Manfaat Daun Insulin Untuk Penyakit Diabetes Dan Kesehatan Lainnya

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat daun insulin ternyata memiliki peranan cukup penting untuk kesehatan, terutama untuk penyakit diabetes. Ya, sebagaimana namanya daun ini dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Dan selain itu, masih banyak lagi khasiat daun insulin bagi kesehatan. Ingin mengetahui informasi selengkapnya mengenai daun insulin sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut.

manfaat daun insulin

Pernahkah Anda mendengar mengenai daun insulin? Ya, daun insulin sendiri merupakan salah satu jenis daun dari tanaman herba yang berasal dari Amerika Selatan. Namun saat ini, tanaman ini sudah bisa dengan mudah ditemui di belahan dunia lainnya, termasuk Indonesia. Hal tersebut lantaran daun yang memiliki bentuk panjang dan lebar ini diketahui memiliki sejumlah khasiat yang dapat dimanfaatkan, khususnya bagi kesehatan. Bahkan daun ini sering kali dikeringkan dalam seni pengobatan ayuverda di India, lantaran dipercaya mampu mengobati penyakit diabetes.

Nah jika Anda kini tengah menderita diabetes dan telah bosan mengonsumsi berbagai jenis obat medis yang dokter resepkan pada Anda, maka Anda bisa mencoba alternatif daun insulin ini. Bahkan daun ini juga tak hanya baik untuk penyakit diabetes melainkan juga untuk gangguan kesehatan lainnya.

Manfaat daun insulin untuk diabetes dan kesehatan lainnya

Tak sedikit penelitian yang menunjukkan bahwasannya manfaat mengonsumsi daun insulin ternyata mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Hal tersebut diperkuat dengan sebuah penelitian dari Kasturba Medical Collage yang mana secara spesifik meneliti khasiat daun insulin terhadap kadar gula darah diabetesi di India. Penelitian ini juga membandingkan efektivitas daun insulin dengan keampuhan obat diabetes gibenclamide.

Adapun peneliti mengamati manfaat tersebut setalah mengumpulkan dan mengeringkan daun insulin yang dibudidayakan di Mangalore, Karnataka, India selama bulan September dan Oktober. Dan setelah dikeringkan, daun ini ditumbuk halus hingga berbentuk menjadi bubuk puyer. etelah itu kemudian di takar menjadi dosis-dosis kecil dan kemudian dilarutkan dengan air. Dan Air tersebut selanjutnya diberikan pada tikus pejanan.

Dalam beberapa hari penelitian, tikus-tikus tersebut telah lebih dulu di berikan obat glibenclamide. Dan beberapa hari selanjutnya barulah tikus-tikus lab tersebut diberikan air minum larutan daun insulin. Selama penelitian tersebut, tikus lab juga diharuskan berpuasa agar kadar gula darahnya menurun. Hasilnya penurunan kdar gula darah 2 jam postprandial (GD2PP alias gula darah setelah makan) setelah minum air insulin tampak setara dengan penurunan GD2PP dengan pengobatan Glibenclamide.

Dan penelitian lainnya masih dari India, yang mana diterbitkan oleh International journal of Ayurveda Reseach juga menemukan hal seruupa. Peneliti melaporkan bahwasannya insulin mampu menurunkan kadar gula darah puasa (GDP) dan kadar GD2PP ke tingkat normal pada tikus lab yang mengalami hiperglikemia setelah tikus diinduksi dengan obat dexamethasone. Meski begitu, belum jelas apa ataupun bagaimana mekanisme daun ini mampu menurunkan kadar gula darah.

Dan sebagaimana yang telah kami jelaskan sebelumnya, bahwa selain baik untuk diabetes, manfaat daun insulin juga baik untuk kesehatan lainnya. Diantaranya seperti:

  • Mencegah kanker. Menurut temuan penelitian, ekstrak daun insulin diduga memiliki potensi antikanker alias mampu mencegah berkembangnya penyakit kanker didalam tubuh
  • Melawan jamur dan bakteri. Selain dari pada itu, kstrak tanaman insulin juga memiliki antimikroba guna melindungi tubuh dari gangguan bakteri dan jamur.
  • Memiliki efek direutik. Sebeluah penelitian menemukan bahwasannya tanaman insulin juga memiliki efek direutik yang mirip dengan furosemide, yakni obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan edema. Efek direutik tersebut membuat ginjal mengeluarkan garam dan cairan tubuh yang tidak dibutuhkan atau berlebihan melalui urin.
  • Melawan radikal bebas. Akar dan daun insulin juga diketahui mengandung antioksidan tinggi Senyawa quercetin dan diosgenin didalam tanaman ini memiliki efek antioksidan yang bisa membantu mengatasi gangguan hati, pankreas dan ginjal.
  • Mencegah penyakit jantung. Ekstrak tanaman insulin juga diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Sehingga dengan begitu dipercaya mampu mengurangi resiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti halnya penyakit jantung koroner, serangan jantung dan stroke.

Nah itulah berbagai manfaat daun insulin bagi kesehatan khususnya untuk diabetes yang perlu Anda ketahui. Meski masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan sederet khasiat dan keamanan dari tanaman herbal ini, maka tak ada salahnya untuk mencobanya dengan taraf dosis wajah. Adapun jika kini Anda ingin melakukan pengobatan diabetes alami yang mana khasiat dan keamanannya telah terbukti, maka Anda bisa menggunakan Obat Diabetes Herbal. Dimana obat tradisional ini terbuat dari 100% bahan alami terbaik yang juga tlah dilengkapi dengan legalitas BPOM dan Halal MUI. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *