Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Yang Masih Jarang Diketahui

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat buah delima bagi kesehatan mungkin masih jarang diketahui. Di tambah lagi dengan semakin jarangnya buah ini kita temui saat ini, membuat sebagian orang belum mengetahui bentuk dari buah ini. Nah, adapun bagi Anda yang ingin lebih memahami tertang manfaat dari buah cantik ini, sebaiknya Anda simak slengkapnya ulasan berikut ini ya.

manfaat buah delima

Siapa yang tak mengenal buah delima? Buah cantik yang sangat identik dengan warna merahnya ini memiliki cita rasa yang manis. Tak heran, jika delima termasuk ke dalam satu jenis buah yang cukup di gemari oleh banyak orang. Buah yang memiliki nama latin Punota granatum ini merupakan salah satu jenis buah yang masuk ke dalam kelompok berry. Biasanya buah ini memiliki diameter sekitar 5-12 cm.

Selain bentuknya yang cantik dan elegan, buah ini juga diketahui mengandung banyak sekali nutrisi. Mulai dari protein, karbohidrat, serat, serta vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh seperti citamin C, vitamin B kompleks, folat, vitamin E serta vitamin K. Di dalam buah delima juga terkandung aneka mineral, yakni kalium, magnesium, zinc, tembaga serta kaya akan antioksidan polifenol dan antosianin. Dan tak cukup sampai disitu, buah delima juga rendah kalori dan lemak, sehingga memungkinan aman untuyk dikonsumsi setiap hari.

khasiat dan manfaat buah delima yang masih jarang diketahui

Berikut adalah berbagai manfaat buah delima yang mungkin bisa membuat Anda menjadi lebih tertarik untuk mengonsumsinya.

1. Mencegah kanker

Manfaat buah dilema yang pertama adalah mencegah kanker. Dengan mengonsumsi jus buah delima secara teratur, dipercaya dapat menghambat tumbuhnya kanker. Terlebih kanker prostat, kanker kulit, kanker payudara dan juga kanker paru. Hal ini dikarenakan buah delima mengandung antioksidan yang tak hanya bekerja menangkal radikal bebas, namun juga memperbaiki keruksakan DNA yang dapat memicu sel kanker. Untuk itu, bukan tidak mungkin apabila jus buah delima ini dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan terutama mencegah kanker.

2. Mencegah penyakit jantung

Jika Anda kini tengah memiliki resiko menderita penyakit jantung koroner, maka cobalah untuk mengonsumsi jus buah delima. Menurut suatu penelitian, mengonsumsi setidaknya 200 ml jus buah delima setiap harinya selama 3 bulan, mampu menurunkan gejala iskemia lantaran penyempitan pembuluh darah jantung. Dan tak hanya itu, buah delima juga baik untuk kesehatan jantung. Hal tersebut lantaran mampu mengontrol tekanan darah dan mencegah pembentukan sumbatan pada pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah jantung dan pembuluh darah di seluruh tubuh tetap lancar. Sehingga Anda bisa terhindar dari ancaman penyakit jantung bahkan stroke.

3. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Dengan nutrisi dan antioksidannya yang cukup tinggi, buah delima juga diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini disimpulkan dari beberapa hasil penelitian yang menyatakan bahwasannya manfaat buah-buahan dan sayuran yang kaya akan serat dan antioksidan mampu menurunkan kadar kolesterol. Hanya saja beberapa penelitian yang mengkaji khasiat buah dilema dalam menurunkan kolesterl masih belum menunjukkan data yang konsisten. Sehingga di perlukan lagi penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

4. Mengurangi resiko penyakit radang sendi

Jika Anda kini tengah menderita radang sendi, maka tak ada salahnya untuk mengonsumsi buah delima secara teratur. Buah ini sendiri diketahui memiliki sifat antiradang, yang mana dipercaya mampu mngatasi peradangan pada sendi. Bahkan sebuah penelitian juga mnengankapkan bahwasannya ekstrak buah selima mengandung senyawa alami yang mampu melawan keruksakan sendi pada seseorang yang menderita osteoarthritis. Meski demikian, dugaan tersebut masih hanya sebatas penelitian terhadap hewan yang memerlukan studi lebih lanjut.

5. Menyehatkan kulit

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi didalam buah delima juga mampu menjauhkan bakteri dan infeksi lainnya dari permukaan kulit kita. Bahkan kupasan kulit delima juga mampu melawan jerawat lho. Sehingga tak jarang kulit buah dilema dimanfaatkan sebagai pelembab kulit alami. Dimana khasiatnya diyakini mampu mengembalikan pH kulit.

6. Mengatasi radang tenggorokan

Anda sedang mengalami radang tenggorokan atau amandel? Anda bisa mencoba untuk memanfaatkan kulit buah delima untuk mengatasinya. Anda bisa mengolah kulit delima yang sudah dikeringkan di bawah sinar matahari, kemudian rebuslah. Setelah itu, saring ramuannya dan biarkan dingin beberapa saat. Setelah itu, pakailah berkumur, niscaya nyeri pada tenggorokan dapat mereda.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat buah delima lainnya. Diantaranya untuk asam lambung, asam urat, ambeien, hati, ginjal, organ kewanitaan bahkan kesuburan. Buah delima ini juga bagus dikonsumsi oleh anak-anak, ibu hamil dan ibu menyusui. Bagaimana telah jatuh cinta dengan manfaat buah delima? Untuk itu, jangan lupa untuk memasukan buah delima ke dalam menu makanan harian Anda dan rasakan berbagai keajaiban manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *