Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Yang Masih Jarang Di Ketahui

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat buah naga untuk kesehatan bahkan kecantikan tak perlu di ragukan lagi. Bahkan lebih dari itu, buah ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk ibu hamil dan perkembangan janin. Hanya saja faktanya, masih sedikit dari pada masyarakat yang mengetahui akan fakta yang satu ini. Maka dari itu tanpa membuat Anda penasaran, sebaiknya ketahui berbagai khasiat buah naga khususnya untuk ibu hamil dalam ulasan berikut.

manfaat buah naga

Tahukah Anda? Pada saat mengandung, wanita tak hanya memiliki tanggung jawab untuk menjaga kesehatan dirinya sendiri, melainkan juga kesehatan janin yang tengah di kandungnya. Maka dari itu, mengonsumsi banyak buah dan sayur sangat di sarankan untuk dikonsumsi selama kehamilan. Adapun salah satu jenis buah yang banyak di rekomendasikan oleh para ahli kesehatan untuk ibu hamil adalah buah naga.

Hal tersebut tak dapat terelakan lagi. Terlebih setelah banyaknya penelitian yang menunjukkan, bahwa di dalam buah yang memiliki warna merah keunguan tersebut memiliki beragam nutrisi. Adapun diantaranya seperti vitamin C, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (Riboflavin), karbohidrat, protein, antioksidan, serta serta zat besi. Sehingga tak mengherankan jika buah ini baik untuk kesehatan, lantaran kaya akan kandungan gizi juga nutrisi yang sangat di butuhkan oleh tubuh.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil dan janin

Mungkin tak sedikir dari pada ibu hamil yang masih meragukan bahkan takut mengonsumsi buah naga. Padahal selain manfaat buah delima, kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan juga janin yang dikandungnya.

1. Memberikan energi ekstra

Sumber energi yang ibu hamil dapatkan lebih dominan berasal dari karbohidrat. Dan buah naga mampu memenuhi kebutuhan tersebut dengan baik. Pada 100 gr buah naga saja, setidaknya terdapat 9-14 gr karbohidrat. Sedangkan ibu hamil memerlukan karbohidrat sebanyak 135 gr perharinya.

2. Membantu pembentukan sel darah merah

Didalam 100 gr buah naga, diketahui terdapat 0,55 Fe alias zat besi. Dan kandungan zat besi yang cukup ini tentunya menguntungkan, lantaran dapat membentuk sel-sel darah merah. Seghingga ibu hamil dapat terhindar dari anemia serta kebutuhan oksigen yang baik untuk pertumbuhan janin pun tercukupi tentunya.

3. Mencegah konstipasi saat hamil

Setidaknya terdapat 0,3-0,9 gram serat di dalam buah naga. Tentu saja hal tersebut sangat baik bagi wanita hamil yang membutuhkan 28 gr serat perharinya untuk menjaga sistem pencernaannya tetap lancar.

4. Mencegah cacat sistem saraf otak pada bayi

ama seperti halnya karbohidra, ibu hamil juga memerlukan asam folat untuk kesehatan tubuh dan janin yang tengah di kandungnya. Dan ya, buah naga sangat kaya akan kandungan yang satu ini. Dan tak hanya dapat meningkatkan pembentukan sel darah merah, asam folat juga berfungsi untuk membantu perkembangan sistem saraf tulang belakang pada janin. Selain itu fungsi lainnya yakni mampu mencegah janin dari resiko cacat sistem saraf otak.

5. Membentu pembentukan tulang dan gigi janin

Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, bahwa buah naga ini kaya akan beragam nutrisi. Diantaranya seperti kalsium, protein, phytochemical, citamin C, vitamin B1 serta potasium. Seluruh kandungan tersebut mampu menyegarkan tubuh, membantu penyerapan protein hingga menjaga kesehatan janin.

Nah itulah berbagai manfaat buah naga untuk ibu hamil yang sangat penting untuk Anda ketahui. Selain kandungannya yang beragam, buah naga juga memiliki bentuk yang unik juga warna daging yang bervariasi. Jika Anda bosan memakannya secara langsung, Anda juga bisa mengolah buah naga menjadi jus ataupun salad buah yang menyegarkan. Tentunya dengan kandungan gula yang rendah.

Dan yang perlu Anda catat disini adalah, meski buah ini memiliki kandungan gizi yang melimpah, tetap saja ibu hamil tidak di perboleskan mengonsumsinya secara berlebihan. Semoga bermanfaat apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai manfaat buah naga dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *