Manfaat Buah Pepaya Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat buah pepaya yang terkenal di kalangan masyarakat adalah dapat melancarkan pencernaan. Namun lebih dari itu, ternyata buah ini menyimpan lebih dari sejuta manfaat untuk tubuh kita. Mulai untuk organ pencernaan, kulit, wajah, diet serta kesehatan tubuh secara menyeluruh. Dan tahukah Anda? Berbagai manfaat tersebut tak hanya dapat di rasakan oleh orang dewasa, melainkan juga pada anak-anak dan termasuk pada ibu hamil serta ibu menyusui sekalipun. Nah, untuk mendapatkan informasi selengkapnya, sebaiknya Anda simak informasi berikut.

manfaat buah pepaya

Tak perlu mendeskripsikan buah ini secara berlebih. Karena pastinya buah ini dapat dengan mudah dikenali oleh siapapun. Ya, pepaya memang termasuk salah satu jenis buah yang dapat dengan mudah kita temukan di daerah tropis seperti Indonesia. Buah yang memiliki warna orange saat sudah matang ini, banyak di gemari oleh masyarakat lantaran rasanya yang enak dan juga menyegarkan.

Namun lebih dari itu, buah pepaya juga dikenal sebagai buah rendah kalori dan memiliki segudang nutrisi yang di perlukan oleh tubuh. Beberapa diantaranya adalah vitamin C, A, B1, B2, B3, E, K, likopen, serat kalsium, folat, potasium dan juga magnesium. Dan dalam satu buah pepaya setidaknya mengandung 235 mg vitamin C. Dimana yang mana jumlah tersebut 2-3 kali banyak dari rekomndasi harian yang disarankan. Selain dari pada itu, masih terkandung zat lainnya seperti antioksidan dan juga beberapa jenis enzim seperti papain yang juga baik untuk tubuh.

Manfaat buah pepaya yang luar biasa untuk kesehatan tubuh

Tak sedikit orang yang mungkin mengenal pepaya sebagai buah yang dapat melancarkan pencernaan. Padahal lebih dari itu, sejatinya pepaya memiliki beragam khasiat yang cukup penting terlebih untuk kesehatan dan kecantikan. Dan diantaranya adalah sebagai berikut.

√ Melancarkan pencernaan

Manfaat buah pepaya untuk pencernan mungkin tak asing asing lagi. Ya, hal tersebut lantaran kandungan enzim papain yang membiat protein me jadi lebih mudah di cerna. Dan menurut suatu penelitian, mengonsumsi pepaya selama 40 hari diduga mampu menyembuhkan konstipasi dan juga perut kembung.

√ Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang terdapat didalam pepaya jelas menjadi alasan mengapa buah ini baik dikonsumsi untuk menyehatkan indra penglihatan manusia. Vitamin A sendiri di butuhkan untuk kesehatan kornea dan menghasilkan kelembaban yang cukup agar mata selalu terlumasi dengan baik.

√ Baik untuk kesehatan jantung

Buah pepaya mengandung vitamin C dan likopen yang merupakan salah satu makanan untuk membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Selain dari pada itu, kandungan antioksidan dalam pepaya juga diketahui mampu meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) yang ada didalam tubuh.

√ Menyehatkan rambut dan kuku

Berbagai kandungan vitamin juga mineral yang terdapat didalam pepaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku. Buah berwarna orange ini bahkan bisa dijadikan sebagai masker rambut untuk menyuburkan rambut. Bahkan buah oranye ini bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk menyuburkan rambut.

√ Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin A, C dan E dipercaya dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Dan hasilnya, tentu kita bisa terhindar dari berbagai penyakit infeksi seperti halnya pilek dan juga flu.

√ Mengurangi resiko kanker

Menurut suuatu penelitian, mengonsumsi pepaya secara teratur ternyata dapat mengurangi resiko kanker. Ya, hal tersebut di karenakan kandungan antioksidan juga likopen yang terdapat didalamnya mampu mengurangi radikal bebas penyebab kanker. Bahkan pepaya juga diketahui memiliki efek unik yang tidak dimiliki oleh buah lain. Dan diantara 14 buah dan sayuran dengan sifat antioksidan yang diketahui. Dan hanya pepaya yang menunjukkan aktivitas antikanker di sel kanker payudara.

√ Menurunkan kolesterol

Bauah yang memiliki julukan ‘buahnya para malaikat’ oleh Christoper Colombus ini kaya akan serat, vitamin C serta beragam antioksidan yang mampu mencegah masalah penimbunan kolesterol tinggi didalam darah. Dan seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa timbunan kolesterol mampu memblokir jalannya darah sehingga memicu serangan jantung dan juga stroke.

√ Menurunkan berat badan

Tahukah Anda? hanya terdapat 120 kalori saja yang terdapat didalam sebutir pepaya berukuran medium. Jadi, apabila Anda berencana untuk menurunkan berat badan, maka jangan sampai Anda lupa menyertakan pepaya sebagai salah satu makanan Anda. Dan sebagai bonusnya, buah ini bisa membuat perut Anda kenyang lebih lama sehingga keinginan makan menjadi berkurang.

√ Baik untuk penderita diabetes

Kandungan gula yang terdapat dalam setuiap potongan pepaya cukup rendah, bgitu pula dengan indeks glikemiknya. Sehingga tak jarang, pepaya menjadi salah satu buah untuk diabetes yang di sarankan oleh ahli. Kandungan fitonutrien yang terkandung didalamnya juga di percaya mampu mencegah resiko jantung pada penderirta diabetes.

√ Mencegah radang sendi

Manfaat buah pepaya yang satu ini di perantarai oleh adanya kandungan agen antiradang dan juga vitamin C. Dan seperti yang di lasir dari hasil studi yang di publikasikan Annals of the Reumatic Disease, bahwasannya mereka yang kurang vitamin C didapati 3x lebih beresiko terkena arthritis (radang sendi).

√ Mengurangi stres

Setelah penat melakukan aktivitas sepanjang hari, maka Anda bisa menyegarkan diri Anda dengan mengonsumsi buah apepaya. Dan biarkan miatan vitamin C yang terkandung didalamnya membebaskan pikiran dari stres. Hal tersebut telah teruji secara ilmiah saat para ahli dari Universitas Alabama yang mendapati bahwa 200 mg vitamin C mampu mengatur produksi hormon stres pada obyek percobaan.

Nah itulah berbagai khasiat dan manfaat pepaya yang luar biasa untuk kesehatan. Bahkan buah ini juga diketahui sangat baik untuk kecantikan. Adapun beberapa manfaat buah pepaya untuk kecantikan adalah mencegah penuaan, mengangkat sel kulit mati, melembabkan kulit, membuat kulit menjadi kencang, merawat kulit yang terbakar maahari dan masih banyak lagi. Nah sekarang Anda telah mengetahui manfaat yang terdapat dalam buah pepaya. Dan tunggu apa lagi? jangan lewatkan pepaya untuk menjadi salah satu santapan harian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *