Makanan Sehat Untuk Penderita Amandel Yang Baik Dikonsumsi

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Makanan sehat untuk penderita amandel terdiri dari beberapa jenis makanan yang memiliki efek untuk mempercepat penyembuhan radang amandel. Makanan tersebut terdiri dari beberapa sayuran, buah-buahan hingga rempah Alami. Nah, bagi Anda yang penasaran apa saja makanan yang baik untuk amandel ini, sebaiknya Anda simak ulasan berikut.

Tonsilitis atau yang sering kita kenal dengan penyakit radang amandel, adalah salah satu jenis infeksi tenggorokan yang terjadi pada tonsil (amandel). Tonsil sendiri merupakan dua buah kelenjar getah bening yang terletak di sisi belakang tenggorokan. Dimana tugasnya mencegah terjadinya infeksi pada organ pernapasan.

Tonsilitis sendiri dapat dikenali dari beberapa gejala penyakit amandel yang muncul. Mulai dari sakit tenggorokan, amandel bengkak, nyeri tenggorokan, gatal, sakit telinga, demam dan menggigil. Nah, jika beberapa gejala tersebut Anda rasakan, maka pengobatan yang tepat sebainya segera Anda lakukan. Namun selain itu, beberapa faktor lainnya juga sangat berpengaruh untuk mempercepat penyembuhan penyakit amandel. Salah satu diantaranya adalah makanan.

Makanan Sehat Untuk Penderita Amandel Yang Baik Dikonsumsi

makanan sehat untuk penderita amandel

Berikut adalah berbagai jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit amandel, yang mana di duga dapat mempercepat penyembuhan radang amandel. Dimana berbagai makanan trsebut tergolong ke dalam beberapa jenis. Diantaranya makanan olahan, rempah dan sayuran juga buah-buahan.

Makanan olahan

Berikut merupakan beberapa makanan olahan yang lembut dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan sehat untuk penderita amandel:

  • Bubur. Makanan olahan yang satu ini tergolong lembut sehingga lebih mudah ditelan dibanding nasi biasa. Andanjuga bisa menambahkan beberapa jenis rempah seperti cengkeh untuk menambah rasa sekaligus memberikan khasiat lebih untuk membantu mempercepat penyembuhan amandel.
  • Kentang tumbuk. Ini juga merupakan salah satu makanan yang efektif untuk mempercepat penyembuhan tonsilitis. Selain itu, kentang tumbuk ini juga mampu membuat kenyang lebih lama lho.

Rempah dan sayur

Beberapa jenis rempah dan sayuran dibawah ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan untuk penderita amandel. Diantaranya:

  • Lada hitam. Remaph yang satu ini memiliki rasa yang unik, ampu meminculkan nafsu makan pada orang yang sedang sakit. Selain itu, lada hidam juga diketahui berkhasiat mampu meredakan peradangan termasuk yang penyebab radang amandel. Untuk itu, Anda bisa menambahkan rempah ini yang telah dibubuhkan terlebih dahulu pada bubur, kentang, maupun makanan Anda.
  • Cengkeh. Didalamnya terkandung zat antiokidan yang tentunya bermanfaat dalam memerangi penyebab tonsuilitis. Sama seperti lada hitam, Anda bisa menambahkan rempah ini pada bubur Anda atau menjadikannya sebagai minuman herbal.
  • Bawang putih. Seperti rempah lainnya, bawang putih juga selain mampu menambah cita rasa namun juga mampu meminimalisir terjadinya peradangan termasuk dalam kasus tonsilitis. Hal tersebut lantaran kandungan antioksidan didalamnya. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa merebus bawang putih dalam waktu tidak terlalu lama. Setelah Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau menambahkannya ke dalam makanan Anda yang lain.
  • Jahe. Kandungan antiradang yang dimiliki rempah ini sejak dulu telah terkanal mampy mengaatasi segala permasalahan yang berhubungan dwengan gangguan tenggorokan termasuk amandel. Untuk itu, Anda bisa meminum wedang jahe secara teratur.
  • Teh hijau. Menyesap teh hijau juga sangat baik saat Anda tengah mengalami amandel. Kandungan didalamnya mampu menangani masalah peradangan akibat bakteri yang tak kalah dengan berbagai jenis rempah diatas.
  • Madu. Makanan sehat untuk penderita amandel ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita amandel anak maupun dewasa. Anda bisa menambahkannya sebagai campuran ke dalam makanan maupun minuman.
  • Bayam. Dengan kandungannya yang tinggi, sayuran yang satu ini juga sangat baik dikonsumsi penderita amandel. Selain memiliki kandungan serat tinggi, didalamnya juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk penderita amandel.

Buah

Selain menyegarkan aneka buah juga diketahui mengandi beragam vitamin yang baik untuk mempercepat penyembuhan amandel. Diantaranya seperti vitamin C, vitamin B, zat besi, antioksidan dan lainnya. Adapun berbagai jenis buah-buahan tersebut adalah lemon, nanas, jeruk, pepaya, sirsak, manggis, kurma, verry, tomat, anggur.

Nah itulah berbagai jenis makanan sehat untuk penderita amandel yang baik dikonsumsi. Namun selain itu, Anda juga tetap lakukan pengobatan yang tepat salah satunya dengan obat amandel herbal. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan ini dapat bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *