Manfaat Buah Ciplukan Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat buah ciplukan ternyata memiliki peranan penting dalam kesehatan, kecantikan, hingga pengobatan penyakit. Hal tersebut lantaran berbagai kandungan nutrisi dan denyawa alami yang cukup beragam didalamnya. Adapun bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja kandungan dan manfaat didalamnya, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

manfaat buah ciplukan

Siapa yang tak kenal dengan tanaman ciplukan atau ceplukan. Tanaman liar yang satu ini banyak tumbuh di Negara tropis. Di Indonesia sendiri, tanaman ini banyak ditemukan di kebun, persawahan yang mengering hingga pinggiran hutan yang cukup sinar matahari. Dan hampir di seluruh wilayah Indonesia, ciplukan atau ceplukan ini memiliki sebutan berbeda-beda seperti halnya cecendet dalam bahasa sunda, kapok-kapokan dalam bahasa Bali, nyurnyuran dalam bahasa madura hingga leletokan dalam bahasa Minahasa.

Tanaman ini juga memiliki khasiat luar biasa mulai dari daun, buah hingga akarnya. Dan pada kesempatan kali ini, kami hanya akan menulas mengenai berbagai manfaat buahnya saja. Jika dulu kita dapat mendapatkannya di lahan liar, namun sekarang buah yang memiliki nama latin physalis angulata ini banyak di banyak swalayan dengan harga yang cukup fantastis. Bahkan di beberapa negara, ciplukan sering kali dijadikan sebagai garnish untuk berbagai hidangan. Dan di sisi lain, ciplukan juga banyak digemari lantaran manfaatnya yang baik untuk kesehatan.

Kandungan dalam buah ciplukan

Seiring dengan banyaknya hasil yang menunjukkan bahwasa ciplukan mengandung banyak sekali manfaat, berikut adalah berbagai kandungan senyawa alami yang terkandung dalam ciplukan:

  • Saponin
  • Flavonoid
  • Polifenol
  • Aalkaloid
  • Kriptoxantin
  • Vitamin C
  • Asam stearat
  • Asam sitrat
  • Asam palmitat
  • Asam malat
  • Fisalin
  • Dan masih banyak yang lainnya

Khasiat dan manfaat buah ciplukan yang luar biasa bagi kesehatan

Berdasarkan kandungan yang terdapat didalam buah ciplukan, berikut adalah sederet manfaat yang bisa Anda rasakan dari buah ciplukan.

Memelihara sistem kekebalan tubuh

Didalam buah ciplukan juga terkandung vitamin C sderta asam karbonat yang dipercaya mampu merangsang produksi sel darah putih serta mengandung sifat abntioksidan yang baik untuk memelihara sistem imunitas tubuh. Selain dari pada itu, vitamin C juga merupakan komponen utama dalam pembetukan kolagen, yang mampu memperbaiki dan memproduksi sel, jaringan dan juga pembuluh darah.

Menurunkan kolesterol tinggi

Masalah kolesterol tinggi adalah salah salah satu diantara masalah kesehatan yang cukup banyak ditemui di masyarakat. Dan kondisi tersebut sebaiknya diwaspadai lantaran mampu memicu penyakit kardiovaskular, seperti halnya serangan jantung hingga stroke. Dan apabila Anda ingin terhindar dari berbagai ancaman penyakit serius tersebut, maka Anda bisa mengonsumsi buah ciplukan guna membantu menetralkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Mengatasi penyakit parkinson

Manfaat buah ciplukan selanjutnya adalah meredakan gejala dari penyakit parkinson. Penyakit ini sendiri pada umumnya disebabkan oleh terjadinya gangguan pada sistem saraf pusat yang memberi pengaruh pada gerak tubuh. Adapun salah satu gejala penyakit parkinson ialah tremor pada salah satu tangan. Damn untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi jus ciplukan secara rutin.

Menangkal radikal bebas masuk ke dalam tubuh

Didalam Jornal of Food Science Technology, yang mana dikemukakan oleh Dr. Gokcen Yildic mengatakan bahwasannya manfaat yang paling penting dari huah ciplukan berasal dari kandungan antuiksidannya yang cukup tinggi. Dan hal tersebut tak jarang membuat ciplukan dipercaya menjadi sumber suplemen nutrisi yang ideal untuk berbagai jenis penyakit. Dan selain itu, kandungan antioksidan yang ditemukan dalam ciplukan juga dipercaya mampu menteralkan radikal bebas, yang mana bisa melindungi tubuh Anda dari ancaman penyakit serius seperti penyakit jantung koroner, aterosklerosis, tekanan darah tinggi hingga kanker.

Menghilangkan rasa nyeri

Senyawa antiinflamasi yang terkandung dalam buah ciplukan dipercaya mampu mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh radang sendi, asam urat, nyeri otot hingga wasir. Bahkan suatu penelitian menyebutkan bahwasannya ekstrak ciplukan mampu mengatasi nyeri yang dirasakan oleh penderita penyakit lupus.

Meningkatkan kesehatan ginjal

Khasiat atau manfaat ciplukan lainnya juga dipercaya mampu embantu menghilangkan racun melalui rangsangan buang air kecil. Selain itu, ciplukan juga mampu membuang kelebihan lemak, garam serta racun dari sistem limfatik yang akan menjaga kinerja ginjal menjadi lebih optimal.

Mengatasi penyakit epilepsi

Pada dasarnya, penyakit epilepsi dipicu oleh terganggunya aktivitas sdel saraf di otak sehingga menyebabkan penderita mengalami kejang. Penyebab epilepsi sendiri dapat dipicu oleh beragam faktor, mulai dari faktor genetik hingga adanya cedera di akibat trauma. Bahkan, gejala epilepsi akibat genetik bisa terlihat di usia dini. Untuk pengobatan epilepsi sendiri dapat menggunakan obat-obatan maupun dengan cara diet tertentu. Namun sebagai pendamping pengobatan epilepsi. Anda bisa mengonsumsibuah ciplulakn 8-10 buah perhari untuk meringankan gejala.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan karetonoid yang cukup tinggi didalam buah ciplukan juga memiliki peranan baik dalam meningkatkan kesehatan mata Anda. Karetonoid sendiri memiliki khasiat untuk mencegah penyakit katarak, memperlambat timbulnya degenerasi makula hingga menjaga penglihatan Anda agar tetap tajam seiring bertambahnya usia.

Mengontrol penyakit diabetes

Manfaat buah ciplukan lainnya yakni mampu menormalkan kadar gula darah sehingga penyakit diabetes dapat terkontrol. Hal tersebut lantaran ciplukan memiliki kandungan senyawa yang dapat memperlambat penguraian asupan gula dalam darah. Maka dari itu, tubuh Anda akan terlindungi dari tingginya kadar gula darah lantaran reseptor insulin dapat diatur dengan baik dan benar.

Membantu menurunkan berat badan

Buah ciplukan dikategorikan sebagai makanan rendah kalori, karena hanya mengandung 53 kalori per 100 gram. Oleh karena itu, buah yang satu ini bisa menjadi alternatif yang baik bagi Anda yang kini sedang menjalani program diet. Dan perlu untuk Anda ketahui juga bahwasannya buah mungil ini mampu memberi asupan nutrisi harian yang besar untuk tubuh Anda menyumbang lemak atau kalori negatif. Anda bisa mengonsumsinya setiap hari tanpa perlu khawatir banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Nah itulah berbagai khasiat dan manfaat buah ciplukan yang luar biasa bagi kesehatan. Bahkan berbagai penelitian lainnya menyebutkan, bahwa buah mungil ini juga memiliki manfaat besar bagi kecantikan. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan baru seputar kesehatan bagi Anda. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *