Manfaat Cacing Tanah Untuk Obat Tipes Dan Cara Pengolahannya

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat cacing tanah cukup terkenal di kalangan masyarakat sebagai alternatif untuk dijadikan obat tipes. Hal tersebut dikarenakan cacing yang dianggap sebagai hewan yang menjijikan ini, ternyata mengandung berbagai nutrisi dan senyawa alami yang mendukung kesehatan. Nah untuk informasi lebih lengkapnya, Anda sebaiknya menyimak ulasan singkat berikut.

manfaat cacing tanah

Cacing tanah merupakan salah satu jenis binatang yang memiliki bentuk yang membuat sebagian orang merasa geli bahkan jijik. Namun meski begitu, cacing tanah sendiri ternyata memiliki banyak manfaat. Tak hanya memiliki peranan penting dalam lingkungan untuk menyuburkan tanah, cacing tanah juga diketahui memiliki manfaat dari segi medis. Sehingga tak jarang sebagian dari pada masyarakat telah memanfaatkan cacing tanah untuk kesehatan dan pengobatan berbagai penyakit tanpa efek samping.

Hal tersebut tak dapat dibantahkan, karena sebagian besar penelitian yang telah dilakukan mengungkap, bahwasannya cacing tanah mengandung kadar protein dan juga asam amino yang cukup tinggi dan tentunya baik untuk tubuh. Protein yang berasal dari cacing tanah mencapai 76% yang berarti lebih tinggi dari daging mamalia yakni 65% dan ikan yang 50%. Adapun salah satu manfaat cacing tanah untuk kesehatan yang cukup terkenal di kalangan masyarakat yakni mampu menyembuhkan demam tifoid atau yang lebih dikenal dengan penyakit tifus.

Manfaat cacing tanah untuk obat tipes dan cara mengolahnya

Tak sedikit para ahli yang menyatakan bahwasannya cacing tanah memiliki khasiat cacing tanah diketahui mengandung antibakteri yang mampu membunuh bakteri salmonella typhi yang tak lain merupakan penyebab tipes pada umumnya. Selain itu, cacing tanah juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh lantaran protein yang cukup tinggi didalamnya mampu memperkuuat sel hati untuk memproduksi antibodi.

Dari 1800 spesies cacing yang diketahui, hanya terdapat 2 jenis cacing di Indonesia yang sering dijadikan sebagai obat tradisional, termasuk keampuhannya dalam menyembuhkan penyakit tipes. Adapun diantaranya adalah Cacing eropa atau introduksi (Lumbricus rubellus) serta cacing kalung atau long (Pheretima aspergillum). Dan dalam kasus penyakit tipus, cacing tanah dapat bekerja dari dua sisi. Yakni membunuh bakteri sekaligus menurunkan demamn tinggi yang tak lain merupakan salah satu gejala tipes.

Adapun untuk cara pengolahan cacing tanah untuk menjadi obat tradisional disini, kami akan menggunakan cacing pheretima aspergillum (cacing kalung). Dan berikut rinciannya.

Alat dan bahan:

– Cacing tanah 10-15 ekor, air, pisau, gelas, panci, kompor.

Cara pengolahan:

– Dengan cara di sangrai

  • Panaskan kuali gerabah
  • Masukan cacing tangan yang telah dibersihkan sebelumnya
  • Kolehkan secara terampil agar agar cacing jangan sampai lengket dia kuali atau bahlan gosong (lakukan seperti saat menyangrai kopi).
  • Setelah cacing tanah sudah kering, berarti proses sangrai sudah selesai.
  • Geruk/tumbuk dengan sendok atau sejenisnya
  • Masukan ke dalam bungkus kapsul kosong
  • Setelah cacing tanah jadi, minum kapsul tersebut 3×1 kapsul setiap ahrinya. Bisa sebelum atau sesudah makan. Akan tetapi lebih baik dikonsumsi setelah makan.

– Dengan cara di rebus

  • Siapkan panci dan masukan air secukupnya
  • Masukan cacing tanah setelah air mendidih
  • Tunggu sampai cacing matang
  • Untuk mensiasati rasa anyir, Anda bisa campurkan rebusan cacing tanah ke dalam minuman teh atau jus buah apel atau buah-buahan lainnya yang tidak erasa asam
  • Konsumsi secara tertur ramuan tradisional ini secara tertur 3 kali sehari.

Dan perlu untuk Anda ketahui juga, selain baik untuk penyakit tipus, masih banyak lagi manfaat cacing tanah untuk kesehatan tubuh lainnya. Diantaranya seperti meningkatkan energi, mengatasi penyakit maag, asam lambung, diare, metabolik, menyembuhkan luka lebih cepat, melancarkan peredaran darah, mengatasi peradangan, memngatasi gangguan pembulu darah, mengatasi konstipasi dan menjaga kadar gula darah.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan seputar manfaat cacing tanah untuk obat tipes dan cara pengolahannya yang tepat. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada saat ini bermanfaat, khususnya bagi Anda ataupun keluarga yang kini tengah menderita penyakit tipus bisa menjadi obat tradisional ini sebagai pendamping pengobatan medis guna mempercepat penyembuhan. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *