Ini Makanan Sehat Untuk Penderita Sinusitis Yang Perlu Diketahui!

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Makanan sehat untuk penderita sinusitis berikut di percaya memiliki pengaruh yang cukup dominan dalam membantu pemulihan penyakit radang sinus ini. Bahkan beberapa diantara makanan ini di percaya dapat membantu menyembuhkan penyakit sinusitis jika dikonsumsi secara teratur. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menyimak ulasan singkat berikut ini.

makanan sehat untuk penderita sinusitis

Sinus tak lain merupakan sebuah kantung udara seukuran buah kenari yang berada di dalam tengkorak, dahi, mata dan juga hidung. Adapun fungsi utama dari sinus sendiri adalah untuk mengeluarkan lendir yang berfungsi untuk menghangatkan dan membasahi bagian dalam hidung dan juga sebagai perangkap debu juga kotoran yang berasal dari udara.

Namun, sinus juga tak jarang dapat terserang infeksi atau yang lebih dikenal dengan istilah penyakit sinusitis. Gangguan kesehatan tersebut menyebabkan lendir yang tertdapat didalamnya semakin menumpuk hingga mengganggu pernapasan. Selain pengobatan, masih banyak hal yang mempengaruhi penyembuhan sinusitis, diantaranya adalah makanan. Ya, mengingat makanan sendiri merupakan asupan nutrisi utama yang di terima oleh tubuh.

Makanan sehat untuk penderita sinusitis yang perlu Anda ketahui

Berikut adalah beberapa jenis makanan sehat yang sangat di rekomendasikan oleh para ahli agar dikonsumsi oleh penderita sinusitis.

√ Bawang putih

Tak hanya menjadi bumbu dapur yang digunakan dalam berbagai aneka masakan, bawang putih juga diketahui menjadi salah satu makanan yang baik untuk sinusitis. Hal tersebut dikarenakan kandungan antibakteri dan antijamur alami didalamnya mampu menangkal infeksi termasuk penyebab sinusitis. Tak hanya itu, sinusitis juga mampu meningkatkan kemampuan tubuh Anda secara menyeluruh.

√ Nanas

Makanan untuk penderita sinusitis lainnya yang baik dikonsumsi ialah nanas. Buah ini mengandung enzim yang mana mampu mencerna protein yang disebut bromelain yang mana memiliki sifat anti-inflamasi. Bromelain sendiri dipercaya mampu m,engurangi jumlah lendir dan juga peradangan pada sinus.

√ Cuka sari apel

Kandungan potassium yang terdapat didalam cuka apel di percaya dapat membantu mengurangi produksi lendir. Sehingga tak salah jika bahan alami ini juga dapat di sebut sebagai salah satu makanan sehat untuk penderita sinusitis. Adapun untuk cara mengonsumsinya, Anda bisa menuangkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam secangkir air hangat. Setelah itu, Anda bisa meminumnya secara teratur.

√ Lobak

Tahukah Anda? Sayuran seperti lobak juga merupakan makanan yang tergolong sangat baik untuk sinus. Hal tersebut di karenakan lobak mengandung senyawa yang digunakan untuk memcah lendir.

√ Sup ayam

Mengonsumsi sup ayam hangat juga dianjurkan untuk penderita radang sinus. Hal tersebut dikarenakan selain dapat membantu membersihkan sinus, sup ayam juga dapat bertindak sebagai antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi.

√ Yogurt

Makanan olahan yang satu ini juga termasuk ke dalam salah satu makanan terbaik untuk sinus. Seseorang harus mengonsumsi yogurt untuk mendapatkan lactobacillus probiotik. Probiotik sendiri merupakan bakteri ramah yang dapat membantu tubuh dalam mengurangi kemungkinan perkembangbiakan alergi yang bisa menyebabkan bahkan memperburuk sinusitis.

Vitamin C

Makanan atau minuman yang kaya akan vitamin C merupakan antihistamin alami dengan sifat antioksidan yang bisa membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mengurangi peradangan yang di picu oleh sinus. Adapun makanan yang mengandung vitamin C diantaranya seperti stoberi, jeruk, brokoli, tomat dan lainnya.

Nah itulah berbagai makanan sehat untuk penderita sinusitias yang banyak di anjurkan untuk dikonsumsi oleh para ahli. Namun jika gejala sinusitis semakin memburuk, serlain dengan mengonsumsi beberapa makanan diatas, Anda juga bisa mengandalkan obat sinusitis herbal yang bisa Anda dapatkan hanya disini. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *