Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Jika Di Konsumsi Setiap Hari

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat bawang putih bagi kesehatan pastinya bukan hal yang tabu lagi di masyarakat, terlebih jika salah satu bumbu rempah ini dikonsumsi setiap hari. Namun tetap saja mungkin sebagian dari pada masyarakat masih ada yang belum mengetahui berbagai manfaat tersebut. Jika Anda ingin mengetahuinya, sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut ini.

manfaat bawang putih

Siapa yang tak mengenal bawang putih. Ya, bawang putih merupakan salah satu bumbu masak yang sangat populer hingga ke seantero dunia. Bahkan hampir semua makanan dari berbagai kebudayaan menggunakan bawang putih sebagai pelengkap bumbu masakan dalam makanan mereka. Ya, hal tersebut jelas karena rasa dan aromanya yang begitu unik.

Namun Tak hanya itu, bawang putih juga ternyata memiliki kandungan yang begitu kompleks untuk kesehatan. Dan tak hanya sebatas untuk mengatasi flu. Bawang putih juga dikenal memiliki efek untuk menangkal berbagai penyakit lainnya terlebih jika dikonsumsi setiap hari. Lalu, apa saja khasiat bawang putih selengkapnya?

Manfaat bawang putih untuk kesehatan jika dikonsumsi setiap hari

Berikut adalah berbagai kegunaan bawang putih bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Menurunkan kolesterol tinggi

Menurut suatu penelitian yang di terbitkan dalam jurnal of postgraduate Medicine, mengonsumsi setidaknya 10 gr bawang putih mentah mampu meningkatkan kadar kolesterol cukup banyak. Sementara penelitian lainnya yang dilakukan oleh pakar din Rafsanjan University of Medical Sciences juga menguak bahwasannya bawang putih mampu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik apabila dikonsumsi dalam keadaan mentah. Untuk itu, peserta penelitian tersebut diminta untuk mengonsumsi 10 gr bawang putih mentah selama 42 hari.

2. Mengontrol tekanan darah

Didalam bawang putih terkandung senyawa polisufida yang mana berkhasiat untuk mengendalikan tenana darah bagi penderita hipertensi. Sedangkan menurut sebuah jurnal ilmiah Maturitas, polisufida mampu membantu melebarkan dan membuka pembuluh darah agar tidak mendapatkan tekanan yang terlalu besar. Dan tak heran, jika mengonsumsi bawang putih secara rutin setiap hari selama tiga bulan dapat membantu menurunkan tekanan darah hingga 10 mmHg.

3. Menjaga kesehatan otak

Penelitian terbaru dalam jornal of Neurochemistry membuktikan bahwasannya kandungan S-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan yang terdapat dalam bawang putih mampu menjaga otak dari berbagai keruksakan kognitif. Unsur kimia pada bawang putih tersebut bertugas untuk mencegah terjadinya penumpukan plak atau zat berbahay pada sistem pusat saraf.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tak sedikit para ilmuwan yang mengkonfirmasi sekali lagi bahwasannya seseorang harus secara teratur mengonsumsi bawang putih agar tidak jatuh sakit terutama di musim dingin. Ini semua dikarenakan didalam bawang puting terkandung banyak vitamin, minyak bermanfaat dan asam amino. Selain itu, didalamnya juga terkandung allicin yang mana merupakan senyawa organik untuk membunuh bakteri dan jamur.

5. Meningkatkan stamina

Bawang putih juga mampu membuat otot dan jantung bekerja menjadi lebih efektif. Sehingga apabila setelah berolahraga, Anda mengonsumsi bawang putih, makan hasilnya akan lebih baik lagi. Di Yunani kuno, ketika tidak tahu tentang doping, olahragwan olimpiade yang diberi makan bawang putih, membuat mereka berlari dan melakukan yang lebih baik dari pesaing mereka.

6. Menyembuhkan pilek

Sejak ribuan tahun lalu, bawang dikenal mampu mengobati batuk dan juga pilrek. Hal tersebut dikarenakan bawang putih kan menghilangkan bakteri dan juga virus penyebab pilek. Untuk caranya, Anda bisa mencincang bawang putih dan membuat sup bawang yang sehat.

7. Mengatasi rambut rontok

Siapa yang sangka, manfaat bawang putih lainnya juga ternyata dapat menjadi alternatif untuk cara mengatasi rambut rontok secara alami. Dengan begitu, Alopecia atau kebotakan yang disebabkan oleh penyakit autoimun hanya dengan mengonsumsi bawang putih mentah. Selain itu, bawang putih juga membantu Anda memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kepala. Dan selain mengonsumsinya, Anda bisa mengoleskan gel bawang putih di kepala untuk mencegah kebotakan.

8. Menurunkan resiko kanker

Bawang putih juga diketahui mengandung senyawa sulfur bioaktif yang cukup tinggi. Dan menurut National Cancer Institute Amerika Serikat, senyawa tersebut ternyata terbukti mampu mencegah terjadinya pembentukan sel kanker dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan sulfur bioaktif berfungsi untuk memperbaiki dan membunuh sel tubuh yang rusak, melindungi tubuh dari zat karsinogen dan menghambat penyebaran sel yang tidak sehat.

Dan berbagai penelitian ilmiah di seluruh dunia telah mebuktikan khasiat makan bawang putih mentah mampu menbunuh dan mengurangi berbagai jenis sel kanker. Diantaranya seperti kanker payudara, kanker pankreas dan kanker paru-paru.

Nah itulah berbagai manfaat bawang putih bagi kesehatan terlebih jika dikonsumsi setiap hari, baik secara mentah maupun yang telah diolah terlebih dahulu. Selain dari itu, masih banyak lagi manfaat bawang putih yang dapat Anda rasakan untuk kesehatan Anda. Namun yang patut Anda perhatikan disini juga adalah dosis konsumsinya juga. Karena apapun yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu efek samping termasuk pada bawang putih. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan tentunya menjadi wawasan baru bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *