Makanan Yang Baik Untuk Penderita Asma Dan Dianjurkan Ahli

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Makanan yang baik untuk penderita asma terdiri dari berbagai jenis makanan sehat yang mengandung kandungan baik untuk mengatasi penyebab asma. Dan apabila Anda seorang pesakit asma, maka Anda harus mengatahui makanan apa saja yang boleh  dan dilarang untuk asma. Sehingga mempercepat pemulihan asma. Adapun untuk mengetahui makanan sehat untuk penderita asma, Anda bisa simak ulasan singkat berikut.

makanan yang baik bagi penderita asma

Penyakit asma sendiri tentunya tidak bisa dianggap sebagai penyakit ringan yang bisa diabaikan begitu saja. Karena serangan dari penyakit asma sendiri cukup beresiko bagi penderitanya. Selain beberapa gejala asma yang timbul, aspek lainnya juga dapat memperparah kondisi ini ialah rasa panik yang datang bersamaan dengan serangan asma. Dan apabila serangan asma tidak segera ditangani, maka resiko kematian bisa menjadi hal yang sangat menakutkan.

Selain pengobatan asma yang tepat, penyembuhan asma meski tidak menyeluruh mengningat asma merupakan penyakit kronis, dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor lainnya. Diantaranya adalah makanan. Mengingat makanan sendiri merupakan asupan nutrisi utama yang di dapatkan oleh tubuh.

Makanan yang baik bagi penderita asma yang dianjurkan oleh ahli

Pada dasarnya tidak ada pola makanan khusus untuk penderita asma. Hanya saja beberapa penelitian menunjukkan, bahwasannya mengonsumsi makanan bernutrisi yang mengandung allium, antioksidan dan asam lemak omega-3 dapat meminimalkan resiko asma lebih sedikit. Bahkan lebih dari itu, orang yang menderita asma juga dapat memperbaiki keruksakan pada sistem pernapasan mereka apabila mengonsumsi makanan bernutrisi tersebut. Adapun berbagai jenis makanan sehat untuk asma tersebut diantaranya sebagai  berikut:

1. Pisang

Selain memiliki rasa yang lezat, salah satu jenis buah yang banyak di sukai oleh masyarakat Indonesia ini juga ternyata memiliki khasiat yang untuk kesehatan tubuh. Salah satunya dapat membantu membuat sistem pernapasan menjadi lebih kuat, sehingga baik untuk penderita asma. Hal tersebut di buktikan dengan adanya penelitian di Inggris, dimana anak-anak yang mengonsumsi buah pisang setiap harinya, memiliki resiko sebanyak 34% lebih rendah mengalami gejala asma seperti mengi.

Hasil penelitian tersebut tidak begitu mengheranikan, mengingat buah pisang sendiri merupakan sumber terbaik pyridoxie atau yang juga dikenal dengan sebutan vitamin B6. Dimana vitamin B6 sendiri memainkan peran yang baik dalam produksi adenosin trifosfat (ATP) dan juga siklik adenosin monofastat (cAMP). Molekul-molekul ini telah terbukti mampu membantu jaringan otot polos bronkus menjadi lebih rileks.

2. Bayam

Mungkin Anda pernah sebelumnya bahwa mengonsumsi daun hijau yang satu ini dikaitkan dengan makanan yang sehat. Dan jika berbicara mengai manfaat dan khasiatnya, memang mengonsumsi bayam diketahui berguna untuk melawan juga mencegah penyakit asma. Hal tersebut dikarenakan sejumlah nutrisi yang terdapat didalamnya seperti beta-karoten, vitamin C, vitamin E, kalium, magnesium yang mana semua nutrisi tersebut baik untuk memerangi asma.

3. Yogurt

Kandungan probiotik dan bakteri menguntungkan yang terdapat didalam yogurt memiliki fungsi yang baik untuk mengurangi peradangan yang terjadi dalam tubuh. Dan selain itu, probiotik dalam yogurt juga mampu mengurangi reaksi alergi yang terjadi. Dan lebih dari itu, kandungan probiotik di percaya mampu mengurangi resiko alergi yang menjadi salah satu pemicu asma.

4. Jahe

Tak hanya menjadi salah satu rempah kuno di dunia, jahe juga rupaya memiliki kandungan yang baik dan bermanfaat untuk mengangatasi asma. Hal tersebut dikarenakan sifat antiinflamasi yang kuat akan memberikan rasa yang khasiat untuk meredakan peradangan.

5. Wortel

Selain daeri beberapa jenis makanan diatas, wortel juga ternyata termasuk ke dalam salah satu jajaran makanan yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita asma. Kandungan antioksidan seperti beta karoten yang masuk ke dalam tubuh akan di ubah menjadi vitamin A. Dan tahukah Anda? beta karoten ini dapat menangkal timbulnya asma, terutama serangan asma yang terjadi pada saat penderita sudah melakukan aktivitas fisik yang berat.

6. Buah kiwi

Selain pisang, kiwi juga termasuk ke dalam daftar buah-buahan yang baik untuk mengatasi, mencegah hingga mengobati asma. Hal ini telah teruji pada anak yang mengalami gangguan pernapasan yang berhubungan dengan penyakit asma. Didalam buah kiwi sendiri terkandung vitamin C yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Adapun studi menyatakan bahwasannya anak-anak yang rajin mengonsumsi buah kiwi hingga 6-7 porsi satu minggu sekali dapat mengalami penurunan intensitas gejala mengi hingga hampir setengahnya. Hal ini tentunya akan lebih baik dibandingkan dengan anak-anak lainnya yang tidak mengonsumsi buah kiwi.

Nah itulah berbagai makanan yang baik untuk penderita asma dan dianjurkan ahli. Selain itu, masih banyak makanan lainnya yang baik untuk penderita asma. Seperti diantaranya susu, telur, ikan, brokoli, jeruk dan lainnya. Apabila kini serangan asma yang kambuh tak mengalami perubahan, maka ada baiknya segera menghubungi dokter atau mengonsumsi obat asma herbal yang mana tersedia pada kami. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaatbagi Anda. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *