Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes Yang Baik Untuk Dikonsumsi

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Makanan sehat untuk penderita diabetes yang juga merupakan diet khusus bagi penderita diabetes sebenarnya berupa panduan pola makan dengan berbagai jenis makanan bergizi dengan takaran yang tepat dan mengikuti waktu makan yang rutin. Hal ini sangat membantu untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap aman. Nah adapun untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menyimak ulasan singkat berikut.

makanan sehat bagi penderita diabetes

Penyakit diabetes kini telah menjadi momok yang menyaearang banyak orang. Tak hanya mereka yang telah lanjut usia, kini diabetes juga banyak menyarang remaja atau anak muda. Meski penyakit ini bersifat kronis dan belum dapat di sembuhkan, namun sejatinya diabetes dapat dikontrol bahkan dikurangi dengan pola hidup sehat. Salah satu contohnya adalah dengan mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi.

Tak sedikit dari pada penderita diabetes yang memiliki banyak pantangan makanan guna untun mencegah kadar gula darah melambung tinggi. Sehingga apabila Anda kini tengah menderita diabetes sangat disarankan untuk memilih makanan sehat dan mencatat kebiasaan makan Anda, sehingga mampu mengatur kadar glukosa darah. Mungkin dokter juga akan merekomendasikan Anda untuk mengunjungi ahli gizi, untuk membimbing Anda mengubah pola makan yang tepat guna membantu mengendalikan kadar gula darah (glukosa) dan mengelola berat badan Anda.

Makanan sehat untuk penderita diabetes yang baik dikonsumsi menurut para ahli

Berikut adalah berbagai jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes, yang terdiri dari berbagai sumber makanan padat gizi yang telah mencakup kebutuhan kalori penderita diabetes. Dan berikut adalah rinciannya.

1. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Selama proses pencernaan, gula (karbohidrat sederhana) dan karbohidrat kompleks terpecah kedalam glukosa darah. Namun jika Anda menderita diabetes, sebaiknya Anda hanya fokus pada karbohidrat sehat saja. Misal diantaranya seperti nasi merah, buah-buahan, sayuran yang direbus, dikukus atau langsung dikonsumsi mentah (brokoli dan bayam), biji-bijian utuh (sereal dan oatmeal) ubi pangganggang, kacang-kacangan (buncis, kacang polong dan lentil) serta produk susu rendah lemak

2. Makanan yang kaya serat

Makanan sehat untuk penderita diabetes selanjutnya adalah makanan yang kaya serat. Diantaranya seperti buah pisang dan gandum utuh (biji-bijian, roti gandum, oatmeal). Jenis makanan ini dipercaya mampu menurunkan resiko penyakit jantung dan terutama mampu membantu mengendalikan kadar gula darah. Selain dari pada itu, makanan yang kaya serat lainnya termasuk sayuran, buah-buahan (pisang dan pir) serta kacangkacangan (buncis, kacang polong dan lentil).

3. Ikan yang mengandung asam lemak omega 3

Beberapa jenis ikan seperti halnya salmon, tuna, sarden dan bluefish diketahui mengandung asam lemak omega-3 yang mana mampu meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan lemak darah atau yang disebut dengan trigliserida. Sehingga bagi penderita diabetes, beberapa jenis ikan ini bisa menjadi alternatif yang sehat dibanding daging merah lantaran mengandung total lemak jenuh dan kolesterol yang lebih sedikit dibanding daging dan unggas. Hanya saja, hindarilah ikan goreng dan ikan yang mengandung merkuri tinggi. Seperti halnya tilefish, ikan todak dan king mackerel.

4. Makanan yang mengandung lemak baik

Makanan sehat bagi penderita diabetes yang satu ini merupakan jenis makanan yang mengandung lemak monounsaturated dan polyunsaturated, seperti alpukat, almond, pecan, walnut, zaitun dan kanola. Zaitun dan minyak kacang juga diduga mampu membantu menurunkan kadar kolesterol Anda. Akan tetapi, makanlah dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, lantaran semua lemak memiliki kalori yang cukup tinggi.

Nah itulah berbagai makanan sehat yang baik untuk penderita diabetes. Selain dari pada itu, beberapa jenis makanan yang baik untuk penderita diabetes lainnya adalah daging tanpa lemak atau ayam tanpa kulit, pocorn tawar dan produk susu rendah lemak seperti yogurt. Dan apabila Anda kini tengah mencari pengobatan alami yang terbukti khasiatnya untuk diabetes, Anda bisa mencoba menggunakan Obat Diabetes Alami. Berlegalitas resmi BPOM RI dan Halal MUI. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *