya, Anda bisa mengonsumsi daun pepaya yang di rebus. Selain itu, Anda juga mngonsumsi air rebusannya. Anda bisa merebus 5 lembar daun pepaya dengan setengah liter air. Kemudian biarkan air hingga menguap dan tersisa sekitar 3/4. Dan setelah dingin, minumlah. Anda juga bisa menambahkan gula merah atau madu jika terasa pahit.

  • Menjaga kesehatan kulit

Kandungan pepaya berupa vitamin A, C dan E merupakan kandungan terbaik untuk menutrisi kulit dan menjaga kelembabannya. Adapun untuk mengambil manfaatnya untuk kesehatan kulit, Anda bisa rajin mengonsumsi daun pepaya dalam olahan makanan maupun minuman herbal. Bahkan kini tak sedikit produik kecantikan yang menambahkan ekstrak pepaya dalam komposisi produknya.

  • Mengurangi tekanan darah tinggi

Manfaat daun pepaya untuk darah tinggi juga tak terelakan.Untuk caranya, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun pepaya. Anda bisa siapkan 5 lembar daun pepaya, kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Setelah itu angkat, lalu pisahkan air rebusannya untuk diminum. Jika Anda kurang suka dengan rasa pahitnya, Anda bisa menambahkan sedikit madu ke dalamnya.

  • Menghambat peradangan

Pada saat mengalami luka bakar pada bagian tubuh, apabila tidak segera mendapatkan pengobatan yang tepat maka luka bakar tak jarang akan mengalami peradangan. Seperti halnya lebih terasa panas dan juga timbul luka. Dan kandungan papain serta chymopapain yang terdapat pada daun pepaya bisa meredakannya. Caranya, ambil daun pepaya yang telah di cuci, kemudian tumbuk pada luka bakar yang ada di kulit Anda.

Nah itulah berbagai manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang masih jarang diketahui. Selain baik untuk kesehatan, daun pepaya juga dikenal memiliki manfaat untuk kecantikan, diantaranya untuk menghilangkan jerawat dan menyehatkan rambut. Semog apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *