Makanan Sehat Untuk Mencegah penyakit Katarak Sejak Dini

SHARE DAN TAG TEMANMU DI :

Makanan sehat untuk mencegah katarak sebaiknya Anda konsumsi sedari dini. Masih ingatkah sebuah peribahasa ‘mengatakan mencegah lebih baik dari pada mengobati?’ ini juga berlaku untuk penyakit katarak. Nah maka dari itu, bagi Anda yang kini ingin terhindar dari resiko penyakit katarak pada usia remaja maupun lansia nanti, sebaiknya Anda jangan lewatkan untuk mengonsumsi jenis makanan tersebut. Lalu apa apa saja makanan sehat untuk mencegah katarak tersebut? selengkapnya simak dalam ulasan berikut.

makanan sehat untuk mencegah penyakit katarak

Penyakit katarak adalah salah satu masalah serius yang cukup tinggi terjadi di Indonesia. Gejala katarak sendiri biasanya ditandai dengan penglihatan yang kabur akibat lensa yang mengeruh. Gejala tersebut biasanya terjadi secara perlahan dan lama. sehingga pengidap katarak sering kali tidak menyadarinya. Selain penglihatan yang kabur, pada tahap awal penderita katarak juga biasanya akan merasa berbagai gejala lainnya seperti gatal di daerah mata, keluar air mata tanpa sebab, rabun pada malam hari dan tidak silau terhadap cahaya.

Bahkan pada kasus yang parah, katarak mampu menyebabkan kebutaan jika tidak segera ditangani dengan penanganan yang tepat. Dan operasi menjadi satu-satunya jenis pengobatan yang dapat ditempuh untuk menyembuhkannya. Namun hal tersebut juga tidak menutup kemungkinan dapat tetap menurunkan kualitas hidup seseorang. Hingga saat ini, katarak diketahui cukup sering menyerang orang lanjut usia. Meski begitu, anak muda dengan gaya hidup tidak sehatpun sangat rentan terkena masalah mata ini. Untuk itu sangat di perlukan pencegahan katarak sedari dini, salah satunya dengan makanan.

Pilihan makanan sehat untuk mencegah penyakit katarak sejak dini

Berikut adalah beberapa makanan sehat yang di percaya mampu menurunkan resiko penyakit katarak secara perlahan.

Bayam

Tak hanya dapat memberikan tambahan energi, bayam juga termasuk ke dalam jenis sayuran yang memioliki komponen antioksidan antiinflamasi yang mampu melindungi kesehatan mata Anda. Selain itu, bayam juga diketahui mengandung vitamin A, seng dan asam folat yang dapat membantu memperkuat penglihatan sekaligus menghindarkan dari radikal bebas. Sehingga tak heran jika sayuran ini termasuk makanan pencegah penyakit katarak.

Jeruk

Mungkin sebelumnya tak ada yang menduga bahwa buah jeruk memiliki manfaat yang baik untuk penglihatan kita. Didalam buah jeruk terkandung vitamin C dan betakaroten yang mana berfungsi sebagai antioksidan yang berperan dalam membantu melindungi sel dari stres oksidatif. Hal tersebutlah yang dapat mengoptimalkan proes regenerasi jaringan, terlebih jaringan mata. Selain itu, buah jeruk pun mampu membantu mengurangi agresi yang disebabkan oleh sinar matahari juga racun.

Tepung gandum

Didalam bahan makanan yang satu ini terkandung banyak sekali asam amino esensial dan vitamin E. Nutrisi yang terkandung dalam tepung gandum sendiri di percaya mampu mengurangi degenerasi membran okular. Selain itu, tepung gandum juga dipercaya mampu mengurangi hilangnya protein pada lensa, sekaligus mampu emngentikan efek negatif dari racun sinar matahari.

Minyak zaitun

Tak hanya baik untuk kecantikan, manfaat minyak zaitun lainnya juga dipercaya mampu menjaga organ penglihatan. Hal tersebut berkat kandungan asam lemak esensial dan antioksidan didalamnya. Kedua senyawaalami tersebut bekerja aktif dalam melindungi penglihatan sekaligus mencegah degenerasi lensa dan retina Anda. Dan tak hanya itu, minyak zaitun juga mampu mengendalikan kolesterol didalam tubuh.

Telur

Tak hanya lezat saat disantap, telur juga merupakan salah satu jenis bahan makanan yang mengandung banyak sekali gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan termasuk mencegah penyakit katarak. Hal tersebut lantaran didalamnya terkandung senyawa lutein ddan zeaxanthin, yang mana kedua nutrisi tersebut dipercaya mampu melindungi mata terhadap degenerasi yang terjadi pada penuaan sel.

Teh hijau

Minuman yang satu ini memang telah sejak lama diketahui memiliki banyak manfaat untuk tubuh tak terkecuali untuk mata. Bahkan salah satu kandungan senyawanya yakni antioksidan mampu mengurangi resiko penyakit mata, terlebih yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan mengonsumsi teh hijau secara teratur, berarti Anda telah mengurangi dekomposisi serta keruksakan lensa.

Ikan air dingin

Makanan sehat untuk mencegah katarak lainnya yakni ikan air dingin. Adapun ikan yang tinggaal di perairan dingin pada umumnya memiliki asam lemak omega 3. Nutrisi ini yang memiliki peranan penting dalam melindungi mata Anda dari penyakit degeneratif juga penuaan dini pada sel. Selain itu, asam lemak omega 3 juga memiliki peranan dalam meningkatkan aliran darah, mengontrol kolsterol serta mengurangi peradangan yang dapat mengganggu kesehatan dan penglihatan. Adapun ikan laut yang dimaksud disini adalah ikan tuna, sarden, salmon dan juga teri.

Nah itulah berbagai makanan sehat untuk mencegah penyakit katarak. Selain dari pada itu, masih banyak lagi makanan sehat lainnya yang berguna untuk mencegah penyakit katarak. Diantaranya seperti wortel, bawang putih, labu kuning dan masih banyak lagi lainnya. Adapun bagi Anda yang kini telah mengalami katarak, Anda jangan khawatir. Karena kami memiliki solusi efektif untuk mengatasinya yakni dengan Obat Katarak herbal. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *