Manfaat Baking Soda Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit Wajah

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Manfaat baking soda ternyata tak hanya berlaku di dapur. Lebih dari itu, Bahan pengembang kue ini ternyata berkhasiat untuk kesehatan juga menunjang penampilan terbaik Anda. Dan dari pada Anda penasaran mengenai berbagai fakta tersebut, maka dari itu sebaiknya Anda menyimak ulasan singkat berikut ini.

manfaat baking soda

Apa Anda suka membuat kue? Jika begitu, pastinya anda tidak asing lagi dengan baking soda. Ya, Baking soda atau yang juga dikenal dengan nama natrium bikarbonat ini merupakan salah satu bahan pengembang yang sering kali digunakan dalam pembuatan kue. Namun selain dari pada itu, penggunaan soda kue juga diketahui mampu meredakan asam lambung juga menghilangkan bau busuk.

Hal tersebut lantaran kandungan zat basa pada soda kue cepat untuk berinteraksi dengan asam yang ada disekitarnya. Di dunia kecantikan sendiri, soda kue sering kali digunakan untuk memperindah tubuh dari ujung rambut hingga ujung kuku. Bahkan lebih dari itu, bakling soda juga sering di gunakan untuk alat rumat tangga, pakaian juga tanaman.

Manfaat baking soda untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah

Berikut adalah berbagai khasiat dan manfaat baking soda secara umum. Mulai untuk kesehatan, kecantikan, kulit dan juga wajah.

1. Manfaat baking soda untuk kesehatan:

  • Menteralkan asam lambung. Kandungan sodium bikarbonat yang dimiliki oleh baking soda diketahui memiliki kemampuan untuk menetralisasi asam lambung serta menangani gejala yang di timbulkannya. Seperti yang di lansir dari Home Remedies for life, bahwa kombinasi baking soda yang di campur dengan air hangat dapat digunakan untuk mengurangi permasalahan pencernaan seperti halnya rasa panas pada perut (heartburn), mual dan juga naiknya asam lambung. Namun sebelum melakukan treatment ini, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.
  • Menjaga kesehatan rongga mulut. Manfaat baking soda juga bisa di gunakan sebagai pengganti pasta gigi apabila di campurkan dengan air. Hal tersebut lantaran kemampuan baking soda yang abrasif di tambah lagi tidak mengandung flouride sehingga baik untuk rongga mulut. Hanya saja beberapa literatur mengatakan bahwasannya penggunaan baing soda terlalu sering pada gigi dapat menyebabkan rusaknya email gigi. Sehingga gigi akan menjadi terlalu sensitif terhadap panas dan dingin.

Selain dari pada itu, baking soda juga di percaya untuk mengatasi asam urat, gusi bengkak, gigi berlubang, cacar air, kesuburan bahkan di percaya mampu menurunkan resiko kanker.

2. Manfaat baking soda untuk kecantikan, kulit, wajah dan rambut:

  • Menghaluskan kulit. Baking soda di duga mampu membuang sel-sel kulit matio sehingga kulit tidak kasar dan kusam lagi. Untuk caranya cukup dengan mencamnpur 3 sendok teh baking soda dengan 1 sendok teh air atau minyak zaitun. Kemudian aduk hingga menjadi pasta.
  • Mengatasi kulit terbakar sinar matahari. Campuran air dan soda kue tak hanya dapat menghaluskan kulit. Selain itu, pasta soda kue ini bisa di gunakan untuk meredakan kulit yang gatal dan kusam setelah kulit terbakar sinar matahari.
  • Menghilangkan bau badan. Baking soda juga mampu menetralkan asam dan basa, yang mana kedua zat tersebut dapat menyebabkan bau badan atau bau ketiak. Tidak seperti deodoran pada umumnya, soda kue tidak akan meninggalkan noda pada baju Anda. Dan memakai deodoran dengan cara ini mungkin akan sangat membantu Anda yang memiliki kulit sensitif.
  • Pembersih wajah. Campuran soda kue dan air juga diketahui bisa membersihkan wajah layaknya produk facial scrub yang dijual di pasaran. Untuk caranya, campurkan tiga sendok teh baking soda dan satu sendok teh air. Aduk rata hingga menjadi pasta. Setelah itu, oleskan pada wajah, gosok lembut dengan gerakan memutar. Dan terakhir bilas dengan air hangat. Adapun bagi Anda yang memiliki kulit wajah sensitif, maka sebaiknya hati-hati lantaran baking soda sendiri beresiko menimbulkan iritasi kulit.
  • Memutihkan gigi. Ternyata tak perlu menghabiskan uang jutaan rupiah untuk membuat gigi putih bersinar. Karena cara memutihkan gigi dengan baking soda bisa menjadi alternatifnya. Cukup dengan menaburkan secuil baking soda ke sikat gigi yang telah di basahi air. Setelah itu, sikat gigi seperti biasa dan bilasa dengan air. Cara ini diyakini dapat membantumelawan bakteri di gigi sekaligus menghilangkan noda-noda pada gigi termasuk karang gigi sekalipun.
  • Mempercantik kuku. Tahukah Anda? ternyata membersihkan kuku dengan cara memotongnya menggunakan alat menicure atau pedicure yang tidak steril bisa memicu infeksi. Dan untuk mencegahnya, Anda bisa memakai soda kue usai merawat kuku. Caranya, cukup dengan celupkan sikat untuk kuku ke pasta soda keu, lalu gosok ke kuku dengan gerakan memitar, Setelah itu, bilas dengan air hangat.
  • Membersihkan kaki. Setelah seharian embungkus kaki And dengan sepatu, Anda bisa melakukan relaksasi sekaligus membersihkannya dengan air hangat yang di campur dengan tiga sendok makan kue juga beberapa potong lemon atau jeruk nipis.
  • Mempercantik rambut. Kulit kepala tak jarang menjadi kotor, apabila Anda sering memakai produk-produk rambut seperti halnya serum, hairspray atau mousse. Untuk membersihkannya. Anda bisa menambahkan satu sendok teh soda kuepada sampo. Kemudian cuci rambut Anda seperti biasa. Selanjutnya Anda isa memiliki rambut yang bersinar dan mudah diatur.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi kegunaan baking soda untuk kecantikan. Diantaranya seperti untuk menghilangkan selangkangan hitam, bekas luka, jerawat, mengatasi rambut rontok dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait manfaat baking soda untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Semoga bermanfaat dan tentunya menjadi wawasan baru bagi Anda. Selamat mempraktikannya di rumah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *