Manfaat Daun Ketepeng Untuk Kesehatan Hingga Tangkal Virus Corona

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat daun ketepeng memang telah sejak lama digunakan oleh masyarakat sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan, terutama penyakit kulit. Hanya saja baru-baru ini tanaman herbal ini juga disebut-memiliki manfaat sebagai obat herbal antivirus covid-19. Nah bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja khasiat selengkapnya dari tanaman herbal ini, Anda bisa terus simak ulasan singkat berikut.

Mengenal ketepeng dan kandungan nutrisi didalamnya

manfaat daun ketepeng

Ketepeng atau ketepeng cina (Cassia alata L. sin.) merupakan salah satu dari 20.000 spesies tanaman yang yang berasal dari tanah papua, yang memiliki manfaat sebagai tanaman obat herbal. Di papua sendiri, tanaman ini memiliki nama lokal daun kaskado.

Selain itu tanaman ini juga memiliki penamaan lain di beberapa daerah. Diantaranya ketepeng kebo (Jawa), ketepeng badak (Sunda), acon-aconan (Madura), sajamera (Halmahera), kupang-kupang (Ternate), tabankun (Tidore), daun kupang, daun kurap serta gelenggang (Sumatera). Sedangkan dalam bahasa inggris, tanaman ini sering di sebut dengan seven golden stick.

Tanaman ini tumbuh liar pada ekosistem hujan tropis dan habitat yang lembab. Sehingga tanaman ini bisa Anda temukan di sekitar pinggir rawa-rawa, tepi jalan dabn terkadang di tanaman di pinggiran kebun. Tanaman semak kecil ini umumnya tumbuh hingga mencapai ketinggian 2-5 meter dengan ciri-ciri:

  • Memiliki percabangan horisontal.
  • Daun bersifat majemuk dan menyirip. Anak daunnya memanjang oval secara berseling, berpasangan 8-12 pasang.
  • Bagian ranting dan tangkai daun berwarna merah kecoklatan.
  • Bunganya tersusun tandan diujung batang . Daun mahkota bunga berwarna kuning terang hingga kuning keemasan. Bagian dalamnya condong setengah bulat, dan berbunga mulai dari Mei hingga Agustus.
  • Buahnya berbentuk polong seperti buncis, dengan panjang 15-18 cm. Berbiji banyak dan berwarna hitam.

Adapun berdasarkan buku “Tanaman Obat Tradisional Papua” (2016), untuk memanfaatkan tanaman ini sebagai tanaman obat adalah dengan memanfaatkannya daunnya.

Karena bersumber dari Jurnal Sains dan Kesehatan, 2016 melaporkan, bahwa didalam daun ketepeng cina terdapat berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Diantaranya seperti saponin, tannin, steroid, antrakuinon, flavonoid juga karbohidrat. Falavonoid pada tanaman ini diketahui memiliki efek antioksidan, antiinflamasi, antialergi, antibakteri (terhadap Aspergillus fumigatus dan Microsporum canis), s erta efektif untuk beberapa golongan jamur.

Khasiat dan manfaat daun ketapang untuk kesehatan

Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari daun ketepeng untuk kesehatan.

1. Mengobati penyakit kulit

Daun ketepeng sejak dulu telah dimanfaatkan sebagai obat herbal tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit kulit. Seperti halnya panu, kadas dan kurap. Sama halnya di ppaua, daun ketepeng juga sering dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit mkulit, terlebih yang disebabkan oleh kutu Sarcoptes scabiei taupun penyakit kulit lantaran jamur Tinea imbricate.

2. Mengatasi perut kembung

Manfaat daun ketepeng cina ini juga dipercaya mampu mengatasi perut kembung dengan cepat. Masalah perut kembung ini sendiri biasanya dapat membuat napfsu makan terganggu hingga membuat aktivitas Anda menjadi terhambat. Caranya mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi daun ketepeng ini secara teratur. Dengan begitu, perut kembung Anda akan cepat teratasi dengan mudah.

3. Mengobati sariawan

Sariawan merupakan salah satu gejala panas dalam yang diatandai dengan adanya pembengkakan dan luka pada bagian bibir. Meski bukan suatu kondisi yang gawat, tentunya kondisi ini membuat Anda tidak nyaman dan menyiksa seiring dengan lamanya pengobatan. Dan untuk mensiasatinya, Anda bisa mencoba memanfaatkan daun ketepeng untuk mengatasinya.

4. Membasmi cacing kremi

Khasiat daun ketepeng lainnya dipercaya mampu membasmi cacing kremi. Tak hanya pada anak-anak, kondisi ini juga bisa menjangkiti dewasa lantaran pencernaan yang kurang sehat. Se lain mengonsumsi makanan sehat untuk kesehatan pencermnaan Anda, alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan daun ketepeng untuk mengatasinya.

5. Mengobati luka gigitan ular

Mengalami luka akibat gigitan ular bisa saja berakibat fatal apabila tidak segera ditangani dengan tepat. Nah, daun ketepeng bisa menjadi salah satu pilihan pengobatan untuk mengatasi luka yang disebabkan gigitan ular, yang umumnya menyerang sistem imun tubuh. Terlebih bagi seorang petualang, Anda perlu menjaga diri dari kemungkinan tergigit oleh ular ditempat travelling yang Anda singgahi.

6. Melancarkan buang air kecil

Tidak lancarnya buang air kencing bisa berakibat pada timbulnya berbagai penyakit lainnya. Selain dengan memperbanyak minum air putih, Anda juga bisa mencoba mengatasi tersendatnya buang air kecil dengan memanfaatkan daun ketepeng. Konsumsi secara teratur, maka dengan seiring waktu buang air kecil Anda akan kembali lancar dan waktu istirahat Anda akan terjaga dengan baik.

7. Menangkal virus corona

Baru-baru ini daun ketepeng tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan peneliti. Pasalnya peniliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyebutkan bahwa terdapat beberapa tanaman tradisional yang berpotensi menjadi obat herbal antivirus covid-19. Hal tersebut dikarenakan didalamnya sejumlah senyawa yang diprediksi berperan aktif sebagai antivirus. Diantaranya adalah kaemferol, aloe-emodin, quercitrin dan quercetin.

Nah itulah berbagai manfaat daun ketepeng untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Selain berbagai manfaat diatas, masih terdapat khasiat daun ketepeng lainnya yang mana telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional di beberapa daerah. Diantaranya seperti dapat mengobati penyakit eksim, herpes, sifilis, radang kulit bertukak, sembelit, influenza dan bronkitis. Sekian apa yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *