Manfaat Buah Tin Atau Ara Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat buah tin memang tak perlu diragukan lagi. Bahkan tak sedikit para ahli yang telah melakukan sejumlah penelitian terkait buah yang termaktub di dalam kitab suci al-quran. Dan hasilnya menjelaskan bahwa dalam buah syurga ini terkandung banyak sejkali kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa menyimak ulasa singkat berikut.

manfaat buah tin

Apakah Anda sebelumnya pernah mendengar cerita adam dan hawa? Jika iya, tentu kalian akan mengingat buah tin yang tak lain merupakan buah yang menyebabkan mereka terhempas dari kenikmatan syurga. Namun terlepas dari itu, buah tin atau yang pada saat ini dikenal dengan nama buah ara atau buah fig ini ternyata juga ada di dunia lho. Bahkan buah
yang di juluki sebagai buah syurga ini di gadang-gadang memiliki banyak sekali kebaikan untuk kesehatan.

Tin atau ra merupakan sejenis tumbuhan yang pada mulanya tumbuh di kawasan Asia Barat, dan tersebar mulai dari pantai Balkan hingga afganistan. Tumbuhan yang memiliki istilah asing Ficus carica L ini memiliki ciri-ciri pohon yang cukup besar dan bisa tumbuh sampai 10 m. Batang pohonnya berwarna abu-abu dan memiliki daun yang cukup lebar dengan lekuk 3 hingga 5 cuping.

Buah tin diketahui telah ada sejak abad 1400 tahun masehi yang lalu. Di Indonesia sendiri, buah ara atau tin memang bukan termasuk buah yang umum layaknya seperti buah jeruk, apel dan lainnya. Namun bukan berarti kita sulit untuk mendapatkan buah ini. Karena pada saat ini tak sedikit masyarakat yang telah membudiyakan tanaman ini. Selain lantaran rasanya yang lezat, tentu dikarenakan manfaatnya yang melimpah bagi kesehatan.

Kandungan buah tin

Buah tin diokenal memiliki kandungan antioksidan super. Dan selain itu, asih terdapat nutrisi dan kandungan alami lainnya yang terdapat didalam buah tin. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Energi 250 kcal 1040 kJ
  • Karbohidrat 63.87 g
  • Gula 42.92 g
  • Dietaryfiber (serat) 9.8 g
  • Lemak 0.93 g
  • Thiamin (Vitamin B1) 0.085 mg 7%
  • Protein 3.30 g
  • Niacin (vitamin B3) 0.619 mg 4%
  • Riboflavin (vitamin B2) 0.082 mg 5%
  • Pantothenic acid (B5) 0.434 mg 9%
  • Vitamin B6 0.106 mg 8%
  • Magnesium 68 mg 18%
  • Folat (vitamin B9) 9 mg 2%
  • Vitamin C 12 mg 2%
  • Zinc 0.55 mg 6%
  • Kalsium 162 mg 16%
  • Iron 2.03 mg 16%
  • Fosfor 67 mg 10%
  • Potassium 680 mg 4%

Nah itulah sederet kandungan alami yang terdapat didalam buah ara. Bahkan selain dari pada itu, masih banyak lagi kandungan lainnya yang tak kalah baik bagi tubuh. Sehingga tak heran apabila buah ini memiliki segudang khasiat yang baik untuk kesehatan.

Manfaat buah tin atau ara yang luar biasa bagi kesehatan

manfaat buah tin

Berikut adalah berbagai manfaat buah tin yang bisa Anda rasakan jika dikonsumsi secara teratur.

Mengatasi masalah pencernaan

Buah tin merupakan beberapa diantara jenis buah yang mengandung zat pektin didalamnya. Kandungan alami yang terdapat didalam buah tin tersebut nyatanya sangat berdampak baik bagi pencernaan, terlebih usus besar dan usus kecil. Bahkan sebagian masyarakat timur tengah memanfaatkan buah ini sebagai obat pencahar tradisional, lantaran di dalam buah tin juga memiliki kandungan serat yang begitu melimpah.

Mencegah kanker

Satu biji buah tin segar mengandung banyak sekali kadar vitamin yang mengandung antioksidan. Diantaranya seperti vitamin A, E dan K. Keseluruhan zat fitokimia didalam buah tin dapat membantu menghilangkan bahaya radikal bebas dari tubuh manusia. Dan dengan demian buah tin mampu melindungi kita dari masalah diabetes, infeksi dalam organ tubuh hingga mencegah kanker terlebih kanker usus.

Baik untuk menurunkan berat badan

Jika Anda kini tengah melakukan program diet, maka sebaiknya masukan buah tin sebagai menu harian Anda. Manfaat buah tin untuk diet ini dikarenakan serat yang terkandung didalam buah tin mampu membantu memperlancar metabolisme tubuh juga pertanyaan. Pada kandungan 100 gr buah tin saya, hanya terkandung 74 kalori, yang mana sangat baik untuk orang yang sedang mejalani diet. Selain itu, manfaat lainnya yang bisa Anda dapat dari buah ini adalah kandungan mineral, vitamin serta pigmennya yang baik untuk mencerahkan dan melembabkan kulit.

Menurunkan tekanan darah

Orang biasanya mengonsumsi natrium dalam bentuk garam, namun kadar kalium yang rendah dan natrium yang tinggi dapat menyebabkan hipertensi. Buah tin sendiri dikenal memiliki banyak kalium dan rendah sodiumsehingga mampu mengatasi hipertensi. Dan ini juga yang menjadikan buah tin sebagai bahan makanan yang berkhasiat untuk menenangkan saraf.

Mengobati masalah disfugsi seksual

Selama berabad-abad, buah tin cukup banyak di rekomendasikan untuk mengatasi disfungsi seksual seperti halnya kemnadulan serta disfungsi ereksi. Bahkan buah ini di yakini sebagai obat kuat alami atau suplemen seksual selama berabad-abad, Dan untuk mendapatkan vitalitas seksual dengan buah tin, Anda bisa rendam 2-3 buah tin didalam susu semalaman,. Setelah itu makan di pagi hari untuk meningkatkan gairah.

Mengobati penyakit kulit

Dalam beberapa tradisi pengobatan tradisional, buah tin tak jarang digunakan untuk mengobati sejumlah permasalahan kulit seperti halnya eksim, vitiligo dan psoriasis. Meski belum ada penelitian ilmiah yang konklusif, namun bukti anekdotal dan penelitian awal menunjukkan hasil yang menjanjikan.

Nah itulah berbagai manfaat buah tin atau ara yang luar biasa bagi kesehatan. Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat buah tin untuk kesehatan lainnya diantaranya mejaga kadar kolesterol, mengurangi sesak napas pada penderita asma, menguatkan tulang, mencegah osteoporosis, menurunkan rasa sakit pada penderita asam urat, menguatkan rambut, baik untuk kesehatan kulit dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *