Makanan Sehat Bagi Penderita Rematik Yang Dianjurkan Ahli

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Makanan sehat bagi penderita rematik sejatinya terdiri dari berbagai jenis makanan yang memiliki dampak baik untuk mencegah hingga mengatasi rematik. Hal ini tentu saja harus diketahui secara seksama oleh penderita rematik untuk mengontrol penyakit sendi ini tidak semakin memburuk. Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja makanan bagi pnderita rematik, maka sebaiknya Anda simak ulasan singkat berikut.

makanan sehat untuk penderita rematik

Penyakit rematik atau reumatoid arthritis merupakan salah satu penyakit yang sejatinya menyerang persendian. Seperti gangguan kesehatan pada umumnya, kondisi ini juga tak jarang menimbulkan berbagai gejala yang tentu sangat mengganggu kenyamanan penderita. Adapun berbagai gejala rematik secara umum ialah persendian yang terasa sakit, bengkak hingga kaku.

Pada zaman dulu, rematik banyak di temukan pada mereka yang telah berusia lanjut. Namun baik rematik ataupun asam urat pada saat ini juga tak sedikit ditemukan pada mereka yang masih beusia remaja. Dan hingga saat ini sebenarnya belum ditemukan jenis obat-obatan yang bisa menyembuhkan rematik secara total. Adapun obat rematik yang di resepkan dokter maupun yang banyak di temukan pada saat ini hanya untuk meredakan gejala yang muncul.

Namun selain pengobatan, masih terdapat faktor lainnya yang juga cukup penting untuk diperhatikan guna membantu mempercepat pemulihan rematik. Salah satunya adalah faktor makanan. Hal tersebut mengingat bahwa makanan merupakan asupan nutrisi utama yang diterima oleh tubuh. Bahkan beberapa diantara makanan di percaya baik untuk memulihkan memulihkan rematik lho.

Makanan sehat untuk penderita rematik yang dianjurkan ahli

Apabila Anda kini tengah mengalami penyakit rematik, sebaiknya Anda bisa memilih makanan yang dapat Anda konsumsi dengan baik. Dan berikut adalah beberapa makanan sehat dan enak yang selain aman bahkan dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita rematik.

Ikan

Tak sedikit penelitian yang telah dilakukan menyebutkan bahwasannya ikan menjadi salah satu makanan yang baik untuk rematik. Seperti halnya penelitian yang di terbitkan dalam annals of Diseases menyebutkan, bahwasannya lemak ikan mampu mengurangi resiko rematik lebih dari 50% jika Anda mengonsumsinya secara teratur. Beberapa jenis ikan yang tinggi akan kandungan asam lemak omega 3, diantaranya seperti salmon, tuna dan makarel.

Kedelai

Bahan utama dalam pembuatan tahu dan tempe ini juga termasuk salah satu makanan sehat untuk penderita rematik. Bahkan tak hanya baik untuk mencegah rematik, kedelai dan produk olahannya juga diketahui sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal tersebut lantaran kedelain memiliki kandungan protein dan serat yang cukup tinggi, dan rendah akan lemak.

Minyak zaitun

Minyak alami yang satu ini juga tak kalah baik untuk penderita rematik. Minyak zaitun sendiri merupakan pengganti yang sehat dan lezat untuk lemak jenuh dan trans. Selain mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung, minyak zaitun juga mengandung antioksidan dan senyawa oleocanthal. Dimana senyawa tersebut dapat menurunkan peradangan dan nyeri. Oleocanthal dalam minyak zaitun sendiri dapat menghentikan produksi bahan kimia yang dapat menyebabkan peradangan, protein C-reaktif (CRP).

Teh hijau

Kandungan polifenol yang terkandung dalam teh hijau dipercaya mampu mengurangi terjadinya peradangan dan menghambat keruksakan tulang rawan. Penelitian menunjukkan bahwasannya epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang merupakan suatu antioksidan dalam teh hijau mampu menghambat produksi molekul yang mengakibatkan keruksakan sendi pada orang yang menderita rematik atau reumathoid arthritis.

Kacang dan biji-bijian utuh

Makanan sehat untuk penderita rematik yang satu ini mengandung serat yang dapat membantu menurunkan kadar protein C-reaktif (CRP) dan tanda peradangan pada tubuh. Selain itu, kacang dan biji-bijian utuh juga di persenjatai oleh lemak tak jenuh tunggal, protein, asam folat, zat besi, zinc dan kalium yang mana kesemuanya terkenal manfaatnya bagi kesehatan jantung, otot serta kekebalan sistem kekebalan tubuh.

Adapun beberapa jenis kacang dan biji-bijian utuh yang baik dikonsumsi oleh penderita rematik diantaranya seperti beras merah, gandum, oats, sereal, kacang merah, kacang pinto, almond, walnut dan lainnya.Selain dapat membantu mengatasi rematik, kacang dan biji-bijian utuh juga mampu membantu Anda tetap pada berat badan yang sehat. Sehingga Anda tidak memiliki tekanan ekstra pada sendi Anda.

Rempah-rempah

Ketumbar, jahe dan kunyit adalah rempah masakan yang dipercaya dapat membantu meringankan gejala rematik. Hal tersebut berkat kandungan antiperadangan masing-masing uyang dimilikinya. Untuk itu, Anda bisa menambahkan rempah-rempah tersebut dalam menu makanan Anda.

Sayuran dan buah-buahan

Mengonsumsi buah dan sayur warna warni merupakan cara sederhana untuk memastikan Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan. termasuk bebagai jenis mineral, vitamin, antioksidan dan senyawa alami lainnya. Penelitian juga menunjukkan bahwasannya asupan vitamin dalam jumlah yang tepat mampu mencegah peradangan dan menjaga kesehatan sendi pada penderita rematik.

Untuk itu, makanlah setidaknya 1 1/2 sampai 2 cangkir buah dan 2-3 cangkir sayuran setiap kali waktu makan Anda. Variasikan piring makan Anda dengan berbagai jenis macam beri seperti blueberry, ceri, blackberry, stoberi, yang mana didalamnya mengandung senyawa anthocyanin guna membantu mengurangi frekuensi rematik maupun asam urat. Sedangkan untuk sayuran, Anda bisa mengonsumsi tomat, terong, kale, kentang, paprika, brokoli, wortel dan lainnya.

Nah itulah berbagai makanan sehat bagi penderita rematik yang adianjurkan para ahli. Selain itu, pastikan juga asupan cairan cukup. Hal ttersebut dikarenakan dapat membantu mengurangi pembentukan kristal pada sendi. Usahakan juga minum air minimal 2 liter perhari. Namun, mungkin Anda memerlukan sebanyak 3 hingga 3,5 liter perhari, tergantung pada berat badan Anda dan seberapa sering Anda berolahraga. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *